Get Adobe Flash player

Author Archive

Pantau PPDB Online 2015 Melalui Aplikasi Android

        

  SIAP PPDB Online adalah sebuah sistem yang dirancang untuk melakukan otomasi seleksi Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB), mulai dari proses pendaftaran, seleksi hingga pengumuman hasil seleksi, yang dilakukan secara online dan berbasis waktu nyata (realtime).

       Dalam aplikasi mobile ini Anda juga dapat melakukan pencarian hasil seleksi. Anda pun akan mendapat notifikasi setiap terjadi perubahan/pergeseran peringkat di sekolah yang Anda pilih.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan Informasi lain terkait PPDB, antara lain:

  • Alamat Sekolah
  • Daya Tampung
  • Jadwal Pelaksanaan
  • Berita / Pengumuman
  • Resume Petunjuk Teknis (Juknis)
  • Statistik PPDB

Selain itu, Anda dapat turut serta mengirimkan pertanyaan atau pun komentar melalui fasilitas Pesan Anda.

 

 

Download Melalui Play Store dari HP Android cari “SIAP PPDB” atau klik link dibawah ini

th_animated119

https://play.google.com/store/apps/details?id=id.siap.ppdb

Penerimaan Peserta Didik Baru TA. 2015 – 2016

PPDB KOTA MALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

  • SD =>  Sistem Manual
  • SMP/SMA/SMK => Sistem Online dengan Rayonisasi

PERSYARATAN :

  • SD => FC AKTE KELAHIRAN + ASLI, FC KK + ASLI, SKL TK/RA/BA (JIKA ADA)
  • SMP =>  FC RAPORT (KELAS 4-5-6), FC IJASAH, FC SKHUS SD/MI + ASLI
  • SMA/SMK => FC RAPORT (KELAS 7-8-9), FC IJASAH, SKHUS SMP/MTs + ASLI

WAKTU PENDAFTARAN :

Tanggal 4, 6, & 7 JULI 2015 Pukul  08.00 S.D 14.00 WIB

TEMPAT PENDAFTARAN :

  • SD =>  Di Semua SD Negeri Pilihan
  • SMP/SMA =>  Di Semua SMPN/SMAN Sesuai Rayon Pilihan
  • SMK => Di SMKN Sesuai Dengan  Kompetensi Keahlian Pilihan 1 (SATU)

PENGUMUMAN :

Tanggal 8 JULI 2015 Pukul 10.00 WIB

  • SD =>  Di SDN Masing – masing
  • SMP/SMA/SMK =>  Dapat Dilihat : http://malang.siap-ppdb.com/

DAFTAR ULANG (8-10 JULI 2015 PKL : 08.00-14.00 WIB)

CATATAN : Calon Peserta Didik  Baru yang Mendaftar ke SMKN Harus Mengikuti Kompetensi Keahlian Tanggal 1 s.d 6 JULI 2015 Bertempat dI SMKN Pilihan Pertama.

PPDB JALUR PRESTASI

SYARAT :

  1. Sertifikat/Piagam Kejuaraan Asli dan Foto Copy di legalisir Kepala Sekolah.
  2. Surat Keterangan Hasil Verifikasi Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik yang disahkan Kepala Dinas Pendidikan ( di berikan setelah lolos seleksi ).

WAKTU DAN TEMPAT PENYERAHAN SERTIFIKAT KEJUARAAN

HARI               : SENIN – JUM’AT

TANGGAL      : 15 – 19 JUNI 2015

PUKUL            : 08.00 – 14.00 WIB

TEMPAT         : DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG

PENGUMUMAN :

Tgl. 29 Juni s.d 3 Juli 2015 .

PUKUL : 10.00 – 14.00 WIB

Website PPDB Online 2015 Kota Malang

th_animated119

http://malang.siap-ppdb.com/

 

SEKOLAH GRATIS MUTU TETAP UNGGUL

Dinas Pendidikan Kota Malang patut berbangga. Program Pendidikan Gratis Sekolah Dasar Negeri di Lingkungan Pemerintah Kota Malang tidak melemahkan semangat semua elemen pendidikan untuk terus memacu prestasi. Prestasi membanggakan itu ditunjukkan dengan nilai Ujian Sekolah SD tahun ini yang sangat memuaskan.

Dari 26 besar berdasarkan jumlah nilai Ujian Sekolah Dasar tahun Pelajaran 2014/2015, SD Negeri menempatkan wakilnya sebanyak 16 siswa, Salah satunya adalah SD Negeri Purwantoro 1. Ada 6 siswa dari SD Negeri Purwantoro 1 yang masuk 26 besar. Dari 4 siswa yang memperoleh nilai tertinggi (29.8) se- Kota Malang, 2 siswa dari SD Negeri Purwantoro 1. Selamat kepada SD Negeri Purwantoro 1 semoga semakin berjaya.

Berikut ini data Hasil Ujian Sekolah/Madrasah SD Kota Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. (khambaliimam19@yahoo.co.id)

Siswa SMKN 3 Malang Menjuarai “Restaurant Service” LKS Tingkat Nasional

Prestasi membanggakan kembali di peroleh Dinas Pendidikan Kota Malang, kali ini diperoleh Andre Gili Tasha Siswa SMKN 3 Malang jurusan Tata Boga mendapat Juara 1 Restaurant Service Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) Tingkat Nasional tahun 2015. Perolehan Juara 1 ini mengukir  sejarah karena Kota Malang menjadi  yang pertama  menjuarai di Bidang Lomba Kepariwisataan LKS Tingkat Nasional  mewakili Jawa Timur yang di tahun – tahun sebelumnya Jawa Timur belum pernah mendapatkan Juara 1 di bidang tersebut dan akan mewakili Indonesia di ajang Word Skills Competition (WSC) tahun 2016 yang di selenggarakan di Dubai Uni Emirat Arab .

Lomba Kompetensi Siswa ( LKS ) Tingkat Nasional ini dilaksanakan di Serpong, Tangerang , Propinsi Banten pada tanggal 8 – 13 Juni 2015. Event sebagai ajang siswa Indonesia untuk berkreasi, berinovasi dan berkarya .  Memperlombakan 52 bidang lomba yang  diikuti oleh  34 kontingen dari 34 provinsi di seluruh Indonesia, dengan jumlah peserta 1.068 orang.

Pelatihan Operator PPDB Kota Malang 2015

Dinas Pendidikan Kota Malang akan menyelenggarakan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) secara online. Bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia, PPDB Online Kota Malang akan dilaksanakan mulai tanggal 4, 6 dan 7 Juli 2015 untuk jenjang SMP dan SMA/SMK.

Untuk mendukung kelancaran pelaksaan PPDB Online tersebut, pada hari Senin 22 Juni 2015 lalu dilakukan pelatihan dan pembagian akun operator PPDB Online Kota Malang. Bertempat di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang, pelatihan operator yang diikuti oleh 59 orang yang terdiri dari  Admin Sekolah dan Operator Sekolah tersebut berjalan lancar.

Peserta pelatihan bisa menerima materi pelatihan dan menjalankan modul-modul PPDB Online dengan baik dikarenakan sebagian admin dan operator sekolah pada tahun ini juga bertugas sebagai operator PPDB tahun 2014 di sekolah masing-masing sehingga sudah memiliki pengalaman terhadap modul-modul SIAP Online.

Pendidik dan Tenaga Kependidikan Kota Malang Juara Tingkat Provinsi

Prestasi Membanggakan kembali di dapatkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. pada kesempatan kali ini Kota Malang menjadi juara dalam Lomba  Pemilihan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2015. Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur  Bidang Tenaga Pendidik dan Kependidikan yang dilaksanakan pada tanggal 11 – 13 Juni 2015 bertempat di Asrama Haji, Sukolilo, Surabaya. Lomba tersebut di bagi beberapa kategori untuk tahun ini Kota Malang menjuarai di Kategori Tutor Kesetaraan Paket A, B, C dan Lomba Kreativitas Guru SMALB.

Juara yang di peroleh Dinas Pendidikan Kota Malang yaitu :

  1. Juara II Tutor Paket A – Eky Roziana Nugrahawati, M.Pd – PKBM Zamzam Kota Malang.
  2. Juara I  Tutor Paket B – Rindi Astuti, SE, M.Pd – PKBM Srikandi Kota Malang.
  3. Juara I  Tutor Paket C  – Faried Syafi’i, S.Si, M.Pd – PKBM Sabilunnajah.
  4. Juara I  Guru SMALB – Babil Abu Yajit, M.Pd – SMALB Putra Jaya.

Kegiatan Peningkatan Manajemen Pelayanan Pendidikan DPKM dan Komite Sekolah

Pada tanggal 15 – 16 Juni 2015 Dinas Pendidikan Kota Malang mengadakan Kegiatan Peningkatan Manajemen Pelayanan Pendidikan DPKM dan Komite Sekolah Tahun 2015, yang  dilaksanakan di Hotel Aria Gajayana di ikuti oleh 245 orang peserta terdiri dari Komite Sekolah SD, SMP, SMA dan SMK. dengan narasumber dari DPKM Kota Malang.

Kegiatan tersebut bertujuan untuk peningkatan pelayanan DPKM dan Komite Sekolah agar dapat mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan dan progam pendidikan, Meningkatkan tanggung jawab dan peranserta aktif dari seluruh lapisan masyarakat dalam menyelenggarakan pendidikan, Menciptakan suasana dan kondisi transparan, akuntabel dan demokratis dalam penyelenggaraan dan pelayanan pendidikan bermutu, Menyusun draf/ konsep perwalkot penyelenggaraan pendidikan berbasis kearifan lokal dan keunggulan lokal.

Verifikasi PPDB Jalur Prestasi T.A. 2015 / 2016

 

      Verifikasi PPDB jalur prestasi sudah di mulai pada hari senin tanggal 15 – 19 Juni 2015.  verifikasi prestasi di lakukan oleh tim yang sudah di bentuk oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. tim verifikasi tersebut bertugas melakukan seleksi atas prestasi yang di serahkan oleh calon peserta didik yang ingin mendaftar di jalur prestasi,  bagi yang lolos verifikasi akan mendapat Surat Keterangan Hasil Verifikasi Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik yang disahkan oleh Kepala Dinas Pendidikan. yang nantinya Surat Keterangan tersebut digunakan untuk pendaftaran online di pada tanggal 4,6 dan 7 Juli 2015.

Syarat PPDB Jalur Prestasi :

  1. Sertifikat/Piagam Kejuaraan Asli dan Foto Copy di legalisir Kepala Sekolah.
  2. Surat Keterangan Hasil Verifikasi Penilaian Prestasi Akademik dan Non Akademik yang disahkan Kepala Dinas Pendidikan ( di berikan setelah lolos seleksi ).

Waktu dan tempat penyerahan serfikat kejuaraan:

  • Hari       : Senin – Jum’at
  • Pukul     : 08.00 – 14.00 WIB
  • Tanggal : 15-19 Juni  2015
  • Tempat : Dinas Pendidikan Kota Malang

Pengumuman : tgl. 29 Juni s.d 3 Juli 2015 Pukul 10.00 – 14.00 WIB.

Sertifikat Prestasi Akademik dan Non Akademik yang diperhitungkan dalam PPDB On Line :

  1. Bidang Akademik , yaitu Olimpiade Sains Nasional ( OSN ), Internasional Mathematics and Science Olympiad (IMSO), LOmba Penelitian Ilmiah Remaja/Olimpiade Penelitian siswa Indonesia dan Lomba Bidang Studi berskala Internasional;
  2. Bidang Olah Raga, yaitu Kejuaraan yang diselenggarakan secara resmi oleh Pemerintah, meliputi : Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Pekan Olahraga Provinsi, Pekan Olahraga SD, Pekan Olahraga Pelajar Daerah, Kejurprop, Pekan Olahraga Nasional, SEA Games;
  3. Bidang Seni Budaya dan Keagamaan, yaitu Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N ), Pekan Seni Pelajar, MTQ yang diselenggarakan oleh Instansi Pemerintah;
  4. Pramuka, yang meliputu wakil kota di tingkat provinsi, wakil provinsi di tingkat nasional, atau wakil negara di tingkat internasional;
  5. Lomba siswa prestasi bidang akademik dan non akademik/ siswa teladan.

Jenjang dan Tingkat Kejuaraan :

  1. Juara I Tingkat Kota Malang ( Luar Kota Malang tidak berlaku);
  2. Juara I, II, III Tingkat Provinsi;
  3. Juara I, II, III Tingkat Nasional;
  4. Juara I, II, III Tingkat Internasional.

 

 

Sekolah Kota Malang Raih Adiwiyata Mandiri Tahun 2015

        SD Plus Al-Kautsar Malang akhirnya sukses meraih predikat sekolah Peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata Mandiri) tahun 2015. Predikat ini disematkan langsung oleh Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo dengan pemberian trophy kepada Ibu Dhiah Saptorini, SE, M.Pd selaku Kepala Sekolah pada hari Jum’at, 5 Juni 2015 di Istana Bogor.

        Jerih payah guru, siswa, dan seluruh warga sekolah serta Orang tua siswa dalam memperjuangkan sekolah bermutu berbasis lingkungan selama tidak kurang dari 4 tahun akhirnya terbayar berkat kerja keras tim dan dukungan semua pihak. Pembudayaan pada siswa merupakan poin terpenting. Apapun nama program dan predikatnya selama itu disandang oleh lembaga pendidikan, pembudayaan bagi peserta didik adalah yang utama. Tidak begitu bermakna jika prestasi diraih hanya karena dinilai dari kelengkapan sarana atau program kegiatan tanpa berimbas pada pembiasan dan karakter siswa. Untuk Kota Malang terdapat tiga sekolah yang sukses meraih predikat sekolah Peduli dan berbudaya lingkungan (Adiwiyata Mandiri) tahun 2015 yaitu SD Plus Al-Kautsar, SMPN 14 Malang dan SMPN 10 Malang.

 

BUDAYA MUTU SEKOLAH DASAR

(sebuah catatan)

 

Drs. IMAM KHAMBALI, M.Pd

(khambaliimam19@yahoo.co.id)

            Lomba Budaya Mutu menjadi program baru Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar. Tahun ini adalah tahun ke-2 Pelaksanaan Lomba Budaya Mutu secara Nasional dan tahun pertama bagi Provinsi Jawa Timur yang telah dilaksanakan tanggal 31 Mei s.d 3 Juni 2015 di Hotel Orchid – Batu. Nasib baik menghampiri Kota Malang karena salah satu dutanya yaitu SD Negeri Model Kota Malang menjadi Juara 1 dan berhak mewakili provinsi Jawa timur berkompetisi ditingkat nasional pada bulan oktober tahun ini di Padang Sumatra Barat.

          Inti dari sekolah dasar budaya mutu adalah sekolah dasar yang memberikan layanan prima yang merefleksikan budaya mutu. Budaya mutu merupakan pelaksanaan dari aturan dan tata tertib yang disepakati oleh warga sekolah , dihayati dan dilakukan terus menerus sehingga menjadi sebuah kebiasaan. Kebiasaan baik yang melembaga muaranya adalah tembentuknya karakter peserta didik lebih luasnya tercermina pada tujuan pendidikan Nasional yaitu meningkatkan mutu manusia Indonesia yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian, mandiri, maju, tangguh, cerdas, kreatif, trampil, berdisiplin, beretos kerja, profesional, bertanggung jawab dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani (UU Sisdiknas, 2003).

        Dalam lomba Budaya mutu Sekolah Dasar penilaian difokuskan pada mutu pendidikan secara keseluruhan (whole school), dengan tetap memberikan apresiasi kepada sekolah yang memperlihatkan katagori tertentu dari mutu yang dinilai. Kategori ini mencakup (1) budaya mutu pembelajaran intrakurikuler, (2) budaya mutu pembelajaran ekstrakurikuler, (3) budaya mutu MBS dan SDBS serta (4) budaya mutu pengelolaan perpustakaan sekolah.

      Kegiatan lomba budaya mutu Sekolah Dasar rencananya diadakan setiap tahun oleh Direktorat Pembinaan SD. Untuk itu Dinas Pendidikan Kota Malang perlu membuat program lomba Sekolah Dasar Budaya Mutu secara berjenjang dari tingkat gugus , UPT dan Kota. sehingga wakil Kota Malang benar-benar terbaik diantara sekolah yang baik. Dengan managemen lomba yang baik saya yakin Kota Malang akan lebih sukses dilomba budaya mutu tahun-tahun yang akan datang. Kita Yakin pasti Bisa.