Get Adobe Flash player
KALENDER
July 2017
M T W T F S S
« Jun    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
AFILIANSI


Author Archive

Pembinaan PTK Dindik Gelar Fasilitasi Kegiatan MGMP, KKG dan PKG

P_20170724_143659

Malang – Adanya perubahan aturan mengenai mekanisme penyaluran dana bagi kegiatan – kegiatan baik yang diselenggarakan oleh Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), Kelompok Kerja Guru (KKG) maupun Pusat Kegiatan Gugus (PKG) maka bidang pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd menggelar fasilitasi kegiatan MGMP, KKG dan PKG pada Senin 24 Juli 2017 di Aula Dinas kawasan jalan Veteran No. 19 Malang.

Kegiatan yang diikuti oleh 7 MGMP dengan 21 orang pendidik, 8 KKG dengan 24 pendidik dan 5 PKG dengan 15 pendidik itupun dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

IMG-20170724-WA0053

Dalam sambutannya wanita berhijab yang akrab disapa Zubaidah itupun berharap kegiatan yang di inisiatif oleh Bidang Pembinaan PTK ini dimanfaatkan sebaik mungkin. Karena saat ini dengan adanya regulasi yang baru maka harus pula diikuti dengan pola kerja baru yang menyesuaikan dengan kebijakan yang ada agar terhindar dari berbagai permasalahan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pembinaan PTK Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd menjelaskan jika dahulu kegiatan MGMP, KKG, dan PKG berasal dari dana blockgrand yang langsung disalurkan pada tiga komunitas itu, maka kini mekanismenya berubah.

P_20170724_143630

” Pemerintah berkeinginan percepatan dan peningkatan kualitas pendidikan segera dapat diwujudkan. Agar hal itu segera terealisasi, maka saat ini pendidik diwajibkan untuk bergabung dalam komunitas Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) yang telah diatur oleh Kemendikbud. Jika pendidik tidak tergabung dalam komunitas PKB maka salah satu konsekuensinya pendidik yang bersangkutan akan kesulitan pencairan TPP.” Jelas Sri Sutrisnawati.

Lebih lanjut Sri Sutrisnawati menuturkan dari kegiatan ini nantinya akan dilanjutkan dengan perencanaan kegiatan guna pengimbasan di ranah yang lebih kecil dimasing masing MGMP, PKG maupun KKG. Dengan melibatkan secara langsung unsur terkecil dalam komunitas MGMP, KKG maupun PKG, maka harapan Kemendikbud dan juga Dinas Pendidikan Kota Malang dapat terealisasi dengan baik.

IMG-20170724-WA0055

Fasilitasi kegiatan MGMP, KKG maupun PKG inipun menghadirkan Kepala Pusat BOE P4TK Bidang Otomotif dan Elektronika VEDC DR. Sumarno, MM dan DR. Ari Puji Astuti Widya Iswara P4TK PKN IPS sebagai narasumber. (fandi harianto)

K3S Lowokwaru Gelar Workshop Penyusunan RPP

P_20170724_103939

Malang – Sebanyak 96 pendidik se Kecamatan Lowokwaru terdiri atas 72 guru kelas 2 dan 24 guru kelas 5 yang mewakili 8 Gugus yang ada pada Senin 24 Juli 2017 mengikuti Workshop silabus penyusunan RPP SD berdasarkan Permendikbud No. 22 tahun 2016 di SDN Sumbersari 1 Malang kawasan jalan Bendungan Sigura – Gura l.

Kegiatan yang diprakarsai oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lowokwaru inipun dibuka secara resmi oleh Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kerja Kecamatan Lowokwaru Dra. Indah Warniati.

Dalam sambutannya, Dra. Indah Warniati berpesan agar guru senantiasa meningkatkan kompetensi diri agar hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari waktu ke waktu. Peningkatan kompetensi diri pendidik dapat dipersiapkan melalui berbagai tahapan diantaranya melalui kegiatan yang saat ini berlangsung. Dengan tersusunnya silabus RPP yang benar dan berkualitas, maka hasil yang diinginkan dapat terwujud dengan baik.

Sementara itu, Ketua K3S Kecamatan Lowokwaru, Drs. Edy Rianto, M.Pd menjelaskan bahwasannya Kegiatan ini dimaksudkan agar guru dapat meningkatkan kualitas pembelajaran, lebih mendalami penyusunan silabus dan RPP yang sesuai perkembangan serta mengikuti peraturan yang berlaku, memiliki perangkat pembelajaran yang lengkap guna mendukung terlaksananya KTSP di masing – masing sekolah.

Hingga hari Rabu, 26 Juli 2017 mendatang puluhan peserta workshop inipun akan diasupi berbagai materi diantaranya kebijakan pendidikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah, permendikbud No 22 tahun 2016, pendekatan pembelajaran, penyusunan silabus dan penyusunan RPP.

P_20170724_103430

Sedangkan pemateri yang dihadirkan diantaranya Dra. Wahyuni Ismiatie, M.Pd (Pengawas SD), Drs. Winarto, M. Pd dan Drs. Suyanto, M. KPd. (fandi harianto)

Walikota Malang Hadiri Halbi IGTKI

P_20170724_095941

Malang – Seperti tahun – tahun sebelumnya, Ikatan Guru Taman Kanak – – Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Malang selalu rutin menggelar halal bi halal dalam rangka memperkuat jalinan silaturahmi dan juga komunikasi antar anggota maupun kelembagaan PAUD / TK yang kini berjumlah 500 lembaga. Untuk tahun 2017 ini, kegiatan halal bi halal inipun diselenggarakan pada Senin, 24 Juli 2017 di Baiduri Sepah Ballroom kawasan jalan Tlogomas.

P_20170724_092857_1

Kegiatan yang dihadiri tidak kurang dari 2.600 pendidik PAUD/TK inipun dihadiri secara langsung oleh Walikota Malang, H. Moch. Anton dengan didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, Kepala Bidang Pendidikan Non Formal Suyitno, SH, M.Pd serta jajaran Dinas Pendidikan Kota Malang.

P_20170724_090304

Sebelum memasuki acara inti, ribuan undangan yang hadir di Baiduri Sepah Ballroom inipun disuguhi dengan berbagai aksi dan kreasi dari beberapa pendidik PAUD / TK. Diantaranya Gerak dan lagu dari HIMPAUDI Kec. Klojen, HIMPAUDI Kec. Blimbing, Hadrah oleh HIMPAUDI Kec. Lowokwaru, dan pembacaan ayat Suci Al Qur’an yang dibawakan oleh HIMPAUDI Kec. Sukun

P_20170724_095919

Dalam laporannya ketua pelaksana yang juga sekaligus ketua IGTKI Kota Malang Lutfiyah, S.Pd., S.Psi menuturkan bahwasannya rangkaian kegiatan hari ini merupakan program kerja rutin IGTKI Kota Malang. Dan pada tahun ini, mengambil tema kita wujudkan silaturahmi untuk meningkatkan etos kerja Guru PAUD yang profsesional dan bermartabat dalam mecapai pendidikan anak usia dini yang berkualitas.

” Atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Malang mengucapkan terima kasih karena berkat partisipasi, etos kerja, kinerja dan juga kerja keras bapak ibu pendidik PAUD, Kota Malang mendapatkan penghargaan Kota Layak Anak yang kemarin diserahkan di Kota Pekanbaru” tutur Walikota Malang yang akrab disapa Abah Anton dalam sambutannya.

P_20170724_100913

Lebih lanjut Abah Anton menuturkan kedepan Pemerintah Kota Malang secara bertahap akan memperhatikan kesejahteraan dan ketersediaan sarana prasarana yang memadai hingga pada akhirnya semua lembaga PAUD memiliki gedung sendiri. Dengan kebersamaan dan kesatuan gerak langkah maka niscaya segala impian yang dicita citakan bersama akan terwujud.

Kegiatan halal bi halal inipun ditutup dengan prosesi bersalam salaman antar pengurus maupun antar anggota IGTKI sebagai simbol saling memaafkan atas kesalahan yang sengaja maupun tidak sengaja diperbuat baik dalam bingkai kedinasan maupun bingkai pergaulan. (fandi harianto)

Halbi K3S Lowokwaru Momentum Tingkatkan Kinerja

P_20170722_103037

Malang – Kurang lebih 800 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sewilayah Kecamatan Lowokwaru Kota Malang pada Sabtu 22 Juli 2017 menghadiri gelaran halal bi halal yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lowokwaru di gedung kesenian Gajayana kawasan jalan Nusakambangan.

IMG-20170722-WA0064

Dengan mengangkat Tema ” Tingkatkan silaturahmi dan kinerja menyambut tahun pelajaran 2017/2018″ gawe yang diinisiasi oleh K3S Lowokwaru inipun dibuka secara langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd.

IMG-20170722-WA0063

Namun sebelum memasuki acara inti, para hadirin yang memenuhi Gedung Kesenian Gajayana disuguhi tamplilan kreasi dari siswa siswi SDN Tunjungsekar 3 Malang, SDN Ketawanggede dan tampilan potensi siswa SDN Sumbersari 2 Malang.

IMG-20170722-WA0059

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd mengapresiasi tema yang diangkat oleh K3S Lowokwaru dalam kegiatan halal bi halal tahun 2017 ini.

” Saya berharap tema yang diangkat dalam kegiatan ini benar benar diwujudkan tidak hanya sebagai penghias atau pajangan semata. Setelah kegiatan ini kemudian dilupakan begitu saja. Saya atas nama pribadi maupun kedinasan mengucapkan terima kasih atas jalinan kerjasama bapak/ibu kepala sekolah, pendidik dan juga TU yang selama ini bekerja sangat keras, apalagi dengan adanya berbagai kebijakan dan aturan yang ada mau tidak mau peningkatan kinerja harus terus diupayakan.” tutur Dra. Atimah, M.Pd.

IMG-20170722-WA0057

Sementara itu, Ketua Pelaksana Halal Bi Halal K3S Lowokwaru yang juga merupakan kepala SDN Merjosari 5 Malang Drs. HM. Shodiq, M.Si menghaturkan terima kasih tiada terhingga pada seluruh elemen pendidikan Lowokwaru yang telah bahu membahu turut mensukseskan kegiatan ini.

IMG-20170722-WA0058

Suasana gembira yang tidak jarang diselingi gelak tawa terlihat saat Ustad Lukman Hakim menyampaikan materi tausiyahnya. Ustad muda yang energik inipun memompa semangat dan memberikan motivasi pada pendidik dan juga tenaga kependidikan se kecamatan Lowokwaru yang menggambarkan bahwasannya profesi guru adalah profesi yang mulia. Karena profesi guru adalah profesi yang mensiarkan kebaikan sama halnya apa yang dilakukan oleh Rasul maupun nabi – nabi terdahulu.

” Ada tiga sifat yang harus dimiliki oleh guru yakni As shobbru yang artinya pendidik itu harus punya sifar sabar, Khusnul khuluq Pendidik itu harus punya Ahlaq yabg baik dan Tawaddhuk pendidik itu harus rendah diri/tdk sombang ” jelas ust. KH Lukman Hakim yang juga merupakan pengasuh PP An Nur Hidayatus Salam – Bululawang dalam tausiyahnya (fandi harianto)