Get Adobe Flash player
KALENDER
July 2016
M T W T F S S
« Jun    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
AFILIANSI


Archive for the ‘Berita Terkini’ Category

K3S Klojen Gelar Workshop Revisi K13 Guru Kelas 4 Secara Mandiri.

Tampak anggota K3S Kecamatan Klojen turut serta berbaur dengan peserta workshop (fandi harianto)

Tampak anggota K3S Kecamatan Klojen turut serta berbaur dengan peserta workshop (fandi harianto)

Malang – Usai menggelar workshop revisi kurikulum 2013 (K13) bagi guru kelas satu pada 19 hingga 23 Juli lalu, kini giliran guru kelas empat SD/MI se Kecamatan Klojen yang mendapatkan pelatihan pada Selasa 26 Juli 2016 hingga Sabtu 30 Juli 2013 mendatang di SDK Santa Maria 2 Malang.

Tidak kurang dari 85 orang pendidik kelas empat mengikuti gelaran workshop yang secara teknisnya diserahkan kepada Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Klojen. Saat ini diwilayah kecamatan Klojen terdapat 51 SD/MI.

Ketua K3S Kecamatan Klojen Drs. H. Samsul Ma’arif M.Pd mengatakan gelaran workshop inipun ditanggung secara mandiri yang dananya diambilkan dari Bantuan Operasional Sekolah Nasional (Bosnas) melalui sekolah masing – masing.

” Penggunaan dana Bosnas ini sendiri dapat dipertanggungjawabkan. Karena dalam aturan yang disyaratkan dalam pengelolaan Bosnas disebutkan bahwa dana Bosnas dapat dipergunakan untuk peningkatan mutu serta kualitas guru ” jelas Samsul.

Lebih lanjut pria yang juga Kepala SDN Bareng 1 Malang itupun mengatakan bahwasannya gelaran workshop inipun menghadirkan beberapa narasumber dari pengawas TK/SD UPT Pendas Klojen serta dari Kepala Sekolah yang telah mendapatkan pelatihan sebelumnya.

Gelaran workshop inipun tidak hanya diisi oleh pemaparan materi yang serius saja. Namun peserta juga diajak aktif dengan berbagai permainan simulasi, menyanyi bersama dan juga diskusi interaktif. Baik antar sesama peserta maupun dengan pemateri. Seperti halnya saat Anton Henawanto kepala SDN Bareng 3 Malang yang mengajak peserta menyanyi bergantian saling sambung menyambung. (fan)

Angkatan 1997 SMPN 20 Malang Peduli Almamaternya

Koordinator angkatan 1997 Hino Kertapati menyerahkan bantuan printer pada Eakasek Kesiswaan (ist. Hino Kertapati)

Koordinator angkatan 1997 Hino Kertapati menyerahkan bantuan printer pada Eakasek Kesiswaan (ist. Hino Kertapati)

Malang – Jika langkah yang ditempuh angkatan 1997 SMPN 20 Malang juga dilakukan oleh alumni sekolah lainnya dikota Malang, maka perkembangan dan kemajuan pendidikan akan semakin pesat berkembang. Usai melaksanakan halal bi halal, di area sekolah yang berada di kawasan jalan RT. Suryo No. 38 itupun akhirnya terketuk untuk melakukan darma bakti pada tempat mereka menimba ilmu beberapa tahun silam.

Angkatan 1997 SMPN 20 Malang Peduli Almamaternya itupun berinisiatif memberikan sesuatu yang dibutuhkan oleh sekolah mereka 17 tahun silam. Dari komunikasi yang santai dan penuh keakraban akhirnya angkatan 1997 berinisiatif memberikan sebuah printer.

” Kami memutuskan memberikan printer pada sekolah yang kami cintai ini setelah berdiskusi dengan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan ” tutur Hino Koordinator Angkatan 1997 SMPN 20 Malang.

Lebih lanjut pria berkacamata minus lulusan angkatan ketiga itupun menambahkan dana pembelian printer itupun dikumpulkan secara sukarela selama satu bulan oleh para alumni angkatan 1997. Dan dari dana patungan yang terkumpul akhirnya kami dapat membeli satu unit printer. Printer itupun kami serahkan ke pihak SMPN 20 Malang yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Dra. Budi Arti Andjajani pada hari Sabtu, 23 Juli 2016 kemarin.

Sementara itu, dihubungi secara terpisah Kepala SMPN 20 Malang Drs. H. Dedy Farid Ifanul Islam , M.K.Pd sanagt terkesan dan juga berterima kasih atas kepedulian angkatan 1997 terhadap almamater mereka.

” Kebetulan waktu serah terima printer itu saya tidak dapat hadir karena ada kepentingan diluar kota dan saya minta maaf. Atas nama pribadi dan juga instansi saya sangat berterima kasih. Kami tidak menilai bentuknya atau bahkan nominalnya namun kepedulian dan juga nilai manfaatnya itulah yang sangat berarti dan sangat mengetuk hati. Kami tidak menyangka anak didik kami memiliki kepedulian yang sangat besar ” tutur Dedy Farid.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang dikonfirmasi perihal kepedulian angkatan 1997 SMPN 20 Malang itupun sangat berbangga hati dan juga menghaturkan apresiasi yang setinggi tingginya. Karena anak didik angkatan ketiga SMPN 20 Malang melakukan sesuatu yang bermanfaat pada sekolahnya.

” Hal itu sekaligus menggambarkan betapa kuatnya keterikatan emosional dan juga pendidikan karakter yang ditanamkan pendidik SMPN 20 Malang pada mereka. Dan hal ini harus ditumbuhkembangkan tidak hanya di SMPn 20 semata namun juga sekolah sekolah lainnya. ” tutur Zubaidah. (fan)

Buka Workshop Revisi K13 Kecamatan Blimbing Sekaligus Perkenalkan Diri.

Kepala Dikdas dan PKLK Siti Ratnawati SH, M.Pd menyimak pemaparan ketua pelaksana workshop (fandi harianto)

Kepala Dikdas dan PKLK Siti Ratnawati SH, M.Pd menyimak pemaparan ketua pelaksana workshop (fandi harianto)

Malang – Meski bukan orang baru di Dinas Pendidikan Kota Malang, namun karena kini menjabat sebagai kepala bidang pendidikan dasar dan PKLK, Siti Ratnawati, SH, M.Pd dalam kesempatan membuka workshop revisi kurikulum 13 (K13) menyempatkan memperkenalkan diri sekaligus memohon keluarga besar insan pendidikan kecamatan Blimbing untuk bahu membahu memberikan yang terbaik.

Wanita berhijab yang akrab disapa Ratna itupun membuka workshop revisi k13 yang diadakan oleh K3S kecamatan Blimbing pada selasa 26 Juli 2016 di SDN Blimbing 3 Malang kawasan jalan Candi Kidal No. 3 Malang.

Dalam sambutannya mantan kepala bidang SMP dan SMA itupun mengatakan bahwasannya guru sD merupakan panutan bagi peserta didik. Untuk itu diharapkan agar pendidik jenjang SD dapat membawa diri sebaik mungkin dan memberikan yang terbaik bagi anak didiknya.

” Jangan sia sia kan amanah orang tua wali murid yang mempercayakan pendidikan buah hati mereka pada kita semua. Niscaya dikemudian hari apa yang saat ini diusahakan oleh bapak ibu guru akan membawa manfaat baik bagi siswa itu sendiri, keluarganya, masyarakat hingga nusa dan bangga. Karena pada 30 tahun ke depan mereka adalah pemimpin bangsa. ” tutur Ratna.

Lebih lanjut Ratna menghimbau agar pendidik selalu dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan jaman. Jangan hanya berpuas diri dengan ilmu yang saat ini dimiliki. Namun terus senantiasa berusaha untuk inovatif dan kreatif dalam menyajikan pelajaran pada anak didik. Karena kondisi peserta didik dari waktu ke waktu terus berubah sesuai dengan perkembangan jaman.

Sementara itu ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Blimbing Drs. Somad tarmudji, M.Pd menjelaskan bahwasannya workshop ini akan berlangsung selama lima hari mulai hari ini hingga hari Sabtu, 30 Juli 2016 mendatang.

Pria yang kini menjabat sebagai kepala SDN Bunulrejo 1 Malang itupun menambahkan bahwa peserta workshop ini akan mendapatkan berbagai materi yang dibawakan oleh narasumber yang berasal dari Pengawas TK/SD UPT Pendas Blimbing.

Sementara itu, ketua pelaksana workshop revisi K13 Blimbing Kartini, M.Pd yang juga kepala SDN Purwodadi 1 Malang mengatakan bahwa beberapa materi yang disampaikan diantaranya penyusunan RPP, prota, promes, penetaan KD serta beberapa materi lainnya. Workshop revisi K13 inipun diikuti tidak kurang dari 94 pendidik kelas empat yang berasal dari 64 SD/MI yang ada di wilayah kecamatan Blimbing.

” Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru kelas empat dalam mengimplementasikan pembelajaran berbasis K13 di masing masing sekolah yang ada di Kecamatan Blimbing ” tutur Kartini saat memberikan sambutan

Selain dihadiri oleh kepala bidang pendidikan dasar dan PKLK, pembukaan workshop revisi K13 Kecamatan Blimbing inipun juga dihadiri oleh Kepala Seksi Kurikulum Heru Subagio serta Kasi Sarana Prasarana Dikdas PKLK Imam Hambali. (fan)

PKK Kota Malang Bersinergi Bersama Dindik Bekali Ketrampilan Kerajinan Pada Pelajar.

Hj. Dewi Farida Suryani saat mengunjungi Dekranasda Kabupaten Siak (Humas Pemkot Malang)

Hj. Dewi Farida Suryani saat mengunjungi Dekranasda Kabupaten Siak (Humas Pemkot Malang)

Malang – Jika angan Hj. Dewi Farida Suryani ketua TP PKK Kota Malang direalisasikan, maka dalam waktu dekat pelajar Kota Malang bakal memperoleh sumber belajar yang baru. Hal itu diungkapkan oleh Ketua TP PKK Kota Malang yang akrab disapa Ummik Farida sesaat setelah mengunjungi Dewan Kerajinan Nasional Daerah Kabupaten Siak pada Sabtu, 23 Juli 2016.

Istri Walikota Malang HM. Anton itupun memiliki angan dan ingin apa yang dilihat, diamati dan dikunjunginya pada hari i i untuk segera direalisasikan di PKK Corner Kota Malang.

” Setiap kali saya mendampingi Abah Anton ke suatu daerah, saya selalu menyempatkan diri untuk melihat secara langsung pusat – pusat kerajinan daerah setempat. Dengan begitu saya mendapatkan pengetahuan dan juga ilmu positif yang nantinya dapat diadopsi dan diterapkan di Kota Malang.” jelas Ummik Farida pada staff Humas Pemkot Malang yang diteruskan pada awak media.

Lebih lanjut ummi Farida menambahkan seperti halnya pada kunjungan di kabupaten Siak ini. Dikantor Dewan Kerajinan nasional Daerahnya tidak janya menjadi pusat penjualan souvenir semata, namun pengunjung dapat melihat secara langsung proses pembuatan souvenir itu dari pengrajin aslinya.

Hal itulah yang bakal diadopsi ummi Farida. Kedepan PKk Corner yang berada dikawasan pusat olahraga stadion Gajayana bakal dilengkapi dengan demonstrasi pembuatan souvenir langsung oleh pengrajinnya. Sehingga menjadi salah satu faktor daya tarik mendatangkan pengunjung.

Dengan dilengkapinya PKK Corner dengan cara pembuatan souvenir yang didemonstrasikan langsung oleh pengrajin dapat dijadikan sebagai wahana edukasi bagi para pelajar di Kota Malang khususnya dalam hal pembuatan kerajinan tangan. Dengan begitu diharapkan siswa siswi di kota Malang nantinya dapat memanfaatkan fasilitas pengrajin di PKK Corner untuk mengasah kreatifitas mereka

” Program ini akan secepatnya saya koordinasikan dengan Dinas Pendidikan agar dapat sinergi dan berjalan sesuai dengan harapan ” tutur Ummi Farida.

Sementara itu dihubungi secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah MM menyambut baik rencana Ummi Faridha. Dengan adanya jalinan kerjasama yang diprakarsai oleh TP PKk kota Malang ini, para pelajar akan memiliki nilai tambah keilmuannya. Yang mungkin dapat berguna di masa mendatang. (fan)