Get Adobe Flash player
KALENDER
June 2017
M T W T F S S
« May   Jul »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
AFILIANSI


Archive for June, 2017

Kadindik Berpesan Agar KS Waspada dan Hati – Hati

P_20170618_153137

Malang – Dinamika perkembangan jaman dan pergeseran kehidupan sosial mau tidak mau membawa konsekuensi pada semua bidang kehidupan. Pun demikian halnya dengan bidang pendidikan. Berbagai aturan pun disusun dan dirancang demi perbaikan dan kemajuan dunia pendidikan.

Dan Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM menyikapi dinamika dunia pendidikan yang sarat dengan aturan melalui gelaran Rapat Kerja Kepala Sekolah yang rutin diadakan setiap setahun sekali.

Untuk tahun 2017 ini, gelaran rapat kerja Kepala TK, SD dan SMP dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang dilaksanakan pada tanggal 18 hingga 20 Juni 2017 dengan dihadiri 460 Kepala Sekolah semua jenjang.

Pada gelaran Rapat Kerja tahun 2017 ini, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berpesan kepada para kepala sekolah peserta Raker agar waspada dan hati – hati dalam menunaikan tugas maupun tanggung jawabnya.

P_20170618_161610

” Jangan sampai niatan baik kepala sekolah dalam rangka membentuk insan generasi penerus bangsa menjadi bumerang yang menyulitkan diri sendiri, menyusahkan keluarga atau bahkan berujung diranah hukum ” tutur Zubaidah dalam pendahuluannya.

Lebih lanjut Zubaidah menuturkan dalam rangka membentuk dan menumbuhkembangkan kepedulian terhadap sesama, Kepala sekolah sah sah saja mebgeluarkan himbauan pada anak didiknya belajar bershodaqoh ataupun beraamal. Tapi jangan sekali kali menentukan besaran minimal atau mencantumkan nominal yang harus disediakan.

P_20170618_161609

” Ingat bapak ibu kepala sekolah sekalian, Pemerintah Kota Malang telah menerapkan kebijakan pendidikan gratis. Dan masyarakat tahunya sekolah tanpa membayar, meskipun ada aturan partisipasi masyarakat masih diperbolehkan. Tinggal bagaimana bapak ibu kepala sekolah pandai – pandai mensiasati dan menjalin komunikasi dengan orangvtua siswa agar niat bapak ibu sekalian mendapatkan respon positif bukannya menuai polemik. ” ujar Zubaidah.

Selain memberikan himbauan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang yang juga mantan Sekretaris Dinas Pendidikan, Kepala Perpustakaan maupun Kepala Dinas Sosial itupun memberikann penjelasan singkat mengenai berbagai aturan, kebijakan ataupun rambu – rambu yang dikeluarkan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan sebagai dasar serta tuntunan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi pendidik maupun lembaga pendidikan.

P_20170618_153116

Kegiatan Rapat Kerja yang dibuka secara langsung oleh Walikota Malang H. Moch. Anton itupun juga dihadiripula oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd, Kepala Bidang Pembinaan SMP Dra. Siti Ratnawati, M.Pd beserta jajarannya. (fandi harianto)

P_20170618_151148

Walikota Malang Buka Raker Kepala TK, SD dan SMP Negeri/Swasta Tahun 2017

P_20170618_151055

Malang – Minggu, 18 Juni 2017 Walikota Malang H. Moch Anton buka rapat kerja Kepala TK, SD dan SMP Negeri maupun Swasta tahun 2017. Kegiatan yang dihadiri 460 KS semua jenjang inipun merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan sebagai penanggung jawab kegiatan.

Dalam laporannya, dihadapan Walikota Malang yang akrab disapa Abah Anton, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menuturkan bahwasannya kegiatan rapat kerja ini merupakan wadah untuk mensosialisasikan kebijakan, peraturan maupun perundang undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah, dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

P_20170618_151438

” Tidak hanya sosialiasasi kebijakan semata yang bakal diberikan pada peserta rapat kerja Kepala Sekolah ini. Selain sosialisasi, dalam kegiatan ini juga bakal dibahas bersama langkah dan program kerja setiap satuan lembaga pendidikan baik jenjang TK, SD, maupun SMP berdasarkan aturan yang dikeluarkan oleh pemerintah. “

Pada kegiatan rapat kerja Kepala Sekolah tahun 2017 ini, Dinas Pendidikan menghadirkan beberapa narasumber yang berkompeten dan berkaitan dengan kebijakan – kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintah. Narasumber yang dihadirkan diantaranya berasal dari inspektorat, Badan Kepegawaian Daerah Propinsi Jawa Timur, Staff Ahli Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kejaksaan, kepolisian, Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM), dan kalangan akademisi.

Dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi gelaran rapat kerja Kepala Sekolah tahun 2017, Walikota H. Moch Anton berharap, dari kegiatan ini dapat terjalin kebersamaan yang sinergis, sehingga menguatkan sektor pendidikan. Dengan demikian semakin memberikan manfaat melalui pengabdian yang berkiblat pada aturan dan perundang – undangan yang berlaku. Sebagai manusia lumrah salah dan kurang karena itu kegiatan semacam ini perlu untuk lebih waspada, lebih instropeksi diri, untuk melangkah lebih baik dimasa mendatang.

P_20170618_153116

” Atas nama pribadi dan atas nama pemerintah Kota Malang, saya sangat mengapresiasi kegiatan ini. Hal itu tidak lepas dari fungsi kegiatan ini sebagai wahana meningkatkan kompetensi diri khususnya dalam pemberian pelayanan pendidikan pada warga masyarakat Kota Malang. Perubahan – perubahan yang terjadi perlu disikapi dan ditindaklanjuti. ” tutur Walikota Malang H. Moch. Anton.

Sementara itu, dalam keterangannya Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd mengatakan kegiatan raker ini digelar dengan tujuan untuk mengevaluasi kinerja KS selama tahun pelajaran 2016/2017, sekaligus sebagai jaring aspirasi guna penyusunan program kerja di tahun berikutnya. (fandi harianto)

PPDB KOTA MALANG TAHUN 2017

JADWAL PPDB 2017

Panduan PPDB Online Bisa di Download di bawah ini

th_animated119

Juknis PPDB Online 2017

SK Penetapan PPDB Online 2017

SD Insan Amanah Mantapkan Kepekaan Sosial Anak Didiknya Melalui Pentasyarufan Zakat

IMG-20170615-WA0094

Malang – Bulan suci Ramadhan benar – benar dimanfaatkan sebaik mungkin oleh jajaran SD Insan Amanah yang berada dikawasan Jalan Soekarno Hatta Blok M Perum Griyashanta dengan berbagai kegiatan yang semakin memantapkan keimanan dan juga ketaqwaan ratusan siswanya. Salah satunya dengan menggelar Pentasyarufan Zakat pada Kamis, 15 Juni 2017

Ada 200 kaum dhuafa sekitar SD Insan Amanah yang meliputi wilayah Kelurahan Mojolangu, Kelurahan Tulusrejo dan Kelurahan Jatimulyo yang mendapatkan pentasyarufan zakat hasil pengumpulan anak didik satuan lembaga pendidikan yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd

” Kegiatan pentasyarufan zakat merupakan satu rangkaian kegiatan Pesantren Ramadhan sebagai upaya nyata kami menumbuhkembangkan kepekaan sosial pada anak didik kami terhadap kaum dhuafa ” terang Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd

FB_IMG_1497587509899_1

Lebih lanjut Suhardini Nurhayati, M.Pd menuturkan kegiatan pentasyarufan zakat inipun melibatkan pihak Lurah Jatimulyo, Lurah Tulusrejo, Lurah Mojolangu dan Camat Lowokwaru untuk mendapatkan data yang akurat warga yang benar – benar membutuhkan bantuan. Sehingga kegiatan, harapan dan amanah orangtua siswa yang dipercayakan pada kami benar – benar tersampaikan pada pihak yang tepat.

IMG-20170615-WA0095

Selain membagikan santunan pada 200 kaum dhuafa di tiga kelurahan yang berada disekitaran Sekolah, jajaran SD Insan Amanah juga membagikan santunan pada 50 peserta didik se Gugus 5 Kecamatan Lowokwaru.

IMG-20170615-WA0096

Adapun paket yang dibagikan terdiri atas 5 kg beras, parcel lebaran, uang tunai masing – masing 180 ribu, dan juga paket makanan untuk berbuka dan sahur. Hebatnya lagi paket yang dibagikan ini merupakan hasil pengumpulan zakat, infaq dan shodaqoh murni dari orangtua siswa kelas satu hingga kelas enam. Kebahagiaan keluarga besar SD Insan Amanah semakin lengkap manakala kegiatan pentasyarufan zakat ini dihadiri oleh Lurah Jatimulyo Herry Susanto SH, Lurah Tulusrejo. Nina Sudiarty, S.STP, M.Si , Lurah Mojolangu Bambang Mujionk dan Camat Lowokwaru Imam Badar, SE, M.Si. (fandi harianto)