Get Adobe Flash player
KALENDER
July 2017
M T W T F S S
« Jun   Aug »
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31  
AFILIANSI


Archive for July, 2017

Bidang Pembinaan SD Dindik Kota Malang Gelar Sosialisasi Penulisan Ijasah

P_20170731_080432

Malang – Pentingnya ijasah yang dimiliki siswa usai menyelesaikan rangkaian proses pembelajaran dalam kehidupan sehari – hari, terlebih bagi masa depan generasi penerus bangsa disadari betul oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini Bidang Pembinaan SD. Untuk itu perlu adanya penyamaan mekanisne pengisian blangko ijasah menghindari kesalahan yang nantinya dapat menimbulkan permasalahan serius dikemudian hari.

Menyikapj hal tersebut, pada Senin 31 Juli 2017 bertempat di Aula Dinas Pendidikan kawasan jalan Veteran Bidang Pembinaan SD menggelar sosialisasi penulisan ijasah. Gelaran sosialisasi inipun menghadirkan kepala sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Malang.

Agar kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar dan dapat optimal maka sosialisasi ini terbagi dalam lima sesi pertemuan. Untuk sesi pertama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Klojen mendapatkan sosialisasi dilanjutkan K3S Blimbing pada sesi kedua. Untuk sesi ketiga, giliran K3S Kedungkandang kemudian K3S Lowokwaru dan sesi terakhir baru K3S Sukun.

” Kegiatan ini tidak lain merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini bidang Pembinaan SD untuk membuat kesepakatan bersama guba menyamakan persepsi dalam penulisan ijasah, khususnya pada point – point penting yang harus dicantumkan penulisannya di ijasah ” terang Dyah Christiana W kasi Kesiswaan dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang.

P_20170731_080341

Lebih lanjut Diah menuturkan untuk penulisan ijasah kali ini haruslah dilakukan secara cermat dan hati hati. Itu tidak lain karena adanya keterbatasan blanko ijasah yang disediakan. Dan yangbtidak kalah pentingnya agar ijasah yang diterima peserta didik tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Sekedar diketahui, bahwasannya ijasah untuk tahun pelajaran 2016/2017 terdiri atas tiga jenis ijasah pada jenjang SD yang terdiri atas ijasah kurikulum 2006, ijasah kurikulum 2013 dan ijasah satuan pendidikan kerjasama (SPK). Hal penting lainnya dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Dinas Pendidikan Kota Malang mewanti – wanti pada para kepala sekolah untuk tidak mencoret ijasah, menimpa huruf, dan menghapus dengan tip – x. Jika ada kesalahan penulisan langsung ganti dengan blanko kosong lainnya.

Sementara itu Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang Pembinaan SD, Muflikh Adhim, SE, MM menghimbau kepada para kepala SD yang hadir untuk tertib administrasi kesiswaan. Sekolah harus memiliki arsip akte kelahiran, raport dan juga buku induk. Sehingga jika ada permasalahan di kemudian hari dapat menunjukkan arsip yang ada dan dapat menyelesaikan permasalahan yang timbul.

P_20170731_080401

” Sesuaikan data pemilik ijasah dalam hal ini siswa – siswi SD Bapak Ibu sekalian dengan dokumen akte kelahiran yang diserahkan. Jangan menambahkan atau mengurangi data yang tertera di akte kelahiran ” ujar Dyah Christiana W kasi Kesiswaan dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang (fandi harianto)

K3S Kedungkandang Gelar Silaturrahim Tenaga Pendidik dan Kependidikan

P_20170729_094326

Malang – Sabtu, 29 Juli 2017 giliran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kedungkandang menggelar ajang silaturahim tenaga pendidik dan tenaga kependidikan sewilayah Kecamatan Kedungkandang di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Bahasa Asing (STIBA) kawasan jalan Terusan Danau Sentani No. 97.

P_20170729_090134

Kegiatan rutin yang digelar setiap tahunnya oleh jajaran K3S Kecamatan Kedungkandang yang saat ini diketuai oleh Drs. Susiswo, M.Pd itupun mengundang seluruh insan pendidikan sekecamatan Kedungkandang dari 56 satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang terbagi dalam delapan Gugus.

P_20170729_084022

Sebelum memasuki acara inti, insan pendidikan Kecamatan Kedungkandang yang hadir pada gelaran silaturahim inipun dihibur dengan penampilan potensi anak didik SDN Kedungkandang 1 Malang yang menyajikan gerak dan lagu religi diiringi alunan musik hadrah ekskul binaan sekolah yang kini dikepalai oleh Siti Romlah, M.Pd

P_20170729_100607

Ajang silaturahim insan pendidikan kecamatan Kedungkandang inipun dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. Kehadiran orang nomor satu di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menaungi bidang pendidikan itupun disambut antusias pengurus K3S Kedungkandang serta para hadirin.

P_20170729_103326

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berharap tidak hanya hati saja yang fitri usai lebaran dan menjalankan ibadah puasa, namun tekad untuk mempersembahkan pendidikan yang terbaik juga harus diniati serta dijalankan.

P_20170729_100856

” Terima kasih atas kinerja dan upaya Bapak Ibu Kepala Sekolah, Bapak Ibu Pendidik dan Tenaga Kependidikan berkat kerja keras kita semua, Kota Malang dari waktu terus menorehkan prestasi salahsatunya di bidang pendidikan. Namun mohon maaf untuk sekedar mengingatkan dan untuk lecutan diri bahwasannya raihan prestasi pendidikan yang menghampiri Kota Malang satuan lembaga pendidikan jenjang SD menempatiburutan kedua. Urutan pertama masih dipegang SMA/SMK/SMP maupun PAUD ” tutur Zubaidah dalam sambutannya.

Lebih lanjut Zubaidah berharap kedepan insan pendidikan jenjang SD mampu berbuat lebih baik lagi diawali dengan kerja tepat waktu, kerja tepat sasaran dan kerja tepat di tempat yang semestinya. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mewujudkanya, seperti mengikuti workshop, pelatihan maupun bimtek dengan menyisihkan 10% TPP sertifikasi yang diterima seperti apa yang dilakukan oleh jajaran Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru.

” Kemarin saya membuka kegiatan workshop Gugus 3 Lowokwaru yang memenuhi kewajiban dan melaksanakan aturan yang ada dengan menyisihkan 10% TPP sertifikasinya untuk meningkatkan kompetensi diri. Peningkatan mutu jika dikoordinasikan dengan baik dan secara bersama – sama maka nantinya juga akan memajukan dunia pendidikan. Sehingga prestasi nya meningkat tidak hanya satu dua sekolah saja. Itulah salah satu tujuan kemendikbud membentuk gugus ” pungkas Zubaidah dalam sambutannya.

P_20170729_095348

Gelaran silaturahim K3S Kedungkandang inipun turut pula menghadirkan ulama Ust. Dr. Nur Asnawi, M.Ag intelektual UIN Malang untuk memberikan tausiyahnya agar menambah keluasan khazanah keilmuan insan pendidikan Kecamatan Kedungkandang khususnya dalam bidang agama yang tentunya disesuaikan dengan porsi pendidik maupun tenaga kependidikan. (fandi harianto)

Sisihkan 10% TPP Pendidik Gugus 3 Lowokwaru Gelar Workshop Mandiri

IMG-20170729-WA0121

Malang – Apa yang dilakukan jajaran pendidik Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru Kota Malang layak ditiru oleh insan pendidikan Kota Malang lainnya. Hal itu tidak terlepas dari kesediaan jajaran Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru yang terdiri atas SDN Dinoyo 1, SDN Dinoyo 2, SDN Dinoyo 3 SDN Dinoyo 4, SDN Tlogomas 1, SDN Tlogomas 2, SDI Aisyiyah dan SDI Wahid Hasyim yang menyisihkan 10% TPP yang mereka terima untuk meningkatkan kompetensi diri sesuai amanat peraturan yang ada dengan menggelar workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran dan Penyusunan Program 5 hari sekolah Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Surya Indah kawasan Oro Oro Ombo Kota Batu pada Jum’at 27 Juli 2017 hingga Minggu 30 Juli 2017 esok itupun mendapatkan atensi khusus dari Dinas Pendidikan Kota Malang. Tidak hanya dihadiri Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd saja, namun kegiatan workshop Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru inipun dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM ditengah padatnya jadwal kegiatannya.

IMG-20170728-WA0101

Dalam laporannya, ketua pelaksana workshop Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru Nunik Martin Lestari, S. Pd menyampaikan bahwanya kegiatan inj dapat terlaksana berkat kesadaran serta kesanggupan pendidik Gugus 3 Lowokwaru menyisihkan 10% TPP yang diterima serta Dana Bos dari pos peningkatan SDM guru.

Sementara itu, Ketua Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru yang juga sekaligus Kepala SDN Dinoyo 2 Ratnaningsih, S.Pd mengatakan kegiatan ini diselenggarakan tidak lain sebagai upaya untuk meningkatkan kompetensi guru, melengkapi dokumen guru/sekolah dan menyiapkan segala hal ikhwal menyangkut 5 hari sekolah pada Tahun Pelajaran 2017/2018.

Lebih lanjut Ratnaningsih beserta jajaran Gugus 3 Lowokwaru berencana akan menggelar kegiatan seperti ini secara rutin agar saat menghadapi akreditasi semua perangkat sudah siap dan sekolah tidak tergesa gesa dalam mengahadapi moment akreditasi.

IMG-20170729-WA0013

Dihadapan 107 Guru Kelas, Guru Agama, Guru PJOK dan guru Bahasa Inggris serta kepala sekolah se Gugus 3 Lowokwaru yang terdiri atas Umi Nurhayati, S.Pd, Kepala SDN Tlogomas 1, Sutiyono S.Pd. M.Pd Kepala SDN Tlogomas 2, Drs Tatok wargo S Kepala SDN Dinoyo 1, Ratnaningsih. S.Pd Kepala SDN Dinoyo 2, Suryani. S.Pd. M.Pd. Kepala SDN Dinoyo 3, Shodiq ZA. S.Pd Kepala SD Islam Wahid Hasyim, dan H. Wage M. S.Pd Kepala SD Islam Aisiyah Kepala Dinas Pendidikan Kota Malanh Dra. Zubaidah mengapresiasi kegiatan ini

IMG-20170729-WA0130

” Secara pribadi maupun kelembagaan saya ucapkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini. Hal itu tidak terlepas dari niatan bapak ibu sekalian unyuk mengembangkan potensi diri demi meraih prestasi yang lebih baik dengan secara sukarela menyisihkan 10% TPP Sertifikasi yang bapak ibu terima. Hal semacam ini perlu untuk ditularkan kepada pendidik lainnya diseluruh Kota Malang agar meneladani, mengikuti dan melaksanakan kegoatan yang  saat ini dilaksanakan ” tutur Zubaidah dalam sambutannya.

IMG-20170729-WA0119

Workshop yang diinisiatori K3S Gugus 3 Kecamatan Lowokwaru inipun menghadirkan beberapa narasumber diantaranya Dra. Wahyuni Ismiatie, M. Pd (Pengawas SD) dan Drs. Winarto, M. Pd (bid Peningkatan SDM K3S kec Lowokwaru) yang juga Kepala SDN Merjosari 4 Kota Malang. (fandi harianto / Drs. Winarto, M. Pd )

SDN Arjowinangun 2 Malang Bidikan CSR

FB_IMG_1501222884776

Malang – Meski berada di tepi kota Malang, keberadaan SDN Arjowinangun 2 Malang yang terletak dikawasan jalan Arjowinangun No. 7 tidak hanya menarik minat masyarakat guna mempercayakan pendidikan buah hati mereka saja. Namun satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang didirikan pada tahun 1978 silam itupun juga memantik pihak ketiga sebagai bidikan tempat melaksanakan Corporate Social Responcibility (CSR).

IMG-20170728-WA0082

Usai beberapa kali didatangi pihak ketiga seperti Non Goverment Organisation (NGO/LSM) kelas inspirasi yang mengenalkan berbagai profesi, minum bersama minuman susu bakteri baik pabrikan jepang serta CSR lainnya, kali ini SDN Arjowinangun 2 Malang kembali dibidik CSR dalam bentuk kegiatan lomba mewarna bersama Media Indonesia salah satu perusahaan multinasional yang bergerak dibidang industri jurnalistik.

IMG-20170728-WA0083

Kegiatan lomba mewarna yang melibatkan 471 peserta didik SDN Arjowinangun 2 Malang inipun dilaksanakan di halaman sekolah. Dengan mengambil tema ” Bergembira dan mengasah bakat bersama Media Indonesia ” ratusan peserta didik SDN Arjowinangun 2 Malang mengikuti kegiatan yang di inisiatori oleh Media Indonesia dengan semangat.

IMG-20170728-WA0088

” SDN Arjowinangun 2 Malang sangat terbuka pada semua pihak yang turut peduli dalam mengembangkan pendidikan maupun penibgkatan kompetensi peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan. Dan kami bersyukur atas kepercayaan yang telah diberikan berbagai pihak seperti yang saat ini dilaksanakan kepada sekolah kami. ” tutur Kepala SDN Arjowinangun 2 Malang Dra. Patwi Sulisati, M.Pd

IMG-20170728-WA0084

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab disapa bunda Patwi oleh keluarga besar SDN Arjowinangun 2 Malang menuturkan, kerjasama dengan pihak Media Indonesia bukanlah hal pertama. Namun sebelumnya SDN Arjowinangun 2 Malang telah melakukan kerjasama dalam ajang pencarian bakat untuk menjadi reporter cilik pada Mei 2017 lalu.

IMG-20170728-WA0087

Gelaran lomba mewarnai yang digelar oleh Media Indonesia bersama SDN Arjowinangun 2 Malang inipun juga turut diisi dengan berbagai atraksi potensi peserta didik yang selama ini dibina secara berkesinambungan melalui belasan ekstrakurikuler. (fandi harianto)

IMG-20170728-WA0081