Get Adobe Flash player
KALENDER
August 2017
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
AFILIANSI


Archive for August, 2017

PPK ala SDN Tulusrejo 3 Malang Dimaknai sederhana

Malang – Semangat gotongroyong dan jiwa nasionalisme yang merupakan bagian dari pilar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dimaknai secara sederhana oleh jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang yang kini dikepalai oleh Sujirahayu, S.Pd.

Mengangkat tema ” Dengan semangat merah putih kita tumbuhkan rasa cinta tanah air.” pilar semangat gotongroyong dan jiwa nasionalisme di implementasikan satuan lembaga pendidikan yang berada di kawasan jalan Bantaran V/17 melalui momentum peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun dengan menggelar beberapa kegiatan sederhana namun penuh makna.

IMG-20170825-WA0051

Diawali dengan pelaksanaan upacara bendera pada Kamis, 17 Agustus 2017 semangat nasionalisme dikobarkan di dada 220 peserta didik SDN Tulusrejo 3 Malang. Sujirahayu, S.Pd selaku pembina upacara 17 Agustus, kembali mengingatkan betapa besarnya jasa para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Tidak hanya berkorban waktu dan tenaga saja, namun jiwa dan raga rela dipertaruhkan demi masa depan anak bangsa.

IMG-20170825-WA0041

Sebagai rasa terima kasih pada para pahlawan sekaligus menghargai jasa mereka, sebagai generasi penerus bangsa sudah seharusnya mempertahankan kemerdekaan yang telah susah payah direbut dengan berbuat hal yang positif. Secara sederhana sebagai pelajar dapat mengisi kemerdekaan ini dengan belajar sungguh sungguh hingga kelak dapat menjadi insan yang berguna bagi nusa dan bangsa.

IMG-20170825-WA0052

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke 72 Tahun disemarakkan jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang dengan berbagai lomba yang kental akan nuansa tradisi. Lomba lomba yang dilaksanakan terdiri atas lomba kelereng, lomba memindahkan bendera,bola volly plastik dan sepak bola plastik.

IMG-20170825-WA0049

Tepat pada Jum’at 25 Agustus 2017 gelaran peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia oleh jajaran SDN Tulusrejo 3 Malang ditutup dengan pelaksanaan jalan sehat bersama yang tidak hanya diikuti oleh peserta didik semata namun juga diikuti pula oleh orangtua didik sebagai implementasi nyata penanaman karakter gotong royong.

P_20170830_112447

” Tujuan daripada berbagai kegiatan yang kami laksanakan ini selain sebagai wadah mempererat tali sirahturohmi dan kebersamaan antar siswa,guru, dan orang tua juga sekaligus sebagai momentum menumbuhkan rasa kebersatuan dan rasa cinta tanah air. Dan kami berterima kasih pada seluruh keluarga besar SDN Tulusrejo 3 Malang yang bahu membahu mesukseskan kegiatan yang kami gagas. ” terang Kepala SDN Tulusrejo 3 Malang Sujirahayu, S.Pd.

IMG-20170825-WA0038

Semangat gotong royong ditunjukkan keluarga besar SDN Tulusrejo 3 Malang yang dengan sukarela berkontribusi secara khusus dan ikhlas menyediakan ratusan doorprize yang diundi usai melaksanakan jalan sehat bersama. (fandi harianto)

Cerdiknya SDN Bareng 2 Malang Siasati Implementasi LHS dan PPK

FB_IMG_1504079025963

Malang – Ketidak mengertian dan kurangnya sosialisasi pada masyarakat atas kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerapkan Lima Hari Sekolah (LHS) dan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dibeberapa tempat memantik permasalahan tersendiri. Hal itulah yang menjadi bahan pembelajaran bagi jajaran SDN Bareng 2 Malang yang kini dikepalai oleh Eko Wahyudi, S.Pd agar implementasi LHS dan PPK di SDN Bareng 2 Malang berjalan baik.

Langkah awal yang dilakukan Eko Wahyudi, S.Pd bersama jajarannya menelaah dan mempelajari lebih mendalam peraturan – peraturan yang menjadi pijakan pelaksanaan LHS dan PPK agar terwujud kesepahaman dan keselarasan dalam penerjemahan aturan yang ada. Langkah berikutnya menggelar rapat koordinasi membentuk tim inti LHS dan PPK sebagai formatur penyusun program pembelajaran yang sesuai dengan kaidah LHS dan juga PPK.

IMG-20170830-WA0075

Usai tersusunnya program pembelajaran yang mengakomodir lima pilar PPK (Religius, Nasionalis, Mandiri, Jujur/Integritas, Gotongroyong) dilanjutkan dengan melaksanakan sosialisasi pada 436 orangtua siswa SDN Bareng 2 Malang. Melalui ajang sosialisasi ini, diharapkan terbangun jembatan komunikasi yang harmonis sehingga tidak muncul salah persepsi orangtua pada program LHS dan PPK yang akan dijalankan di SDN Bareng 2 Malang.

IMG-20170830-WA0080

” Sembari melaksanakan LHS sekaligus mengimplementasikan lima pilar PPK dalam pembelajaran di SDN Bareng 2 Malang, kami terus melakukan evaluasi dengan senantiasa melakukan komunikasi baik pada jajaran pendidik dan tenaga kependidikan, orangtua didik maupun peserta didik untuk menggali informasi kendala apa yang dihadapi saat melaksanakan LHS dan PPK. Dari penggalian informasi, kami kemudian melakukan evaluasi guna mencari solusi atas permasalahan yang ada.” terang Kepala SDN Bareng 2 Malang Eko Wahyudi, S.Pd

Lebih lanjut pria berkacamata yang sebelumnya menjabat kepala SDN Madyopuro 6 Malang itupun mencontohkan kerisauan orangtua yang khawatir buah hatinya tidak dapat mengaji karena pulang sore. Hal itupun diatasi dengan menyebar angket surat pernyataan pada orangtua, untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang mengaji dirumah/madin dan berapa banyak yang belum mengaji.

IMG-20170830-WA0133

” Dari hasil pendataan berdasarkan angket yang kami sebar ada 46 siswa kelas empat, lima dan enam yang belum mengaji di rumah. Sehingga kemudian kami berinisiatif menjalin kerjasama dengan pihak TPQ Al Amin untuk memberikan materi Baca Tulis Al Qur’an. Dan hal ini mendapat support yang liar biasa dari orangtua siswa.” ujar Eko Wahyudi, S.Pd.

IMG-20170830-WA0006

Belum tersedianya sarana ibadah baik berupa masjid ataupun mushola tidak menyurutkan langkah jajaran SD yang berada dikawasan jalan Bareng Raya II/5 itu untuk konsisten menumbuhkembangkan maupun meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan anak didiknya melalui pembiasaan sholat berjamaah. Pembiasaan sholat yang merupakan salah satu pilar PPK yakni religius tetap dilaksanakan meskipun dilakukan didalam kelas masing – masing.

IMG-20170830-WA0033

Bahkan melalui pembiasaan sholat berjamaah dikelas, pilar PPK gotongroyong secara tidak langsung di biasakan pada siswa SDN Bareng 2 Malang melalui kerjasama menggelar karpet saat akan melaksanakan sholat dan merapikannya kembali seusai menunaikan sholat.

P_20170829_091529

Rentang waktu yang dihabiskan siswa disekolah yang dimulai pukul 06.45 hingga 15.00 turut menjadi perhatian tersendiri. Sarana prasarana pendukungpun terus dibangun agar siswa tidak merasa bosan disekolah. Taman – taman mungil, gazebo, lukisan dinding, dan kamar mandi dibangun sedemikian rupa demi kenyamanan anak didik disekolah.

FB_IMG_1504079217141_1

” Di SDN Bareng proses belajar mengajar usai jam 14.00 dilanjutkan dengan kegiatan ekstrakurikuler yang berakhir pada pukul 15.00. Jika ada siswa yang memiliki kegiatan diluar sekolah yang itu mendukung eksplorasi potensi siswa seperti les ataupun mengaji, kami memberikan ijin untuk pulang lebih awal. Sehingga tidak ada lagi complain dari orangtua siswa anaknya tidak dapat melakukan aktifitas lainnya karena energinya telah tersedot habis disekolah ” terang Eko Wahyudi, S.Pd.

FB_IMG_1504079093441

Kebijakan yang dilakukan oleh jajaran SDN Bareng 2 Malang tetap berpedoman pada aturan yang ada, sehingga tidak mengurangi hak siswa mendapatkan pembelajaran. Untuk kelas satu pembelajaran intrakurikuler sebanyak 30 jam, kelas dua mendapatkan porsi 32 jam, kelas tiga 34 jam dan untuk kelas empat, kelas lima serta kelas enam 36 jam pembelajaran selama sepekan. Kebijakan tidak memberikan Pekerjaan Rumah (PR) pada siswa mendapat dukungan penuh dari orangtua. (fandi harianto)

SDN Rampal Celaket 1 Malang Perkuat Pilar PPK Lewat Manasik Haji

IMG-20170830-WA0049

Malang – Lima pilar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) terus diperkuat oleh jajaran insan pendidikan Kota Malang melalui berbagai cara dan kegiatan. Pun demikian pula yang dilakukan oleh SDN Rampal Celaket 1 Malang. Melalui momentum hari raya Idhul Adha yang dibarengi dengan pelaksanaan Ibadah Haji ditanah suci Mekkah, jajaran satuan lembaga pendidikan yang kini dikepalai oleh Farida Ariani, S.Pd memperkuat lima pilar PPK pada 366 peserta didiknya.

P_20170830_094449

Kegiatan manasik haji yang diselenggarakan pada Rabu, 30 Agustus 2017 oleh jajaran SDN Rampal Celaket 1 Malang inipun mengambil tema ” Dengan melaksanakan manasik haji wujudkan generasi yang kuat, beriman dan bertaqwa ” dapat berjalan dengan baik berkat kerjasama antara sekolah, orangtua siswa, paguyuban dan komite sekolah. Pihak SDN Rampal Celaket dalam penyelenggaraan manasik haji yang rutin digelar setiap tahun juga bekerjasama dengan SD Muhammadiyah 9 Malang dalam hal penyediaan sarana prasarana penunjang seperti miniatur ka’bah, tugu lempar jumroh dan perangkat lainnya layaknya seperti pelaksanaan ibadah haji sesungguhnya.

IMG-20170830-WA0114_1

” Sampai dengan saat ini SDN RampalĀ Celaket 1 Malang telah melaksanakan manasik haji sebanyak empat kali . Kegiatan ini kami maksudkan untuk memperkenalkan secara dini prosesi ibadah haji kepada peserta didik. Dengan harapan muncul niatan pada diri siswa kami, suatu saat mereka bercita cita menunaikan Rukun Islam yang kelima. ” tutur Kepala SDN Rampal Celaket 1 Malang Farida Ariani, S.Pd.

IMG-20170830-WA0108_1

Lebih lanjut wanita berhijab yang akrab disapa Farida itupun menuturkan selain memperkenalkan prosesi Ibadah Haji juga sebagai media untuk meningkatkan keimanan dan juga ketaqwaan pada diri peserta didik. Dengan melaksanakan manasik ini anak didik yang secara tidak langsung telah melalui tahap demi tahapan yang harus dilakukan dalam ibadah haji, mengerti bahwasannya untuk menunaikan Rukun Islam kelima ini membutuhkan fiaik dan mental yang kuat.

IMG-20170830-WA0098

Seperti lazimnya pelaksanaan ibadah haji sesuai dengab tuntunan yang ada, jamaah putra dan putri menggunakan ihrom. Namun hal itu disikapi secara bijaksana oleh jajaran satuan lembaga pendidikan yang berada dikawasan jalan Tretes Selatan No. 26 untuk tidak memaksa anak didiknya memakai baju ihrom. Jika tidak memiliki baju ihrom dapat menggunakan busana muslim nuansa putih yang biasanya dipergunakan sehari – hari.

IMG-20170830-WA0055

Penguatan Pendidikan Karakter nampak terlihat begitu nyata dalam pelaksanaan manasik haji di SDN Rampal Celaket 1 Malang ini. Pilar religius sangat terlihat kuat dimana manasik haji ini merupakan media pelatihan sejak dini pengenalan ibdah haji yang merupakan tuntunan dalam Agama Islam. Saat melaksanakan ibadah haji yang diikuti oleh umat Islam diberbagai negara , harus diimbangi dengan rasa dan tekad menjaga nama baik Indonesia dengan tidak melakukan hal negatif yang tentunya akan mencoreng nama baik Indonesia di kancah Internasional. Dan hal itu diselipkan sebagai penguatan pilar nasionalis.

Saat melaksanakan manasik haji, anak didik harus bisa mandiri, tertib dan taat aturan tanpa didampingi oleh orangtua mereka. Integritas dan kejujuran diajarkan melalui ketaatan dan ketertiban mereka dalam menjalani tahap demi tahapan prosesi manasik haji.

Sedangkan pilar gotongroyong diperkuat dari rasa kebersamaan, saling membantu dan ditunjukkan dengan adanya jalinan kerjasama baik dengan pihak orangtua, komite maupun paguyuban sehingga kegiatan manasik haji siswa SDN rampal Celaket 1 Malang dapat berjalan dengan baik dan sukses.

Seusai menerima pembekalan, peserta manasik haji SDN Rampal Celaket 1 Malang memulai prosesi ibadah haji yang diawali dengan sholat di Masjidil Harom, tawaf mengelingi kabah 7 kali, sai ( lari lari kecil dari bukit Sofa ke bukit Marwah), wukuf di Arafah, melempar jumrah aqobah, ula, dan wusta yang kemudian diakhiri dengan minum air zam zam. (fandi harianto)

SDN Kebonsari 3 Malang Bersiap Songsong LHS

IMG-20170829-WA0025

Malang – Meski belum memberlakukan Lima Hari Sekolah (LHS), SDN Kebonsari 3 Malang telah mempersiapkan diri dengan matang dan telah melaksanakan lima pilar Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) dalam proses pembelajaran pada 294 anak didiknya. Jajaran satuan lembaga pendidikan tingkat SD yang kini dikepalai oleh Didik Eko Wiyono, S.Pd melaksanakan berbagai kegiatan pembiasaan yang menyentuh sisi religi, nasionalis, mandiri, jujur/integritas dan gotong royong secara terstruktur dan terjadwal.

Setiap hari senin, siswa diajak melaksanakan upacara bendera yang diawali dengan walikelas yang hadir terlebih dahulu dilapangan sebagai bentuk pemberian teladan bagi siswa. Usai melaksanakan upacara bendera, pendidik dan tenaga kependidikan tetap berada dilapangan guna menerima pembekalan serta motivasi dari Didik Eko Wiyono, S.Pd sekaligus sebagai media memeriksa kehadiran staff SD yang berada dikawasan jalan Kolonel Sugiono No. 555.

” Siswa harus memiliki karakter lima pilar PPK, haruslah diberikan contoh konkret. Salahsatunya menanamkan kedisiplinan, integritas dan kebersamaan dilingkup jajaran SDN Kebonsari 3 Malang. Setiap Senin selepas upacara ada hal – hal yang saya utarakan pada staff agar selalu memberikan suri tauladan yang baik pada siswa. Selain menggelar upacara, setiap jam istirahat, keluarga besar SDN Kebonsari 3 Malang kami perdengarkan lantunan lagu – lagu nasional sebagai upaya menumbuhkembangkan nilai nasionalis ” terang Didik Eko Wiyono, S.Pd.

P_20170828_102809

Pria berkumis yang akrab disapa Didik itupun menambahkan pihaknya juga melaksanakan berbagai kegiatan pada peringatan hari besar nasional maupun peringatan hari besar islam sebagai bentuk pembentukan karakter berbasis nasionalis sekaligus religius. Seperti pelaksanaan berbagai lomba dalam.memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 Tahun.

IMG-20170828-WA0115

Setiap hari Jum’at, ratusan anak didik SDN Kebonsari 3 Malang akan menerima tausiyah (kultum) agar peningkatan kadar keimanan dan ketaqwaan anak didiknya dapat terus mengalami peningkatan. Usai menerima kultum (kuliah tujuh menit) dengan muatan ilmu agama, siswa dilatih kejujurannya sekaligus jiwa gotongroyongnya dengan berbaris rapi satu persatu memasukkan uang amal ditempat yang disediakan.

IMG-20170829-WA0029

Selain mempersiapkan program pembiasaan berbasis lima pilar PPK, saat ini jajaran SDN Kebonsari 3 Malang juga berupaya memenuhi kebutuhan sumber daya manusia guna mengisi kegiatan ekstrakurikuler Karate, futsal, volly, Al banjari, BTQ, dan tari sehingga saat LHS benar – benar dilaksanakan dapat berjalan dengan baik.

Didik eko wiyono, S.Pd mengatakan berbagai persiapan jelang pelaksaan LHS disatuan lembaga pendidikan yang dikepalainya ini telah dilakukan. Diantaranya melakukan penyusunan program, rapat dewan guru mengenai kesiapan LHS, rapat dengan komite untuk sharing dan juga hearing sebagai media mengakomodasi aspirasi komite sekolah yang notabene merupakan perwakilan orangtua siswa.

Usai menggelar pertemuan dengan komite serta memasukkan saran yang dinilai dapat dijalankan dan tidak bertentangan dengan aturan yang ada, SDN Kebonsari 3 Malang menggelar sosialisasi LHS pada orangtua siswa agar terjalin kesepahaman yang harmonis antara pihak sekolah dan juga orangtua siswa.

Pada pelaksanaan LHS yang bakal dijalankan di SDN Kebonsari 3 Malang, siswa kelas satu dan dua nantinya akan menyelesaikan proses belajar mengajar pada pukul 13.00. Untuk siswa kelas tiga selesai pada pukul 14.00. Sedangkan untuk siswa kelas empat, lima dan kelas enam akan selesai pada pukul 15.00. Jadwal tersebut sudah termasuk pelaksanaan ekstrakurikuler wajib maupun ekstrakurikuler pilihan.

IMG-20170828-WA0111

Didik Eko Wiyono, S.Pd mewanti wanti pada jajaran tenaga pendidiknya untuk tidak memberikan pekerjaan rumah pada siswa siswinya. Jika ada tugas diusahakan tidak mepet tenggat waktu penyelesaiannya. (fandi harianto)