Get Adobe Flash player
KALENDER
August 2017
M T W T F S S
« Jul   Sep »
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
AFILIANSI


Archive for August 12th, 2017

SDN Percobaan 1 Malang Gelar Giat Kolaboratif PPK

P_20170812_070917

Malang – Tidak hanya memberi tuntunan pembelajaran berbasis Kurikulum 2013 yang terintegrasi pada gerakan moral revolusi mental Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) secara teoritis semata, namun jajaran SDN Percobaan 1 Malang yang berada dikawasan jalan Magelang No. 1 Malang inipun berupaya menanamkan nilai PPK pada 430 peserta didiknya secara nyata.

Salah satu upaya impelementasi PPK secara nyata yang dilaksanakan oleh jajaran satuan lembaga pendidikan yang kini dikrpalai oleh Dra. Anny Saida itu melalui kegiatan PPK Kolaboratif pada Sabtu, 12 Agustus 2017.

Sekolah yang memiliki motto Unggul dalam berpikir anggun dalam berbudi pekerti itupun juga memanfaatkan momentum gelaran PPK Kolaboratif ini juga sebagai wahana memperingati HUT Ke 72 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun melalui berbagai lomba.

IMG-20170812-WA0089

” Kami melaksanakan beberapa lomba diantaranya memasukan bendera kedalam botol serta lomba mengaitkan topi bagi siswa kelas satu dan dua, lomba pukul air dan lomba memindah balon untuk siswa kelas tiga dan siswa kelas empat. Sedangkan bagi siswa kelas lima dan kelas enam kami adakan lomba memilah bumbu dan pukul air. Lomba ini juga merupakan upaya memberikan edukasi integritas serta kemandirian anak didik ” terang Dewi Urifah, S.Pd yang keseharian merupakan pendidik kelas satu.

P_20170812_065748

Sementara itu, Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saida menuturkan pihaknya sengaja menggelar kegiatan PPK Kolaboratif pada hari sabtu agar tidak menganggu bahkan mengurangi jatah penerimaan peserta didik akan materi pembelajaran.

” Kegiatan PPK Kolaboratif ini melibatkan peran serta orang tua siswa secara aktif. Sebab dalam gelaran ini diadakan bazar sebagai wahana membentuk jowa kewirausahaan pada anak didik, gotong royong yang digambarkan dari adanya kerjasama antar siswa dengan para orang tuanya dalam merancang, mempersiapkan dan melakukan transaksi atas produk yang mereka buat. ” terang Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saida.

P_20170812_071244

Kegiatan PPK Kolaboratif inipun diawali dengan pembekalan serta pembagian ragam makanan atau produk yang harus dijual oleh masing – masing kelompok pada tongkatan kelas. Seperti produk hasil olahan buah, olahan tempe, olahan umbi, dan olahan daging maupun sejenisnya. Selain itu siswa juga dirangsang daya kreatifitasnya dengan adanya tugas membuat brosur promosi atas produk – produk yang akan mereka sajikan pada kegiatan hari ini.

P_20170812_071025

” Tema PPK Kolaboratif kami kali ini mengangkat tema Kita tingkatkan rasa nasionalisme, gotong royong, mandiri, ibtegritas di SDN Percobaan 1 Malang. Untuk memberikan reward sebagai upaya memotivasi peserta didik, kami bekerjasama dengan salah satu Bank BUMN terkemuka menyediakan beberapa hadiah yang dapat mereka bawa pulang manakala memperoleh hasil yang maksimal. ” terang Dra. Anny Saida

Halaman SDN Percobaan 1 Malang pada pelaksanaan PPK Kolaboratif ini menyerupai sebuah pasar yang lebgkap dengan aneka jajanan mulai dari jajanan modern hingga jajanan tradisional asli Indonesia yang kini mulai sulit dijumpai. Ada Star cookies with chery, corn cream soup, red soup, peanut chocolate cookies, mini burger egg drop untuk jajanan tradiaional nampak jajanan putu, gatot, tiwul, cenil lupis, klepon, ongol ongol gula merah, kucur, dadar gulung, bledos, sate cenil beberapa jajanan lainnya.

P_20170812_071056

Integritas atau kejujuran didalam kegiatan PPK Kolaboratif yang dilaksanakan oleh jajaran SDN Percobaan 1 Malang ini juga dipraktekkan manakala siswa dan orang tua diwajibkan menaati aturan untuk tidak membeli produk yang dijual dan harus jujur dalam menyajikan pelaporan modal, perolehan penjualan hingga berapa kerugian ataupun keuntungan yang diperoleh sebagai puncak dari kegiatan PPK Kolaboratif SDN Percobaan 1 Malang ini. (fandi harianto)

Kadindik Narasumber Workshop Peningkatan Mutu Pendidik Gugus 8 Kedungkandang

P_20170812_091217

Malang – Ratusan tenaga pendidik yang tergabung dalam Gugus 8 Kedungkandang pada Sabtu, 12 Agustus 2017 mengikuti Workshop peningkatan mutu tenaga pendidik dalam rangka mewujudkan program UKS dan Adiwiyata di gugus 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang di SDN Model kawasan Tlogowaru.

Gelaran kegiatan yang digagas oleh K3S Gugus 8 Kedungkandang yang beranggotakan Suparti, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Model Tlogowaru, Drs. H. Mohammad Rifai SDN Buring, Sumaji, S.Pd SDN Wonokoyo 1, Drs. Isahari, SDN Wonokoyo 2, Hj. Rini Wasitah, S.Pd SDN Tlogowaru 1, Lilik Parawati, M.Pd SDN Tlogowaru 2, Muh. Khosin Alkhusairi, S.PdI SDI Nurul Muttaqien inipun menghadirkan beberapa narasumber tokoh pendidikan di kota Malang.

P_20170812_082945

Salah satu narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. Kehadiran orang nomor satu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pendidikan di Kota Malang itupun didapuk untuk memberikan materi tentang kebijakan umum pendidikan yang telah disusun dan dijalankan oleh OPDvyang dikepalai Zubaidah.

Dalam awal pemberian materinya, Zubaidah mengatakan bahwasannya Gerakan revolusi mental yang dicanangkan presiden Joko Widodo dalam bentuk penguatan pendidikan karakter (PPK) membuat segenap insan pendidikan di kota Malang untuk terus berbenah diri baik dari sisi kompetensi maupun dari sisi sarana prasarana.

” Agar pendidikan berdaya guna, bermanfaat dan berhasil guna diperlukan sebuah perencanaan sehingga dalam proses mendidik untuk menciptakan generasi emas Indonesia dimasa mendatang dapat berjalan dengan baik. Agar hal tersebut dapatbterwujud dengan baik, maka diperlukan sebuah langkah penyusunan program yang pelaksanaannya kemudian perlu dievaluasi. ” tutur Zubaidah dalam pemaparannya.

P_20170812_091206

Lebih lanjut, Zubaidah mengatakan dengan adanya evaluasi yang mebyeluruh baik pada sisi kompetensi diri pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik maupun sarana prasarana penunjang proaes belajar mengajar tersebut insan pendidikan terus berusaha meningkatkan kualitas satuan pendidikan maupun output anak didik, salah satunya melalui workshop seperti yang dilaksanakan oleh Gugus 8 Kecamatan Kedungkandang pada hari ini.

Zubaidah juga mengupas inti dari kinerja Insan pendidikan tidak terlepas dari visi yang diusung oleh Pemerintah Kota Malang yakni pemerataan pendidikan dan kesehatan. Yang kemudian di break down oleh Dinas Pendidikan dengan mengusung semangat mewujudkan insan kota Malang yang cerdas bermartabat, dan mampu bersaing di era global.

” Sasaran pendidikan berkualitas meliputi ketersediaan SDM PTK yang mumpuni dibidangnya, sarana dan prasarana yang memadai, peserta didik dan kurikulum yang jelas, terarah dan berkesinambungan sehingga generasi yang ceria, cerdas, cemerlang dan bermartabat dapat diwujudkan. ” terang Zubaidah dihadapan para peserta workshop peningkatan mutu pendidik Gugus 8 Kedungkandang.

P_20170812_083010

Selain menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM untuk memberikan materi kebijakan umum pendidikan di Kota Malang, kegiatan workshop peningkatan mutu pendidik Gugus 8 Malang inipun juga menghadirkan narasumber lain. Diantaranya Dra. Atimah, M.Pd Kepala Bidang Pembinaan SD, yang menjabarkan kebijakan pendidikan dasar, Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd yang memberikan penjelasan tentang hak dan kewajiban PTK, Drs. Suryadi Irian Widodo, M.Pd Pengawas TK SD Gugus 8 Kecamatan Kedungkandang yang menyajikan materi tentang mutu pembelajaran dan pemateri yang kelima yakni Asep Sunandar M.Pd akademisi UM sekaligus ketua komite SDN Model tentang profesionalisme guru.

P_20170812_083928

Sementara itu Ketua Pelaksana Workshop yang juga merupakan Kepala SDN Tlogowaru 1 Malang Hj. Rini Wasitah, S.Pd SDN mengatakan bahwasannya kegiatan yang diselenggarakan ini tidak lain dalam rangka usaha untuk meningkatkan mutu kerja pendidik se Gugus 8 Kedungkandang, memverikan pemahaman tentang program kerja mewujudkan sekolah berwawasan Adiwiyata dan menggali inspirasi guna menciptakan Usaha Kesehatan Sekolah agar tercipta peserta didik yang sehat. (fandi harianto)

SDN Bunulrejo 4 Malang Pacu Potensi Siswa Lewat Perjusa

IMG-20170812-WA0050

Malang – Kegiatan demi kegiatan terus digiatkan oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang yang berada dikawasan jalan Warinoi No. 20 inipun guna memacu potensi siswanya baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Salah satunya melalui kegiatan Perkemahan Jum’at dan Sabtu (Perjusa) yang digelar pada Jum’at 11 Agustus 2017 hingga Sabtu, 12 Agustus 2017.

Kegiatan rutin yang digelar satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Helina Tusa Adiyah, M.Pd selain sebagai wadah menggali potensi serta meningkatkan kompetensi anak didik SDN Bunulrejo inipun juga dilaksanakan sebagai wujud memperingati hari Pramuka yang ke 56 tahun.

Upacara pembukaan gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang yang diikuti oleh 98 terdiri atas 51 siswa kelas lima dan 47 siswa kelas enam itupun berlangsung khidmat dan tertib.

” Melalui kegiatan Perkemahan Jum’at dan sabtu ini unsur Penguatan Pendidikan Karakter secara tidak langsung telah dilakukan oleh peserta didik. Contohnya unsur gotong royong melalui kegiatan pionering (mendirikan bendera regu), pelaksanaan sholat implementasi dari unsur religius, serta kegiatan lainnya yang secara sadar maupun tidak disadari secara langsung telah melaksanakan PPK ” tutur Kepala SDN Bunulrejo 4 Malang Helina Tusa Adiyah, M.Pd.

Lebih lanjut wanita berhijab yangvakrab disapa Lina itupun menuturkan kegiatan Perjusa yang dilaksanakan di SDN Bunulrejo 4 Malang inipun ditutup dengan kegiatan penjelajahan yang diikuti oleh siswa kelas tiga dan siswa kelas empat sebagai bentuk kegiatan membangun kemandirian siswa.

IMG-20170812-WA0052

Sementara itu Ketua Pelaksana Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang Sutrisno, S.Pd yang kesehariannya merupakan guru kelas empat mengatakan bahwasannya kegiatan Perjusa 2017 SDN Bunulrejo 4 Malang inipun juga dibantu oleh peserta magang administrasi mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Seperti tidak hanya ingin melaksanakan kegiatan dan menjalankan program kerja semata, gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang ini benar – benar digunakan sebagai ajang untuk lebih mengasah kompetensi anak didiknya baik dalam bidang kepramukaan, kecakapan akademis maupun non akademis juga melatih kemandirian, menumbuhkembangkan sikap gotong royong, nasionalisme, integritas terlebih memupuk jiwa religius peserta Perjusa.

Hal tersebut nampak dari susunan acara yang telah dirancang oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang dengan dibantu oleh mahasiswa magang asal UM gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang inipun sarat akan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter yang terintegrasi pada lima hari sekolah yang telah dilaksanakan oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang.

Beberapa kegiatan yang dilangsungkan pada Perjusa tahun 2017 oleh Gugus Depan 03291 – 03292 Pangkalan SDN Bunulrejo 4 Malang ini diantaranya lomba yel yel yang mengeksplorasi kreatifitas siswa, lomba hafalan doa – doa pendek yang secara tidak langsung menanamkan nilai – nilai luhur sisi religius peserta Perjusa.

Sebagai bentuk melestarikan budaya asli Indonesia dan membangun jiwa nasionalisme anak didiknya gelaran aksi unjuk kreasi yang di isi dengan tarian tradisional serta permainan khas Indonesia turut mewarnai kegiatan Perjuasa SDN Bunulrejo 4 Malang. Bahkan tidak hanya siswa saja yang melakukan aksi kreasi, namun jajaran pendidik SDN Bunukrejo 4 Malang turut menyumbangkan aksi kreasinya.

IMG-20170812-WA0051

” Kami sangat berterima kasih pada orang tua siswa SDN Bunulrejo 4 Malang yang sangat mendukung dan selalu bersedia bahu membahu mensukseskan setiap program kerja yang telah kami rancang seperti halnya Perjusa kali ini. Tanpa adanya dukungan orangtua dalam bentuk pemberian ijin agar buah hati mereka mengikuti kegiatan ini, maka tidak akan terlaksana dengan baik.” tutup Helina Tusa Adiyah, M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 4 Malang. (fandi harianto)