Get Adobe Flash player
KALENDER
September 2017
M T W T F S S
« Aug   Oct »
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
AFILIANSI


Archive for September 4th, 2017

SDIT Ahmad Yani Bentuk Dewan Penyantun Wadahi Partisipasi Orangtua Siswa

IMG-20170902-WA0155

Malang – Besarnya animo orangtua siswa SD Islam Terpadu (SDIT) Ahmad Yani untuk turut serta mengembangkan dan juga memajukan satuan lembaga pendidikan yang didirikan pada tahun 2008 lalu itupun langsung direspon oleh Mutini, S.Pd selaku Kepala Sekolah yang berada dikawasan jalan Kahuripan No. 12 Malang dengan membentuk Dewan Penyantun.

IMG-20170902-WA0150

” Pembentukan Dewan Penyantun yang akan kami release pada akhir September ini tidak begitu saja keluar. Namun melalui berbagai tahapan dan juga beberapa rangkaian kegiatan. Kami melihat animo orangtua siswa untuk berpartisipasi sangatlah luar biasa. Sehingga kami berkeinginan untuk melakukan penghimpunan secara terstruktur dan termanage dengan baik. ” tutur Mutini, S.Pd Kepala SDIT Ahmad Yani.

Screenshot_20170904-141152_1

Lebih lanjut wanita tegas namun bersahaja itupun menambahkan besarnya animo orangtua siswa dapat terlihat dari keterlibatan dan partisipasi mereka dalam beberapa kegiatan yang dilaksanakan SDIT Ahmad Yani seperti peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72, manasik haji dan hari Raya Idhul Adha.

P_20170902_084152

Besarnya partisipasi orangtua siswa diluar kewajiban administrasi setiap bulan ini diharapkan mampu mengembangkan SDIT Ahmad Yani baik secara fisik maupun non fisik, utamanya bagi kesejahteraan jajaran tenaga pendidik dan non kependidikan.

Dewan Penyantun SDIT Ahmad Yani inisiatif Mutini, S.Pd ini tidak bersifat mengikat dan wajib. Artinya siapa saja orangtua siswa yang memiliki kelebihan rejeki dan ingin berbagi dipersilahkan. Dan itupun nanti akan kembali dinikmati oleh buah hati mereka.

IMG-20170902-WA0154

Satuan lembaga pendidikan yang tidak hanya fokus pada tingginya nilai akademis namun juga concern pada pembentukan siswa soleh soleha inipun sangat berterima kasih atas besarnya animo orangtua siswa untuk berpartisipasi. Seperti yang nampak terlihat pada gelaran Idhul Adha 1438 H / 2017 M ini, SDIT Ahmad Yani mendapatkan amanah dari orang tua siswa tiga ekor sapi yang salah satunya merupakan sapi limosin dan sembilan ekor kambing.

IMG-20170902-WA0131

” Hewan qurban yang diamanahkan orangtua siswa kepada kami, selanjutnya kami distribusikan kepada siswa, lembaga YDSF, Koramil, BMT, SDN Kiduldalem 1, SDN Kiduldalem 2, SD Islam Aswaja, warga sekitar, pedagang pasar bunga, tukang becak dan pemulung disekitar SDIT Ahmad Yani. ” Jelas Mutini, S.Pd. (fandi harianto)

SDN Buring Tiada Henti Ajak Masyarakat Bersinergi

P_20170902_094910

Malang – Jajaran SDN Buring yang berada di kawasan jalan Mayjend Sungkono No. 1 terus berupaya meningkatkan jalinan komunikasi antara pihak sekolah yang kini dikepalai oleh Drs. H. Moh. Rifai, M.Pd dengan warga sekitar. Wilayah Buring yang luas dan padatnya penduduk namun hanya ada satu lembaga pendidikan jenjang SD berstatus negeri mau tidak mau membawa konsekuensi tersendiri, khususnya jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB)

Usai mengajak seluruh elemen masyarakat yang ada diwilayah Buring pada gelaran jalan sehat dalam rangka memperingati sekaligus merayakan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72, kembali Drs. H. Moh. Rifai, M.Pd mengajak elemen masyarakat Buring bersinergi. Kali ini melalui momentum peringatan Hari Raya Idhul Adha 1438 H / 2017 M, jajaran SDN Buring bersama ratusan siswanya melaksanakan penyembelihan hewan qurban berupa delapan ekor kambing.

Prosesi penyembelihan hewan qurban yang diawali dengan gelaran manasik haji inipun selain diikuti oleh ratusan siswa SDN Buring juga dihadiri.pula oleh orangtua siswa, tokoh masyarakat dan juga unsur lainnya se wilayah kelurahan Buring.

IMG-20170902-WA0030

” Selain mengajarkan karakter jiwa sosial, religius dengan berbagi pada sesama, momentum ini juga kami manfaatkan sebagai media memperkuat jalinan komunikasi dengan segenap unsur masyarakat yang ada di Buring ” terang Kepala SDN Buring Drs. H. Moh. Rifai.

IMG-20170902-WA0032

Selain dibagikan pada siswa – siswi SDN Buring, daging qurban juga didistribusikan pula kepada warga masyarakat dan pondok pesantren yang membutuhkan. Dengan bersinergi secara intens, diharapkan komunikasi dan juga hubungan yang harmonis dapat terjalin dengan baik, yang pada akhirnya dapat mencegah timbulnya permasalahan – permasalahan yang dapat mengganggu stabilitas ataupun situasi kondisi pembelajaran di SDN Buring. (fandi harianto)

Indahnya Keberagaman Beragama di SD My Little Island

P_20170904_095659

Malang – Isu perbedaan agama yang menjadi salah satu hal sensitif dan mudah mengundang kesalah pahaman menjadi perhatian tersendiri bagi jajaran SD My Little Island yang kini dikepalai oleh Rurik Herawati, M.Pd. Hal itulah yang kemudian mendasari satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Lembah Dieng No. 7 menggelar berbagai rangkaian kegiatan peringatan Hari Raya Idhul Adha 1438 H / 2017 M pada Senin , 4 September 2017.

Dengan mengangkat tema Keberagaman beragama di indonesia yang damai, jajaran SD My Little Island selain mengadakan penyembelihan hewan qurban sebanyak 12 ekor kambing dan satu ekor sapi yang kemudian disalurkan tidak hanya pada warga sekitar saja tetapi juga dibagikan kepada SD sekitar seperti SDN Pisangcandi 1 dan SDN Pisangcandi 3 Malang.

P_20170904_095648_1

” Sebagai bentuk nyata kepedulian kami terhadap keberagaman beragama yang dipeluk oleh 200 siswa kami, selain mengadakan penyembelihan hewan qurban, kami hari ini juga mengadakan kegiatan bagi siswa kami yang beragama kristen dan katolik dalam bentuk seminar dan kegiatan outing class bagi delapan siswa kami yang beragama Budha ” terang Kepala SD My Little Island Rurik Herawati, M.Pd.

P_20170904_102047

Gelaran kegiatan yang dilangsungkan oleh jajaran SD My Little Island inipun dihadiri pula oleh Sekretaris Kecamatan Sukun I Ketut Widi E. S ., S.Sos, MM, Sekretaris Lurah Pisangcandi MZ. Samsul Hadi, Lurah Mulyorejo yang juga merupakan mantan Kepala UPT Dinas Pendidikan Sukun Syahrial Hamid, S.Sos., Kepala seksi PAUD Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Dinas Pendidikan Kota Malang Ifa Rosida, SE serta perwakilan orangtua siswa SD My Little Island.

P_20170904_100544

” Kegiatan yang rutin kami selenggarakan ini merupakan sebuah proses untuk mengajarkan budaya berbagi, dan bertoleransi mengingat selain memiliki keberagaman agama siswa SD My Little Island juga memiliki keberagaman kewarganegaraan seperti India, Korea, dan Thailand. Meski kami menggunakan kurikulum internasional kamj juga menjalankan kurikulum nasional agar rasa kebangsaan dan jiwa nasionalisme siswa tetap terjaga. ” ketua Yayasan Kasih Bunda Agus Eko Dono.

P_20170904_102057

Kegiatan peringatan Idhul Adha SD My Little Island inipun di isi pula dengan tausiyah yang disampaikan oleh Gus Zein ulama asal Bululawang dengan tema rasa syukur dan wajibnya berqurban. Dalam tausiyahnya Gus Zein yang juga merupakan walimurid SD My Little Island berulangkali mengajak siswa siswi sekolah internasional ini untuk membaca surat yang termaktub dalam Al Qur an bersama sama. (fandi harianto)

K3S Lowokwaru Gelar Bimtek PMP

P_20170904_082548

Malang – Beragamnya kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan demi mewujudkan pemerataan pendidikan yang transparan, akuntable, dan tepat sasaran dibutuhkan adanya penyajian informasi data yang faktual serta akurat. Hal itulah yang mendasari Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lowokwaru menggelar Sosialisasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) Tahun 2017 bagi kepala sekolah dan operator SD se – Kecamatan Lowokwaru pada Senin, 4 September 2017 di SDN Percobaan 1 Malang.

P_20170904_082826

” Sosialisasi ini menindaklanjuti atas di keluarkannya aplikasi PMP terbaru oleh kemdikbud. Kami berharap Bapak Ibu Kepala Sekolah se Kecamatan Lowokwaru tidak merasa terbebani dengan berbagai kebijakan maupun permintaan data baik oleh Dinas Pendidikan, Kemdikbud melalui aplikasi Dapodik, PMP, LI dan aplikasi lainnya. Marilah kita ikuti dan jalani itu semua sesuai dengan proporsi. Sebab inilah bagian dari tugas serta tanggung jawab kita sebagai pelayan masyarakat di bidang pendidikan.” tutur Ketua K3S Kecamatan Lowokwaru, Drs. Edy Rianto, M.Pd saat memberikan sambutannya.

P_20170904_084147

Sementara itu, Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Malang wilayah Kecamatan Lowokwaru, Dra. Indah Warniati, menghaturkan terima kasih atas kehadiran serta waktu yang disediakan oleh bapak ibu kepala sekolah yang telah menyempatkan diri untuk menghadiri serta mengikuti kegiatan ini ditengah kesibukan dan banyaknya pekerjaan yang harus di tunaikan.

P_20170904_082646 P_20170904_082646

” Entrylah data sesuai fakta di sekolah, karena berdasarkan data yang dientry inilah nantinya menjadi acuan para pemangku kebijakan untuk melakukan penyusunan program kerja, anggaran dan pemberian bantuan. Jika belum memiliki perpustakaan, toilet belum memenuhi persyaratan dan kurang representatif jangan malu untuk dimasukkan ” himbau Dra. Indah Warniati, pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Lowokwaru.

Sebagai antisipasi usai ditiadakannya Unit Pelaksana Teknis (UPT) Dinas Pendidikan Kota Malang, K3S Lowokwaru berinisiatif membentuk UPT Mini agar proses komunikasi, koordinasi dan juga pengumpulan data dapat dilakukan secara cepat, tepat dan faktual.

Aplikasi Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) yang tidak lepas dari Evaluasi Diri Sekolah (SDS) ini, dalam penyajian data serta penyampaian informasi haruslah melibatkan kepala sekolah, perwakilan guru pada tiap jenjang, guru mata pelajaran PJOK serta guru Pendidikan Agama Islam yang notabene mengetahui secara pasti keadaan sekolah, keadaan kelas dan keadaan siswa yang secara otomatif paham pula kebutuhan apa saja yang belum terpenuhi dan kebutuhan yangvtelah terpenuhi.

Dari informasi yang disampaikan baik oleh Kepala Sekolah, Guru Kelas maupun Guru Mata Pelajaran Operator sekolah kemudian bertugas membantu memasukkan data berdasar informasi yang ada pada aplikasi yang disediakan dan mengirimnya.

P_20170904_085017

Pengumpulan data dan informasi pada aplikasi PMP inipun dilaksanakan selama Juni sampai September melalui EDS dengan instrumen – instrumen yang dikembangkan oleh pemerintah pusat. Kegiatan sosialisasi yang diselenggarakan oleh K3S Lowokwaru ini, selain dihadiri oleh Dra. Indah Warniati, turut hadir pula Dra. Wahyuni Ismiati, M.Pd yang didaulat menjadi narasumber untuk memberikan bimbingan pada operator di 65 SD Negeri maupun Swasta se Kecamatan Lowokwaru (fandi harianto)