Get Adobe Flash player
KALENDER
September 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
AFILIANSI


Archive for September 11th, 2017

Sekolah Tepi SDN Tlogowaru 2 Malang Jalankan LHS

IMG-20170907-WA0035

Malang – Walau termasuk dalam daftar salah satu sekolah yang berada ditepi kota Malang , jajaran SDN Tlogowaru 2 Malang yang berada dikawasan jalan Jabal Nur No. 26 bersemangat menjalankan kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) dalam hal Lima Hari Kerja (LHS) yang terintegrasi dengan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK)

IMG-20170907-WA0036_1

Satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Lilik Parawati, M.Pd itupun telah mengimplementasikan LHS sejak bulan Februari 2017 lalu. Kebijakan yang diambil Lilik Parawati, M.Pd beserta jajarannya untuk menerapkan LHS di SDN Tlogowaru 2 Malang inipun terlebih dahulu diawali dengan perancangan dan penyusunan program kerja yang nantinya akan dipresentasikan serta disosialisasikan dihadapan 89 orangtua siswa, agar tercapai kesepakatan dan juga menghindari salah persepsi mengenai LHS.

P_20170907_095642

” Kami bersyukur bahwasannya apa yang kami programkan untuk melaksanakan LHS ini mendapat dukungan penuh dari para orang tua siswa. Untuk mensukseskan pelaksanaan LHS di SDN Tlogowaru 2 Malang inipun kami telah menjalin kerjasama dengan pihak Pondok Pesantren Nurul Mutaqin agar dapat kiranya siswa kami diijinkan untuk mengikuti sholat Jum’at di masjid Nurul Mutaqin. ” jelas Kepala SDN Tlogowaru 2 Malang Lilik Parawati, M.Pd.

IMG-20170908-WA0034

Berbagai program kerja telah disusun rapi dan terjadwal dengan baik oleh jajaran SDN Tlogowaru 2 Malang dalam menyongsong pelaksanaan LHS. Sebagai bentuk implementasi PPK pilar religius, siswa siswi diajak sholat Dhuhur berjamaah setiap harinya meski itu dilakukan di ruang kelas serta di teras kelas, mengingat SDN Tlogowaru 2 Malang belum memiliki sarana peribadatan yang representatif.

P_20170907_100412

Kegiatan literasi pun terus digalakkan jajaran SDN Tlogowaru 2 Malang sebagai upaya menumbuhkembangkan kecintaan membaca buku sebagai jendela ilmu. Setiap hari, secara bergiliran siswa siswi SDN Tlogowaru 2 Malang dengan didampingi tenaga pendidik dan pustakawan selama 15 menit diajak ke perpustakaan sekolah untuk membaca buku.

IMG-20170908-WA0026

Eksplorasi potensi siswa tetap konsisten dilakukan oleh Lilik Parawati, M.Pd bersama jajarannya melalui pembinaan ekstrakurikuler hadrah, tartil Al qur’an, seni tari, bahasa inggris, komputer dan pramuka. Berbekal tekad dan motto Kerja cerdas, kerja keras, kerja ikhlas satu persatu kekurangan yang ada di SDN Tlogowaru 2 Malang perlahan namun pasti dapat terpenuhi.

IMG-20170908-WA0030

Jika pada Mei 2013 SDN Tlogowaru 2 Malang belum memiliki jaringan PDAM, dengan tekad dan upaya jajarannya, Lilik Parawati, M.Pd berhasil memasang jaringan PDAM demi tersedianya air bersih untuk kesehatan siswanya pada Agustus 2013. Dan pada Maret 2017, SDN Tlogowaru 2 Malang kini juga memiliki saluran telepon sekaligus jaringan internet guna memperlancar proaes pembelajaran maupun penunaian tugas yang ada berdasarkan kebijakan yang dikeluarkan oleh pemangku kepentingan. (fandi harianto)

Songsong Adiwiyata Mandiri SDN Percobaan 1 Malang Intens Bina Sekolah Imbas

P_20170911_103012

Malang – Songsong Adiwiyata Mandiri SDN Percobaan 1 Malang intens bina sekolah imbas sebagai salah satu syarat lolos tidaknya satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Dra. Anny Saidah ditetapkan sebagai salah satu sekolah berwawasan lingkungan. Pembinaan 10 sekolah imbas merupakan konsekuensi yang harus dilaksanakan oleh jajaran tim Adiwiyata Sekolah yang berada dikawasan jalan Magelang No. 4 usai ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Berbagai upaya dilakukan guna memaksimalkan peraihan point penilaian yang salah satunya dilihat dari indikator kesuksesan SDN Percobaan 1 Malang dalam mengimbaskan program peduli lingkungannya pada 10 sekolah imbas. Pertemuan demi pertemuan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada lingkungan acapkali dilaksanakan untuk membentuk satu kesatuan visi dan misi dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata.

Seperti yang nampak pada Senin, 11 September 2017 di Aula SDN Percobaan 1 Malang, 10 sekolah imbas yang terdiri dari SDN Sumbersari 1, SDN Tasikmadu 1, SDN Tasikmadu 2, SDN Tunjungsekar 3, SDN Tunjungsekar 4, SDN Tunjungsekar 5, SDN Tlogomas 1, SDN Tlogomas 2, SDN Dinoyo 1 dan SDN Dinoyo 4 menggelar pertemuan bersama guna memantapkan program kerja adiwiyata yang disesuaikan dengan situasi, kondisi serta potensi yang ada di 10 sekolah imbas.

Pertemuan inipun selain dihadiri oleh Kepala Sekolah imbas juga turut dihadiri pula oleh koordinator Adiwiyata di masing – masing sekolah imbas untuk sharing dan berbagi dengan koordinator Adiwiyata SDN Percobaan 1 Malang. Beberapa hal yang dibicarakan berkaitan dengan 9 isue Adiwiyata yakni meliputi masalah sampah, energi, polusi udara, air dan limbah cair, tanah, kontaminasi kimia, tanaman, resiko dan keindahan.

” Untuk meraih predikat sekolah Adiwiyata Mandiri, ada beberapa elemen yang harus disusun serta dijalankan oleh SDN Percobaan 1 Malang sebagai indikator penilaian tim juri. Kami selalu melibatkan partisipasi aktif peserta didik, orang tua didik hingga pihak pihak lain yang berkompeten dengan dunia pendidikan dan penciptaan generasi peduli lingkungan. Selain itu ketersediaan sarana prasarana ramah lingkungan, penyusunan dan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, serta dukungan dan dokumen hasil kegiatan pengimbasan pada 10 sekolah imbas SDN Percobaan 1 Malang menjadi point penting dalam penentuan kelayakan sebagai sekolah adiwiyata mandiri ” terang Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah.

P_20170911_103025

Pada pertemuan kali ini, masing – masing sekolah imbas Adiwiyata SDN Percobaan 1 Malang menginventarisir kelemahan dan juga kekuatan yang dimiliki oleh sekolah imbas untuk kemudian disusun formulasi kebijakan yang mendukung terwujudnya program Adiwiyata. Dengan mengetahui kelemahan dan juga kekuatan yang ada diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang ada guna mewujudkan generasi yang peduli lingkungan serta sekolah berwawasan Adiwiyata. (fandi harianto)

Apresiasi Kreatifitas SDN Kebonsari 2 Malang Gelar Adiwiyata Award

IMG-20170911-WA0029

Malang – Jelang penilaian Adiwiyata tingkat Propinsi tahun 2017 Jajaran SDN Kebonsari 2 Malang gelar Adiwiyata Award dilingkup internal satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan S. Supriyadi No. 7. Gelaran Adiwiyata Award ala SDN Kebonsari 2 Malang yang kini dikepalai oleh Rachmat Suliadi, S.Pd., M.Pd dikemas dalam berbagai kegiatan lomba.

” Sebagai bentuk menanamkan karakter integritas, kemandirian dan kewirausahaan pada peserta didik, kami membagi lomba dalam dua kategori yakni kategori kelas rendah dan kategori kelas tinggi. Sebab antara kelas rendah dan kelas tinggi ada beberapa perbedaan utamanya kelas satu yang saat ini memasuki masa penyesuaian. ” terang Kepala SDN Kebonsari 2 Malang Rachmat Suliadi, S.Pd., M.Pd.

P_20170911_084058

Lebih lanjut pria berkacamata yang menahkodai SDN Kebonsari 2 Malang sejak tahun 2013 silam itu menuturkan kegiatan ini 100 persen melibatkan partisipasi siswa dan orangtua siswa sebagai bentuk penanaman karakter gotong royong. Selain itu juga sebagai sarana mempersiapkan diri menghadapi penilaian sekolah Adiwiyata Tahun 2017 tingkat Propinsi Jawa Timur.

P_20170911_083934

Adiwiyata Award ala SDN Kebonsari 2 Malang inipun dilangsungkan mulai tanggal 22 hingga 26 Agustus 2017 yang melibatkan dewan pendidik SDN Kebonsari 2 Malang yang bukan merupakan guru kelas agar penilaian dapat berjalan sportif dan berintegritas sebagai dewan juri yang menilai 17 kelas sebagai kontestan dalam berbagai kategori.

P_20170911_085635

Usai prosesi penilaian dilaksanakan, jajaran SDN Kebonsari 2 Malang mengundang perwakilan orangtua siswa pada Senin, 11 September 2017 untuk menerima hasil pengumuman lomba yang telah dilaksanakan. Sebelumnya undangan disuguhi dengan kreatifitas paduan suara kela IV-B dan juga pemaparan hasil kreatifitas siswa berupa Arbonero herbal drink seperti kunir asem, beras kencur, binahong yang diolah dari toga yang dibudidayakan SDN Kebonsari 2 Malang.

Jajaran SDN Kebonsari 2 Malang tidak hanya mengajarkan serta menanamkan karakter cinta peduli lingkungan semata, namun juga memberikan pelajaran bagaimana mengelola dan memanfaatkan lingkungan sekitar melalui budidaya telur asin, keripik kul banda, kripik binahong, cincau, dan budidaya lele yang memanfaatkan limbah air wudhu 575 peserta didiknya.

IMG-20170911-WA0031

Selain dihadiri perwakilan orangtua siswa yang tergabung dalam paguyuban, kegiatan pengumuman hasil lomba Adiwiyata Ala SDN Kebonsari 2 Malang inipun dihadiri pula oleh Ketua Komite Sekolah Lasmidi bersama jajarannya.

Dari hasil penilaian yang telah dilakukan oleh tim penilai, maka ditetapkanlah kelas IB sebagai The Best Education Park, kelas II C dinobatkan sebagai The Most Creative Class, kelas IIA meraih predikat The Most Inovative Class. Untuk kategori The Most Creative Wall Magazine diraih oleh kelas IIIA, kategori The Healthy Garden sukses diraih oleh kelas IIIC dan kategori The Best Parental Participation diraih oleh kelas IIIB.

P_20170911_085935

Sedangkan predikat The Most Impresive Class diraih oleh kelas IV B. Untuk predikat The Most Inovative Garden disematkan pada kelas VB, predikat The Most Artistic Garden oleh kelas VC dan untuk predikat The Greatest Classroom Decor diraih oleh kelas VI A. Dan untuk kategori Inspiration Class disematkan pada kelas VI C.

Sebagai komitment pemerataan penilaian berdasarkan kompetensi dan jenjang usia, maka diputuskanlah juara 1 kategori kelas rendah yang diraih oleh kelas IC, juara 2 diraih oleh kelas IIB dan juara tiga diraih oleh kelas IA.

Sedangkan untuk juara 1 kategori kelas tinggi diraih oleh kelas IV A, juara 2 diraih oleh kelas V A, dan juara 3 diraih oleh kelas VI B. (fandi harianto)