Get Adobe Flash player
KALENDER
November 2017
M T W T F S S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
AFILIANSI


Archive for November 14th, 2017

Malang Tempo Doeloe Hadir Di SDN Cemorokandang 2 Sambut GSF

IMG-20171114-WA0087

Malang – Meski harus menunggu lama dan baru dikunjungi tim juri visitasi Green School Festival (GSF) pada pukul 13.00 namun tidak menyurutkan semangat jajaran SDN Cemorokandang 2 Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Sulistyaningtyas, MM untuk sambut gelaran ajang rutin tahunan yang digelar oleh Dinas Pendidikan Kota Malang bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang. Nuansa Malang Tempo Doeloe (MTD) begitu terasa kental di satuan lembaga pendidikan yang berada di jalan Raya Cemorokandang No. 75 saat sambut kehadiran tim juri GSF.

IMG-20171114-WA0068

Kearifan lokal budaya Malangan sangat ditonjolkan jajaran SDN Cemorokandang 2 Malang dalam menyambut tim juri visitasi GSF 2017. Diawali dengan pengalungan ornamen berbahan gelas daur ulang, tim juri disambut tetabuhan musik patrol dari kentongan, jerigen belas minyak, botol bekas air mineral dan beberapa alat musik lainnya dengan mengenakan kaos oblong warna putih sperti layaknya anak jaman dulu sedang bermain.

IMG-20171114-WA0064

Selanjutnya tim juri disuguhi atraksi kreasi yanyian yel – yel GSF dengan mengenakan kebaya sederhana mengingatkan akan nuansa MTD. Sepanjang koridor kelas dipajang aneka kreasi hasil kerajinan peserta didik SDN Cemorokandang 2 Malang berbahan dasar daur ulang beraneka ragam corak dan bentuk.

IMG-20171114-WA0065

” Kami ingin menghadirkan nuansa MTD yang tanpa ada beban. Anak bermain dengan lepas dan ini memang menjadi tujuan kami untuk mewujudkan sekolah ramah anak yang semaksimal mungkin menciptakan suasana yang aman dan nyaman bagi mereka. ” tutur Kepala SDN Cemorokandang 2 Malang Dra. Sulistyaningtyas, MM (fandi harianto)

Juri GSF Disuguhi SDN Buring Ragam Makanan Berbahan Sukun

P_20171114_074337

Malang – Pohon Sukun yang tumbuh subur di areal SDN Buring Malang kawasan jalan Mayjend Sungkono No. 1 dimanfaatkan jajaran satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Drs. H. Moh. Rifai, M.Pd dengan mengolahnya menjadi aneka ragam makanan berbahan buah sukun.

IMG-20171114-WA0019

Seakan menjadi moment yang tepat, bersamaan dengan musim buah sukun SDN Buring mendapatkan jadwal kunjungan tim juri visitasi GSF pada Selasa 14 Nopember 2017. Moment inipun tidak disia – siakan Drs. H. Moh. Rifai, M.Pd beserta jajarannya untuk pamer produk unggulan mereka berupa aneka ragam makanan berbahan sukun. Tiga orang anggota tim juri yang terdiri atas Indri Wigaryati, S.Pd., M.Pd., Syamsul Arifin, M.Pd., dan M. Fahrul Ulum disuguhi kripik sukun, getuk sukun, sambel goreng sukun, dan sukun goreng.

Sebelumnya tim juri disuguhi nyanyian yel yel GSF yang diiringi pula dengan gerakan rancak anak didik SDN Buring dihalaman sekolah sebagai ucapan selamat datang sekaligus penyambutan tim juri.

P_20171114_074019

” GSF ini kami melibatkan pula orangtua peserta didik yang sangat antusias dalam berpartisipasi mensukseskan kegiatan ini. Beberapa partisipasi orangtua siswa yang diberikan dalam menyambut GSF tahun ini diantaranya menambah koleksi tanaman, kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah dan beberapa hal lainnya ” jelas Kepala SDN Buring Drs. H. Moh. Rifai, M.Pd.

P_20171114_074148

Seperti disekolah – sekolah lainnya, tim juri GSF di SDN Buring pun berbagi tugas. Syamsul Arifin, M.Pd memeriksa dokumen pendukung gerakan penumbuhkembangan peduli lingkungan, Indri Wigaryati, S.Pd., M.Pd
berkeliling melihat identifikasi masalah sekaligus potensi yang ada di SDN Buring yang terkemas dalam sembilan isue. Sedangkan M.Fahrul Ulum juga berkeliling di lingkungan SDN Buring melihat dari dekat gerakan peduli lingkungan yang dijalankan oleh keluarga besar SDN Buring.

P_20171114_074217

Moment visitasi penjurian GSF di SDN Buring inipun juga dimanfaatkan untuk menunjukkan potensi dan kreatifitas anak didiknya dalam membuat ketrampilan dari bahan daur ulang beraneka ragam bentuk dan bahan baik plastik, kayu hingga berbahan kain. (fandi harianto)

Juri GSF Disambut Barongsai SDN Klojen

P_20171114_070746

Malang – Mungkin SDN Klojen satu – satunya peserta Lomba GSF (Green School Festival yang melakukan penyambutan tim juri visitasi lomba kepedulian lingkungan sekolah dengan barongsai. Kehadiran Tim Juri Visitasi GSF yang terdiri atas Hani Sustanti Tri Rahayu, S.Sn., M.Pd, Anny Yulistyowati, S.Pd., MM dan Dewi Putri Ayu Permatasari pada Selasa 14 Nopember 2017 disekolah yang kini dikepalai oleh Drs. Samsul Ma’arif itupun disambut meriah dengan sajian atraksi Barongsai. Dua Barongsai berwarna kuning dan merah menyala menyambut kehadiran tim juri didepan gerbang sekolah yang berada dikawasan jalan Patimura No. 1.

P_20171114_071222

Selain disambut dengan gerakan barongsai yang memukau, tim juri disuguhi pula dengan aksi kreasi ekstrakurikuler pencak silat binaan SDN Klojen. Tidak hanya siswa semata, namun siswi pun turut unjuk kebolehannya memperagakan jurus jurus silat yang telah mereka pelajari.

P_20171114_071555

Usai disambut dengan lenggokan barongsai dan peragaan jurus silat, tim juri visitasi GSF di SDN Klojen diperlihatkan hasil kreasi dan kreatifitas dalam bentuk yel yel berupa lagu diiringi gerak sederhana namun sangat atraktif.

” Dalam menghadapi gelaran GSF 2017 ini kami telah melakukan sosialisasi pada orangtua dan mendapatkan reaksi yang luar biasa berupa partisipasi baik moril maupun materil. Selain itu dalam mempersiapkan diri hadapi GSF, SDN Klojen membentuk panitia kecil yang memiliki tugas dan tanggung jawab berbeda satu sama lainnya, terutama menyangkut sembilan isu GSF. Segala hal kami serahkan dan percayakan sepenuhnya pada koordinator GSF, namun tetap tidak lepas diawasi, di evaluasi dan dimotivasi ” tutur Kepala SDN Klojen Drs. Samsul Ma’arif , MM.

Dengan mengenakan rompi berbahan karung bekas beras puluhan siswa siswi SDN Klojen mempersilahkan tim juri memasuki sebuah ruangan yang telah disediakan guna memaparkan program kerja menuju sekolah sehat dan berbudaya lingkungan.

P_20171114_072023

Dalam penjelasannya duta GSF SDN Klojen Hazwan Arya Ibiansyah siswa kelas 5-A dan Aurellia Natasya Salsabila siswi kelas 4-B dihadapan tim juri, menuturkan bahwasannya apa yang dilakukan di SDN Klojen tidak terlepas dari serangkaian kegiatan dan proses yang dijalani. Seperti mengikuti workshop GSF, menyusun visi, misi dan tujuan sekolah didasarkan atas 9 isue. Kemudian mengidentifikasi permasalahan sekaligus potensi yang terdapat di SDN Klojen.

P_20171114_071755

Keseluruhan kegiatan dan juga persiapan jelang GSF yang dilaksanakan oleh jajaran SDN Klojen tidak terlepas dari kerja bersama antara pihak pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik maupun orangtua didik. (fandi harianto)

SDIT Ahmad Yani Ajak Siswanya Cintai NKRI Hadirkan Veteran

IMG-20171113-WA0069

Malang – Nuansa heroik nampak terlihat dihalaman SDIT Ahmad Yani Kawasan Jalan Kahuripan No. 12. Ratusan siswa sekolah jenjang SD yang kini dikepalai oleh Mutini, S.Pd itu menggelar upacara peringatan Hari Pahlawan pada Senin 13 Nopember 2017. Selain mewujudkan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif dan berakhlak mulia, sesuai dengan brandingnya sebagai sekolah berkarakter jajaran SDIT Ahmad Yani juga ingin mencetak generasi emas yang dimasa kelak menggantikan generasi saat ini untuk cinta terhadap NKRI.

Pada gelaran upacara peringatan hari pahlawan pada tahun 2017 ini pihak SDIT Ahmad Yani menghadirkan tiga orang veteran pelaku sejarah memperjuangkan kemerdekaan negeri ini dari cengkraman penjajah. Tiga veteran tersebut diantaranya Hj. Muzdalifah yang kini berusia 91 tahun yang merupakan veteran pejuang tahun 1945. Veteran kedua yakni bapak Sudanus yang ikut serta dalam proses mengembangkan propinsi Timor Timor di era tahun 1970 an.

Dalam amanat saat didapuk menjadi pembina upacara, Mutini S.Pd berharap anak didiknya terus menumbuhkembangkan jiwa nasionalismenya dan meneladani sikap patriotisme para pahlawan yang rela berkorban, gigih dalam meraih tujuan, bekerjasama satu sama lain dan bersatu padu agar tidak mudah dicerai berai oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

IMG-20171113-WA0054

” Kemerdekaan diraih dengan jalan yang amat sulit. Mengorbankan banyak hal, tidak hanya tenaga, waktu semata namun juga jiwa raga banyak dikorbankan. Untuk itu marilah pertahankan kemerdekaan ini dengan bersatu padu. Dengan mengenyam kemerdekaan seperti saat ini anak anak ku dapat menikmati pendidikan, dapat bebas kemana saja, berbuat apa saja asal sesuai dengan aturan yang ada. Apa yang kita nikmati saat ini tidak lepas dari jasa jasa para pahlawan. ” tutur Mutini, S.Pd dalam amanatnya.

IMG-20171113-WA0064

Usai menggelar upacara, secara tertib ratusan peserta didik SDIT Ahmad Yani duduk bersama mendengarkan testimoni dari Hj Muzdalifah veteran angkatan 1945. Meski termakan usia namun semangatnya sangat membara. Dengan penuh intonasi, Hj. Muzdalifah menceritakan jalannya perjuangan para pahlawan yang memperjuangkan kemerdekaan. Hebatnya, meski hanya bersenjatakan bambu runcing penjajah yang kala itu memiliki senjata yang modern sangat gentar dengan semangat dan juga bambu runcing yang digunakan para pejuang menghadapi penjajah.

IMG-20171113-WA0053

Sementara itu veteran angkatan 1970 yang pernah berdinas di Timor Timor Sudanus berharap ke depan tidak ada lagi wilayah NKRI yang ingin melepaskan diri dari pangkuan ibu pertiwi. Sudanus juga menceritakan pengalamannya saat bertugas di Timor Timor. Selain menjaga keamanan, dirinya bersama ratusan anggota TNI lainnya mengajarkan berbagai hal pada masyarakat Timor Timor utamanya tata cara bercocok tanam.

IMG-20171113-WA0180

Upacara peringatan Hari Pahlawan oleh keluarga besar SDIT Ahmad Yani inipun ditutup dengan gelaran atraksi tampilan formasi Garuda Sitaya (SDIT Ahmad Yani) yang dibawakan oleh regu ekskul paskib yang beranggotakan 12 siswa. (fandi harianto)