Get Adobe Flash player
KALENDER
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
AFILIANSI


Archive for December 5th, 2017

Ribuan Pendidik Kota Malang Ikuti Post Test PKB

FB_IMG_1512465346112

Malang – Mulai hari ini Selasa 5 Desember 2017 hingga Sabtu, 9 Desember 2017 ribuan pendidi Kota Malang akan mengikuti Post Test Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) sebagai tindak lanjut atas pelatihan PKB yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Banyaknya peserta post test PKB yang mencapai 2.123 Bagian Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) Dinas Pendidikan Kota Malang yang diberi amanah P4TK IPS dan PKn sebagai penyelenggara sekaligus pebgawas kegiatan yang bersifat online membagi tempat test di tujuh satuan pendidikan.

FB_IMG_1512465337583

” Kami melaksanakan post test PKB ini di SMP Negeri 1, SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 5, SMP Negeri 20, SMA Negeri 4 dan SMK Negeri 5 yang masing masing peserta memiliki jadwal dan waktu menjalani test sesuai dengan undangan yang diberikan melalui laman resmi Kemendikbud. Untuk tataran kepala TK ada 20 orang, kepala SD ada 40 orang dan kepala SMP sebanyak 20 orang yang mengikuti kegiatan post test PKB ini. Sisanya adalah jajaran pendidik. ” terang Dra. Sri Handayani Wahyu, MM
Kepala seksi Pembinaan PTK PAUD dan Non Formal Bidang Pembinaan PTK Dinas Pendidikan Kota Malang.

P_20171205_172315

Lebih lanjut wanita yang akrab disapa Handayani itupun menuturkan bahwasannya post test PKB ini merupakan tindak lanjut dari pelaksanaan pelatihan PKB in on in yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Melalui test ini diharapkan kepala sekolah maupun pendidik dapat mengembangkan potensi dirinya sesuai dengan paparan materi dua modul yang dipelajari dalam pelatihan PKB sebelumnya. Dan pada akhirnya tenaga pendidik mampu melampaui nilai minimal yang ditetapkan Kemendikbud yakni tujuh point.

Peserta post test PKB diharuskan dapat menyelesaikan soal – soal yang dikerjakan secara online dalam dua jam yang mencakup dua pokok materi inti dan dirangkum dalam dua modul yakni Modul supervisi akademik meliputi penjelasan umum mengenai supervisi akademik, perencanaan supervisi akademik, analisis data supervisi akademik, pemberian umpan balik dan rencana tindak, laporan pelaksanaan supervisi akademik, peta kompetensi penguatan supervisi akademik, siklus supervisi akademik, tiga tujuan utama supervisi akademik, langkah langkah pelaksanaan supervisi akademik, kompetensi penguatan pendidikan karakter, format rencana tindak lanjut.

Screenshot_20171205-174751_1

Sedangkan modul kedua yakni materi mengenai peningkatan kualitas pembelajaran penjelasan umum, pembelajaran berdasarkan potensi, minat, bakat dan kebutuhan peserta didik, peningkatan kompetensi pendagogik pendidik dalam pembelajaran, pemberdayaan pendidik dan tenaga kependidikan dalam pendayagunaan unit layanan khusus sebagai fasilitas dan sumber belajar yang berkualitas. (fandi harianto)

Subag Keuangan Dindik Gelar Workshop Peningkatan Kapasitas SDM

P_20171205_095956

Malang – Beragamnya aturan dan ketatnya pengawasan harus diimbangi dengan ketersediaan Sumber Daya Manusia yang adaptif terhadap perkembangan yang dinamis. Sehingga dikemudian hari tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan karena ketidak sengajaan maupun ketidak tahuan baik mengenai aturan maupun kebijakan yang ada. Apalagi menyangkut anggaran yang penggunaan dan pertanggungjawabannya harus jelas, terperinci serta transparan.

Hal itulah yang mendasari Sub Bagian Keuangan Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Lilik Dwi Riyani menggelar workshop Peningkatan Kapasitas SDM pengelola Keuangan dan Gaji di Hall Akasia Hotel Savana pada Selasa, 5 Desember 2017.

Pada workshop kali ini Sub Bagian Keuangan Dinas Pendidikan Kota Malang mengundang ratusan bendahara maupun admin pada satuan pendidikan jenjang SD dan SMP se Kota Malang yang menangani pelaporan Bantuan Operasional baik dari Pemerintah Pusat (BOSNAS) maupun dari Pemerintah Daerah (BOSDA) untuk mengikuti kegiatan ini.

Dalam sambutannya Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dyah Christiana, S.Pd berharap pada peserta workshop untuk mengikuti dan menyimak dengan sungguh sungguh arahan dari narasumber yang dihadirkan agar nantinya dalam mengerjakan tugas sebagai admin BOSDA maupun BOSNAS dapat berjalan dengan baik, lancar tanpa kendala yang berarti.

P_20171205_095943

Dengan digelarnya kegiatan ini diharapkan peserta workshop nantinya dapat melakukan penyusunan, perencanaan dan pembelanjaan sesuai dengan program kegiatan yang disusun dalam RKA, kemudian menyusun SPJ BOSNAS dan SPJ BOSDA sesuai dengan juklak dan juknis yang ada kemudian menginputnya baik pada aplikasi RKA BPKAD, aplikasi SIMBADA, BPK, aplikasi traspac, mengisi raport online dan dapat menghandle aplikasi pelaporan BOS revisi 2018. (fandi harianto)

K3S Eratkan Silaturahmi Penjaga Sekolah se – Kecamatan Lowokwaru

P_20171205_131637

Malang – Bertempat diaula SDN Tunjungsekar 1 Malang sebanyak 56 Penjaga sekolah se Kecamatan Lowokwaru berkumpul bersama pada Selasa, 5 Desember 2016. Gelaran yang di inisiasi oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Lowokwaru yang kini diketuai oleh Drs. Edy Rianto, M.Pd itupun dihadiri pula oleh pengawas SD Dinas Pendidikan Dra. Wahyuni Ismiatie, M.Pd., dan Dra. Hj. Indah Warniati.

P_20171205_135607

” Kegiatan yang kami selenggarakan pada hari ini merupakan salah satu upaya untuk mempererat tali silaturahmi antar penjaga sekolah se wilayah Kecamatan Lowokwaru. Selain itu juga sebagai media refresh mengenai tugas pokok dan fungsi mereka sebagai penjaga sekolah. ” jelas Ketua K3S Lowokwaru Drs. Edy Rianto, M.Pd.

P_20171205_132144

Lebih lanjut pria yang baru saja dikukuhkan sebagai Kepala SDN Lowokwaru 3 Malang itupun menambahkan bahwasannya Penjaga sekolah merupakan salah satu anggota keluarga sebuah satuan pendidikan yang memiliki peranan penting yakni menjaga aset sekolah agar aman dan nyaman bagi penghuni sekolah.

P_20171205_134516

Selain menerima pemantapan tugas pokok serta fungsi penjaga sekolah sesuai dengan aturan yang ada, puluhan penjaga sekolah sekecamatan Lowokwaru inipun menerima tausyah dari Ust. H. Finan Vyus, MT yang memberikan pentingnya kerja ikhlas dan kerja berlandaskan ibadah. (fandi harianto)