Get Adobe Flash player
KALENDER
August 2017
M T W T F S S
« Jul    
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031  
AFILIANSI


Bidang Pembinaan SD Dindik Kota Malang Gelar Sosialisasi Penulisan Ijasah

P_20170731_080432

Malang – Pentingnya ijasah yang dimiliki siswa usai menyelesaikan rangkaian proses pembelajaran dalam kehidupan sehari – hari, terlebih bagi masa depan generasi penerus bangsa disadari betul oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini Bidang Pembinaan SD. Untuk itu perlu adanya penyamaan mekanisne pengisian blangko ijasah menghindari kesalahan yang nantinya dapat menimbulkan permasalahan serius dikemudian hari.

Menyikapj hal tersebut, pada Senin 31 Juli 2017 bertempat di Aula Dinas Pendidikan kawasan jalan Veteran Bidang Pembinaan SD menggelar sosialisasi penulisan ijasah. Gelaran sosialisasi inipun menghadirkan kepala sekolah baik negeri maupun swasta yang ada di Kota Malang.

Agar kegiatan ini berjalan dengan baik, lancar dan dapat optimal maka sosialisasi ini terbagi dalam lima sesi pertemuan. Untuk sesi pertama Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Klojen mendapatkan sosialisasi dilanjutkan K3S Blimbing pada sesi kedua. Untuk sesi ketiga, giliran K3S Kedungkandang kemudian K3S Lowokwaru dan sesi terakhir baru K3S Sukun.

” Kegiatan ini tidak lain merupakan salah satu upaya Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini bidang Pembinaan SD untuk membuat kesepakatan bersama guba menyamakan persepsi dalam penulisan ijasah, khususnya pada point – point penting yang harus dicantumkan penulisannya di ijasah ” terang Dyah Christiana W kasi Kesiswaan dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang.

P_20170731_080341

Lebih lanjut Diah menuturkan untuk penulisan ijasah kali ini haruslah dilakukan secara cermat dan hati hati. Itu tidak lain karena adanya keterbatasan blanko ijasah yang disediakan. Dan yangbtidak kalah pentingnya agar ijasah yang diterima peserta didik tidak menimbulkan permasalahan dikemudian hari.

Sekedar diketahui, bahwasannya ijasah untuk tahun pelajaran 2016/2017 terdiri atas tiga jenis ijasah pada jenjang SD yang terdiri atas ijasah kurikulum 2006, ijasah kurikulum 2013 dan ijasah satuan pendidikan kerjasama (SPK). Hal penting lainnya dalam kegiatan sosialisasi ini yaitu Dinas Pendidikan Kota Malang mewanti – wanti pada para kepala sekolah untuk tidak mencoret ijasah, menimpa huruf, dan menghapus dengan tip – x. Jika ada kesalahan penulisan langsung ganti dengan blanko kosong lainnya.

Sementara itu Kepala Seksi Sarana Prasarana Bidang Pembinaan SD, Muflikh Adhim, SE, MM menghimbau kepada para kepala SD yang hadir untuk tertib administrasi kesiswaan. Sekolah harus memiliki arsip akte kelahiran, raport dan juga buku induk. Sehingga jika ada permasalahan di kemudian hari dapat menunjukkan arsip yang ada dan dapat menyelesaikan permasalahan yang timbul.

P_20170731_080401

” Sesuaikan data pemilik ijasah dalam hal ini siswa – siswi SD Bapak Ibu sekalian dengan dokumen akte kelahiran yang diserahkan. Jangan menambahkan atau mengurangi data yang tertera di akte kelahiran ” ujar Dyah Christiana W kasi Kesiswaan dan Kelembagaan Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang (fandi harianto)

Tulis Pesan