Get Adobe Flash player
KALENDER
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
AFILIANSI


SDN Bunulrejo 4 Malang Pacu Potensi Siswa Lewat Perjusa

IMG-20170812-WA0050

Malang – Kegiatan demi kegiatan terus digiatkan oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang yang berada dikawasan jalan Warinoi No. 20 inipun guna memacu potensi siswanya baik dalam bidang akademik maupun non akademik. Salah satunya melalui kegiatan Perkemahan Jum’at dan Sabtu (Perjusa) yang digelar pada Jum’at 11 Agustus 2017 hingga Sabtu, 12 Agustus 2017.

Kegiatan rutin yang digelar satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Helina Tusa Adiyah, M.Pd selain sebagai wadah menggali potensi serta meningkatkan kompetensi anak didik SDN Bunulrejo inipun juga dilaksanakan sebagai wujud memperingati hari Pramuka yang ke 56 tahun.

Upacara pembukaan gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang yang diikuti oleh 98 terdiri atas 51 siswa kelas lima dan 47 siswa kelas enam itupun berlangsung khidmat dan tertib.

” Melalui kegiatan Perkemahan Jum’at dan sabtu ini unsur Penguatan Pendidikan Karakter secara tidak langsung telah dilakukan oleh peserta didik. Contohnya unsur gotong royong melalui kegiatan pionering (mendirikan bendera regu), pelaksanaan sholat implementasi dari unsur religius, serta kegiatan lainnya yang secara sadar maupun tidak disadari secara langsung telah melaksanakan PPK ” tutur Kepala SDN Bunulrejo 4 Malang Helina Tusa Adiyah, M.Pd.

Lebih lanjut wanita berhijab yangvakrab disapa Lina itupun menuturkan kegiatan Perjusa yang dilaksanakan di SDN Bunulrejo 4 Malang inipun ditutup dengan kegiatan penjelajahan yang diikuti oleh siswa kelas tiga dan siswa kelas empat sebagai bentuk kegiatan membangun kemandirian siswa.

IMG-20170812-WA0052

Sementara itu Ketua Pelaksana Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang Sutrisno, S.Pd yang kesehariannya merupakan guru kelas empat mengatakan bahwasannya kegiatan Perjusa 2017 SDN Bunulrejo 4 Malang inipun juga dibantu oleh peserta magang administrasi mahasiswa Universitas Negeri Malang.

Seperti tidak hanya ingin melaksanakan kegiatan dan menjalankan program kerja semata, gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang ini benar – benar digunakan sebagai ajang untuk lebih mengasah kompetensi anak didiknya baik dalam bidang kepramukaan, kecakapan akademis maupun non akademis juga melatih kemandirian, menumbuhkembangkan sikap gotong royong, nasionalisme, integritas terlebih memupuk jiwa religius peserta Perjusa.

Hal tersebut nampak dari susunan acara yang telah dirancang oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang dengan dibantu oleh mahasiswa magang asal UM gelaran Perjusa SDN Bunulrejo 4 Malang inipun sarat akan implementasi Penguatan Pendidikan Karakter yang terintegrasi pada lima hari sekolah yang telah dilaksanakan oleh jajaran SDN Bunulrejo 4 Malang.

Beberapa kegiatan yang dilangsungkan pada Perjusa tahun 2017 oleh Gugus Depan 03291 – 03292 Pangkalan SDN Bunulrejo 4 Malang ini diantaranya lomba yel yel yang mengeksplorasi kreatifitas siswa, lomba hafalan doa – doa pendek yang secara tidak langsung menanamkan nilai – nilai luhur sisi religius peserta Perjusa.

Sebagai bentuk melestarikan budaya asli Indonesia dan membangun jiwa nasionalisme anak didiknya gelaran aksi unjuk kreasi yang di isi dengan tarian tradisional serta permainan khas Indonesia turut mewarnai kegiatan Perjuasa SDN Bunulrejo 4 Malang. Bahkan tidak hanya siswa saja yang melakukan aksi kreasi, namun jajaran pendidik SDN Bunukrejo 4 Malang turut menyumbangkan aksi kreasinya.

IMG-20170812-WA0051

” Kami sangat berterima kasih pada orang tua siswa SDN Bunulrejo 4 Malang yang sangat mendukung dan selalu bersedia bahu membahu mensukseskan setiap program kerja yang telah kami rancang seperti halnya Perjusa kali ini. Tanpa adanya dukungan orangtua dalam bentuk pemberian ijin agar buah hati mereka mengikuti kegiatan ini, maka tidak akan terlaksana dengan baik.” tutup Helina Tusa Adiyah, M.Pd Kepala SDN Bunulrejo 4 Malang. (fandi harianto)

Tulis Pesan