Get Adobe Flash player
KALENDER
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
AFILIANSI


Kadindik Narasumber Workshop Peningkatan Mutu Pendidik Gugus 8 Kedungkandang

P_20170812_091217

Malang – Ratusan tenaga pendidik yang tergabung dalam Gugus 8 Kedungkandang pada Sabtu, 12 Agustus 2017 mengikuti Workshop peningkatan mutu tenaga pendidik dalam rangka mewujudkan program UKS dan Adiwiyata di gugus 8 Kecamatan Kedungkandang Kota Malang di SDN Model kawasan Tlogowaru.

Gelaran kegiatan yang digagas oleh K3S Gugus 8 Kedungkandang yang beranggotakan Suparti, S.Pd., M.Pd Kepala SDN Model Tlogowaru, Drs. H. Mohammad Rifai SDN Buring, Sumaji, S.Pd SDN Wonokoyo 1, Drs. Isahari, SDN Wonokoyo 2, Hj. Rini Wasitah, S.Pd SDN Tlogowaru 1, Lilik Parawati, M.Pd SDN Tlogowaru 2, Muh. Khosin Alkhusairi, S.PdI SDI Nurul Muttaqien inipun menghadirkan beberapa narasumber tokoh pendidikan di kota Malang.

P_20170812_082945

Salah satu narasumber yang dihadirkan pada kegiatan ini yaitu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. Kehadiran orang nomor satu di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pendidikan di Kota Malang itupun didapuk untuk memberikan materi tentang kebijakan umum pendidikan yang telah disusun dan dijalankan oleh OPDvyang dikepalai Zubaidah.

Dalam awal pemberian materinya, Zubaidah mengatakan bahwasannya Gerakan revolusi mental yang dicanangkan presiden Joko Widodo dalam bentuk penguatan pendidikan karakter (PPK) membuat segenap insan pendidikan di kota Malang untuk terus berbenah diri baik dari sisi kompetensi maupun dari sisi sarana prasarana.

” Agar pendidikan berdaya guna, bermanfaat dan berhasil guna diperlukan sebuah perencanaan sehingga dalam proses mendidik untuk menciptakan generasi emas Indonesia dimasa mendatang dapat berjalan dengan baik. Agar hal tersebut dapatbterwujud dengan baik, maka diperlukan sebuah langkah penyusunan program yang pelaksanaannya kemudian perlu dievaluasi. ” tutur Zubaidah dalam pemaparannya.

P_20170812_091206

Lebih lanjut, Zubaidah mengatakan dengan adanya evaluasi yang mebyeluruh baik pada sisi kompetensi diri pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik maupun sarana prasarana penunjang proaes belajar mengajar tersebut insan pendidikan terus berusaha meningkatkan kualitas satuan pendidikan maupun output anak didik, salah satunya melalui workshop seperti yang dilaksanakan oleh Gugus 8 Kecamatan Kedungkandang pada hari ini.

Zubaidah juga mengupas inti dari kinerja Insan pendidikan tidak terlepas dari visi yang diusung oleh Pemerintah Kota Malang yakni pemerataan pendidikan dan kesehatan. Yang kemudian di break down oleh Dinas Pendidikan dengan mengusung semangat mewujudkan insan kota Malang yang cerdas bermartabat, dan mampu bersaing di era global.

” Sasaran pendidikan berkualitas meliputi ketersediaan SDM PTK yang mumpuni dibidangnya, sarana dan prasarana yang memadai, peserta didik dan kurikulum yang jelas, terarah dan berkesinambungan sehingga generasi yang ceria, cerdas, cemerlang dan bermartabat dapat diwujudkan. ” terang Zubaidah dihadapan para peserta workshop peningkatan mutu pendidik Gugus 8 Kedungkandang.

P_20170812_083010

Selain menghadirkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM untuk memberikan materi kebijakan umum pendidikan di Kota Malang, kegiatan workshop peningkatan mutu pendidik Gugus 8 Malang inipun juga menghadirkan narasumber lain. Diantaranya Dra. Atimah, M.Pd Kepala Bidang Pembinaan SD, yang menjabarkan kebijakan pendidikan dasar, Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd yang memberikan penjelasan tentang hak dan kewajiban PTK, Drs. Suryadi Irian Widodo, M.Pd Pengawas TK SD Gugus 8 Kecamatan Kedungkandang yang menyajikan materi tentang mutu pembelajaran dan pemateri yang kelima yakni Asep Sunandar M.Pd akademisi UM sekaligus ketua komite SDN Model tentang profesionalisme guru.

P_20170812_083928

Sementara itu Ketua Pelaksana Workshop yang juga merupakan Kepala SDN Tlogowaru 1 Malang Hj. Rini Wasitah, S.Pd SDN mengatakan bahwasannya kegiatan yang diselenggarakan ini tidak lain dalam rangka usaha untuk meningkatkan mutu kerja pendidik se Gugus 8 Kedungkandang, memverikan pemahaman tentang program kerja mewujudkan sekolah berwawasan Adiwiyata dan menggali inspirasi guna menciptakan Usaha Kesehatan Sekolah agar tercipta peserta didik yang sehat. (fandi harianto)

Tulis Pesan