Get Adobe Flash player
KALENDER
September 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
AFILIANSI


PKG Kedungkandang Gelar Lokakarya Tingkatkan Kompetensi

P_20170905_081502

Malang – Pusat Kegiatan Gugus (PKG) Kecamatan Kedungkandang terus berupaya meningkatkan kompetensi para anggotanya baik melalui kegiatan pelatihan maupun kegiatan lainnya. Seperti yang nampak pada Selasa, 5 September 2017 bertempat di Hall Hotel Trio Indah 2 ratusan tenaga pendidik dan puluhan Kepala Sekolah mengikuti gelaran Lokakarya Penibgkatan Mutu yang bakal diselenggarakan selama tiga hari kedepan.

Kegiatan Lokakarya peningkatan mutu kepala sekolah dan pendidik PAUD Kecamatan Kedungkandang inipun dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM, Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan PNF, Suyitno,., SH., M.Pd, Pengawas TK SD Dinas Pendidikan Wilayah Kedungkandang Dra. Sriami., M.Pd serta jajaran penilik TK.

Dalam laporannya, Ketua pelaksana lokakarya yang juga merupakan Kepala TK Pembina Negeri 5 Kedungkandang Sri Agustin Mulyani, S.Pd., M.Pd mengatakan bahwasannya kegiatan ini diikuti oleh 96 Kepala PAUD dan 210 pendidik PAUD sewilayah Kecamatan Kedungkandang.

P_20170905_081005

” Kegiatan ini selain sebagai sarana untuk memenuhi standart kompetensi guru TK/PAUD seperti yang termaktub dalam Permendiknas No. 16 tahun 2007 juga sebagai wahana untuk memberikan pelatihan secara khusus mengenai tata laksana penyusunan program kerja, pengelolaan kurikulum, pengelolaan kurikulum, pengelolaan pendidik dan tenaga kependidikan, perencanaan supervisi dan pembelajaran. Sehingga diharapkan mampu menciptakan pendidik dan kepala TK/PAUD yang terampil, berpengetahuan serta memiliki kemampuan perencanaan yang pada akhirnya mampu meningkatkan mutu anak didik serta lembaga pendidikan ” terang Sri Agustin Mulyani, S.Pd., M.Pd dalam laporannya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM sangat mengapresiasi serta memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Lokakarya Peningkatan Mutu Kepala Sekolah dan Pendidik PAUD yang diadakan oleh PKG Kecamatan Kedungkandang yang sekaligus merupakan gelaran pertama yang dilaksanakan di Kota Malang.

” Dengan kegiatan semacam ini, maka kedepan mutu pendidikan di Kota Malang akan semakin lebih baik lagi. Untuk saat ini beberapa sekolah di wilayah Kedungkandang yang notabene merupakan wilayah tepi kota Malang telah mendapat apresiasi positif dari masyarakat luas. Bahkan SMP Negeri 22 Malang yang berada di pucuk gunungpun saat ini mendapat serbuan peminat. SMP Negeri 10 Malang berkat upayanya mampu menorehkan berbagai prestasi bahkan hingga ke tingkat nasional. Itu merupakan bukti nyata bahwasannya insan pendidikan kota Malang ini terus berkarya. Dan atas nama pribadi maupun kelembagaan saya sangat berterima kasih atas segala daya upaya yang telah diusahakan. Semoga apa yang dilakukan jajaran SMP maupun SD diikuti oleh jajaran TK PAUD ” tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20170905_083606

Lebih lanjut Dra. Zubaidah, MM memberikan gambaran bahwasannnya pada beberapa dekade lalu menurut penelitian Kemdikbud Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) belum dianggap penting. Namun seiring berjalannya waktu, masyarakat berubah paradigmanya menjadikan PAUD bagian jenjang pendidikan yang penting.

” Kami berharap kepala PAUD dan pendidik PAUD dapat meletakkan dasar – dasar pendidikan maupun dasar karakter yang positif pada anak didik PAUD yang notabene merupakan usia emas. Mohon bangunlah fondasi pemikiran anak didik yang kokoh sehingga kedepan menjadi yang terbaik dan mewujudkan generasi emas yang ceria, cerdas, cemerlang dan bermartabat.” harap Zubaidah dalam sambutannya.

Materi yang diberikan pada kegiatan ini terbagi menjadi dua yakni materi untuk Kepala TK PAUD yang terdiri atas materi kewirausahaan, manajemen sekolah, supervisi, penilaian kinerja guru PAID, EDS, RKAS, RKT, dan RKJM. Sedangkan materi yang akan disampaikan pada tataran guru TK PAUD terdiri atas materi struktur kurikulum, saintifik, model.pembelajaran, identifikasi tema, perencanaan pembelajaran, metode.pembelajaran, penilaian dan peer teaching.

P_20170905_081023

Agar materi tersampaikan dengan baik dan dapat dicerna dengan mudah oleh peserta lokakarya, panitia pelaksana mengundang narasumber dari berbagai kalangan yang berkompeten diantaranya dari dosen dan asesor BAN PAUDNI, akademisi Universitas Muhammadiyah Malang, pengawas TK Kota Malang, instruktur nasional K13, guru pembelajar dan praktisi pendidikan. (fandi harianto)

Tulis Pesan