Get Adobe Flash player
KALENDER
November 2017
M T W T F S S
« Oct    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  
AFILIANSI


MKKS SMP Negeri Samakan Persepsi Diskusi Bareng Operator Dapodik

IMG-20170906-WA0042

Malang – Tidak semua pihak mengerti terhadap kompleksnya indikator yang harus diinput pada aplikasi Data Pokok Pendidikan (Dapodik). Padahal melalui aplikasi Dapodik inilah nafas dan jalan hidup sebuah satuan lembaga pendidikan ditentukan.

Aplikasi yang bersifat online dan terus mewajibkan insan pendidikan untuk mengupdate setiap waktu membuat tugas yang diemban oleh operator Dapodik semakin berat, ditambah lagi oleh ketidak mengertian beberapa pihak yang menyerahkan sepenuhnya penyelesaian data mereka pada operator tanpa diimbangi dengan ketersediaan data yang seharusnya dipenuhi.

Agar tercipta persepsi yang sama terhadap tugas serta kewenangan operator Dapodik dimasa mendatang, Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMP Negeri se Kota Malang menggelar diskusi bareng dengan pengurus Forum Operator Dapodik (FOD) Kota Malang yang diketuai oleh Susanto Ferdhi yang juga merupakan operator Dapodik SMP Negeri 12 Malang.

Kegiatan yang dihadiri oleh 27 Kepala SMP Negeri se – Kota Malang inipun dilangsungkan di aula SMP Negeri 9 Malang kawasan jalan pada Rabu, 5 September 2017. Susanto Ferdhi yang didapuk menjadi narasumber dalam diskusi ini menyampaikan beberapa hal urgent berkaitan dengan Dapodik.

” Ada beberapa tugas operator untuk memasukkan data pada aplikasi Dapodik. Diantaranya verifikasi dan validasi peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, satuan pendidikan, pembelian buku secara elektronik, laporan BOS online, calon peserta ujian nasional, pendaftaran sertifikasi, peberima Program Indonesia Pintar, tunjangan profesi guru, raport online, dan absensi online guru dan tenaga kependidikan ” terang Susanto Ferdhi.

IMG-20170906-WA0039

Lebih lanjut pria muda energik yang akrab disapa oleh rekan sejawatnya dengan panggilan Danto (Komandan Santo) itupun menambahkan, dengan banyaknya indikator yang dinasukkan dalam aplikasi Dapodik, perlu kiranya komunikasi yang harmonis antara pihak sekolah dengan operatornya.

” Banyak keluhan dari rekan kami bahwasannya mereka acapkali dipressure oleh guru yang mayoritas dikarenakan tunjangan profesi guru ataupun sertifikasinya tidak cair menyalahkan operator. Padahal banyak faktor yang menyebabkan hal tersebut terjadi. Seperti belum terpenuhinya jumlah jam mengajar, belum liniernya mata pelajaran yang diampu bersangkutan atau karena kendala lainnya. Sedangkan saat tunjangan telah cair, operator begitu saja dilupakan tanpa ada apresiasi. Meski sebenarnya operator telah mendapatkan insentif. ” tambah Danto.

IMG-20170906-WA0043 IMG-20170906-WA0044

Sementara itu, Muhammad Yusuf Sekretaris Forum Operator Dapodik Kota Malang yang juga merupakan operator Dapodik SMPN 1 Malang sangat menyambut baik kegiatan diskusi ini. Dirinya berharap usai melakoni kegiatan ini dihasilkan satu kesepahaman serta keharmonisan antara operator Dapodik dengan pihak sekolah. (fandi harianto)

Tulis Pesan