Get Adobe Flash player
KALENDER
September 2017
M T W T F S S
« Aug    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
AFILIANSI


Songsong Adiwiyata Mandiri SDN Percobaan 1 Malang Intens Bina Sekolah Imbas

P_20170911_103012

Malang – Songsong Adiwiyata Mandiri SDN Percobaan 1 Malang intens bina sekolah imbas sebagai salah satu syarat lolos tidaknya satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Dra. Anny Saidah ditetapkan sebagai salah satu sekolah berwawasan lingkungan. Pembinaan 10 sekolah imbas merupakan konsekuensi yang harus dilaksanakan oleh jajaran tim Adiwiyata Sekolah yang berada dikawasan jalan Magelang No. 4 usai ditetapkan sebagai sekolah Adiwiyata Nasional.

Berbagai upaya dilakukan guna memaksimalkan peraihan point penilaian yang salah satunya dilihat dari indikator kesuksesan SDN Percobaan 1 Malang dalam mengimbaskan program peduli lingkungannya pada 10 sekolah imbas. Pertemuan demi pertemuan dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada lingkungan acapkali dilaksanakan untuk membentuk satu kesatuan visi dan misi dalam mewujudkan sekolah Adiwiyata.

Seperti yang nampak pada Senin, 11 September 2017 di Aula SDN Percobaan 1 Malang, 10 sekolah imbas yang terdiri dari SDN Sumbersari 1, SDN Tasikmadu 1, SDN Tasikmadu 2, SDN Tunjungsekar 3, SDN Tunjungsekar 4, SDN Tunjungsekar 5, SDN Tlogomas 1, SDN Tlogomas 2, SDN Dinoyo 1 dan SDN Dinoyo 4 menggelar pertemuan bersama guna memantapkan program kerja adiwiyata yang disesuaikan dengan situasi, kondisi serta potensi yang ada di 10 sekolah imbas.

Pertemuan inipun selain dihadiri oleh Kepala Sekolah imbas juga turut dihadiri pula oleh koordinator Adiwiyata di masing – masing sekolah imbas untuk sharing dan berbagi dengan koordinator Adiwiyata SDN Percobaan 1 Malang. Beberapa hal yang dibicarakan berkaitan dengan 9 isue Adiwiyata yakni meliputi masalah sampah, energi, polusi udara, air dan limbah cair, tanah, kontaminasi kimia, tanaman, resiko dan keindahan.

” Untuk meraih predikat sekolah Adiwiyata Mandiri, ada beberapa elemen yang harus disusun serta dijalankan oleh SDN Percobaan 1 Malang sebagai indikator penilaian tim juri. Kami selalu melibatkan partisipasi aktif peserta didik, orang tua didik hingga pihak pihak lain yang berkompeten dengan dunia pendidikan dan penciptaan generasi peduli lingkungan. Selain itu ketersediaan sarana prasarana ramah lingkungan, penyusunan dan pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, serta dukungan dan dokumen hasil kegiatan pengimbasan pada 10 sekolah imbas SDN Percobaan 1 Malang menjadi point penting dalam penentuan kelayakan sebagai sekolah adiwiyata mandiri ” terang Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah.

P_20170911_103025

Pada pertemuan kali ini, masing – masing sekolah imbas Adiwiyata SDN Percobaan 1 Malang menginventarisir kelemahan dan juga kekuatan yang dimiliki oleh sekolah imbas untuk kemudian disusun formulasi kebijakan yang mendukung terwujudnya program Adiwiyata. Dengan mengetahui kelemahan dan juga kekuatan yang ada diharapkan mampu mengoptimalkan potensi yang ada guna mewujudkan generasi yang peduli lingkungan serta sekolah berwawasan Adiwiyata. (fandi harianto)

Tulis Pesan