Get Adobe Flash player
KALENDER
December 2017
M T W T F S S
« Nov    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031
AFILIANSI


Kadindik Tutup Bimtek Pengimbasan PPK

P_20171130_101639

Malang – Bimbingan Teknis Program Pengimbasan Penguatan Pendidikan Karakter bagi Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Jenjang SD yang dilaksanakan oleh Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud di aula SDN Percobaan 1 Malang kawasan jalan Magelang No. 4 pada Senin 27 Nopember 2017 hingga Kamis 30 Nopember 2017 secara resmi ditutup oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20171130_091901

Kegiatan Bimtek Program Pengimbasan PPK ini diikuti oleh 20 Kepala Sekolah dan 2 orang pengawas sekolah jenjang SD sewilayah Kecamatan Lowokwaru dan se Kecamatan Sukun inipun diikuti 14 peserta tambahan terdiri atas 14 Kepala Sekolah dari seluruh Gugus yang ada di Lowokwaru dan jajaran pengurus K3S Kecamatan Lowokwaru.

Dalam laporannya selama mengadakan Bimtek Program Pengimbasan PPK staff Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud Widi Setya mengatakan bahwasannya secara garis besar kegiatan yang diselenggarakan selama 4 hari ini berjalan lancar, sukses dan sesuai dengan harapan yang ditunjukkan peserta bimtek melalui terselesaikannya berbagai tugas yang diberikan. Hal itu berdasar atas perolehan nilai yang didapat peserta di sisi pre tes sebesar 48,33 point dan nilai post test sebesar 61,96 point.

P_20171130_093127

” Sebagai bentuk apresiasi dan upaya memotivasi prestasi peserta Bimtek, kami selaku panitia menetapkan 3 orang peserta peraih nilai tertinggi untuk mendapatkan sertifikat penghargaan. Adapun ketiga peserta yang memperoleh nilai tertinggi itu terdiri atas Kepala SDN Sumbersari 1 Malang Dra. Dwi Handayani, S.Pd dengan kode peserta J10 mendapatkan nilai 86, 36 point, Kepala SDN Sumbersari 2 Sri Utami, S.Pd dengan Kode Peserta J11 mendapatkan nilai 84,92 point dan urutan ketiga nilai terbaik diraih oleh Siti Nariah Kepala SD Laboratorium UM yang meraih nilai 84,80 dengan kode peserta J14.” tutur Widi Setya.

P_20171130_092238

Diakhir pelaporannya Widi Setya berharap agar peserta bimtek program pengimbasan PPK ini dapat diimbaskan ke sekolah – sekolah lainnya atau minimal diimplementasikan sesuai dengan apa yang dipelajari saat mengikuti Bimtek dengan terlebih dahulu menganalisa kemampuan SDM, sarpras dan sosial ekonomi warga sekolah. Dengan implementasi PPK secara baik kedepan diharapkan mampu membentuk masyarakat Indonesia yang cerdas dan berkarakter.

Sebagai bahan evaluasi dan juga review bagi penyelenggara dalam hal ini Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud penutupan Bimtek Program Pengimbasan PPK inipun diwarnai dengan testimoni peserta dalam hal ini diwakili oleh H. Jumain, S.Pd., M.Pd yang juga merupakan Kepala SDN Sukun 2 Malang.

P_20171130_093316

Dalam testimoninya H. Jumain, S.Pd., M.Pd mengaku sangat berkesan dan menambah khasanah keilmuan dalam bidang PPK. Bilamana selama 2 tahun ini sebagian besar dari kami hanya menjalankan PPK sebagaimana adanya, dengan kegiatan Bimtek PPK ini ke depan kami akan mengimplementasikan PPK sesuai dengan apa yang kami dapatkan selama 4 hari mengikuti bimtek PPK ini.” tutur H. Jumain, S.Pd., M.Pd

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang sangat berterima kasih atas kepercayaan Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan dan Pendidikan Dasar dan Menengah Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemdikbud yang menjadikan Kota Malang salah satu dari 10 Kota/Kabupaten sebagai tempat penyelenggaraan kegiatan ini. Disisi lain wanita berhijab yang akrab disapa Zubaidah itupun menghaturkan terima kasih pada peserta Bimtek yang menunjukkan semangat luar biasanya selama mengikuti kegiatan ini.

P_20171130_093841

” Kami menilai Kegiatan ini sangatlah positif dan membawa manfaat sehingga mohon maaf saya meminta bapak / ibu kepala sekolah di luar zona yang telah ditentukan untuk ikut serta dalam bimtek ini. PPK seringkali hanya didengungkan tanpa mengetahui secara pasti dan tepat apa itu PPK. Kepala sekolah selama ini menafsirkan PPK sesuai dengan kemampuan masing – masing. Dengan gelaran bimtek ini akhirnya pelaku dan pemangku kebijakan pendidikan dimasing masing lembaga dapat menyusun program dan mengimplementasikan PPK dengan baik sesuai dengan aturan, kebijakan dan panduan dari kemdikbud.” tutur Zubaidah dalam sambutannya.

P_20171130_093839

Lebih lanjut Zubaidah berharap pada peserta bimtek agar setelah mengikuti gelaran kegiatan ini ada perubahan signifikan yang diimplementasikan dimasing – masing sekolah dalam kerangka PPK. Kegiatan ini akan sia – sia saja jika peserta tidak mengaplikasikan apa yang didapat selama mengikuti Bimtek. Zubaidah kembali memotivasi dan mengajak peserta bimtek agar selalu menanamkan paradigma bahwasannya hari ini harus lebih baik dari hari kemarin. Dan hari esok harus lebih baik lagi dari hari ini. Sehingga dengan demikian mampu meningkatkan semangat dalam menunaikan tugas dan kewajiban baik sebagai pendidik, sebagai kepala sekolah maupun pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan. (fandi harianto)

Tulis Pesan