Get Adobe Flash player
KALENDER
March 2017
M T W T F S S
« Feb    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
AFILIANSI


SD Insan Amanah Tak Hanya Sekedar Berwacana

IMG-20170323-WA0059

Malang – SD Insan Amanah tidak hanya sekedar berwacana semata bagai pepesan kosong tanpa isi dalam membentuk output lulusannya yang berkualitas baik dari sisi keilmuan maupun keimanannya. Satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang kini dikepalai oleh Suhardini Nurhayati, M.Pd itupun melakukan berbagai upaya nyata demi terwujudnya visi misi sekolah yang ditetapkan sebelumnya.

Salah satu usaha nyata yang dilakukan Sekolah Dasar yang berada dikawasan Perum Griyashanta Blok M jalan Soekarno – Hatta dalam rangka membentuk generasi berkualitas serta memiliki Iman dan Taqwa yakni menggelar Fungduq Imtihan Akhir (FIA) atau disebut pula Pondok Ujian Akhir. Kegiatan yang dilaksanakan pada Senin 20 Maret 2017 hingga Selasa, 21 Maret 2017 itupun diikuti 127 anak didik SD Insan Amanah yang kini duduk di kelas VI.

IMG-20170323-WA0061

” Kegiatan kali ini kami memang sengaja memilih Villa Hidayatullah agar suasana segar, asri, sejuk dan hening yang mengelilingi tempat kegiatan memberikan penyegaran baik jasmani maupun rohani pada anak didik kami ” jelas Fatma, S.Pd Wakasek Urusan Akademik SD Insan Amanah.

Lebih lanjut Fatma menuturkan kegiatan ini merupakan satu rangkaian proses persiapan menjelang pelaksanaan USBN jenjang SD yang sebentar lagi akan dilaksanakan secara serwntak.

Sementara itu, Kepala SD Insan Amanah Suhardini Nurhayati, M.Pd menambahkan dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pemantapan materi mata pelajaran USBN yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa berdasarkan analisa dan penilaian kemampuan masing masing anak didik oleh guru kelas yang dilakukan secara berkala selama proses belajar mengajar.

IMG-20170323-WA0060

Selain sebagai sarana mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani anak didiknya, kegiatan FIA inipun juga dijadikan ajang mempertebal rasa keimanan dan ketaqwaan melalui beberapa jadwal kegiatan yang mempertebal iman dan taqwa seperti pelaksanaan sholat fardhu, sholat sunnah, kultum hingga pada pemberian motivasi pada peserta kegiatan FIA ini. (fandi harianto)

SMPN 24 Malang Terpilih Jadi Peserta Skype a Thon Live from Toronto Oleh Microsoft

P_20170323_094346

Malang – Perkembangan teknologi dan informasi yang sangat pesat dan semakin mudah diakses melalui genggaman tangan pada segala sisi kehidupan termasuk sisi pendidikan memantik perhatian tersendiri bagi pabrikan IT terkemuka dunia Microsoft untuk turut melakukan andil dalam mengembangkan dunia pendidikan di Indonesia.

Salah satu upaya yang dilakukan yakni menggelar Skype a Thon Live from Toronto Oleh Microsoft Indonesia. SMPN 24 Malang merupakan salah satu sekolah jenjang SMP yang ada di Kota Malang yang memiliki kesempatan untuk mengikuti kegiatan ini bersama dengan 52 sekolah lainnya yang tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan 2.000 orang peserta.

Kegiatan yang digelar di ruang guru SMPN 24 Malang inipun diikuti oleh 55 tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan serta ratusan anak didik disekolah yang kini dikepalai oleh Drs. Hari Subagiyo, M.Pd. gelaran inipun diwarnai dengan unjuk kreasi gerak dan lagu anak didik SMPN 24 Malang yang dibawakan secara rancak dan penuh keceriaan.

Sementara itu Kepala SMPN 24 Malang menuturkan pihaknya mengikuti gelaran ini tidak lain sebagai upaya untuk mengeksplorasi penyampaian materi dari pendidik kepada anak didik dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan media Skype, OneNote, dan Office 365.

” Seperti yang kita ketahui bersama saat ini teknologi memiliki peran penting dalam penerapan sistem pembelajaran abad 21. Untuk sukses di era berbasis informasi dan teknologi, siswa perlu membangun kapabilitas mereka dalam bidang STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics). Dan melalui kegiatan ini semoga dapat mewujudkan itu semua dan pada akhirnya membawa dampak positif bagi pendidik, anak didik serta pihak lainnya yang terkait. ” tutur Kepala SMPN 24 Malang yang akrab disapa Hari.

Penanggung jawab kegiatan Skype a Thon Live from Toronto Oleh Microsoft Indonesia Rokhim Purnomo menuturkan melalui kegiatan ini pendidik dan anak didik dapat beradaptasi dengan sistem pembelajaran abad 21 berbasis teknologi yang concern pada pengembangan kemampuan anak didik dalam hal komunikasi, kolaborasi, dan kemampuan komputasi terwujud dengab baik.

” Yang dimaksud kemampuan berpikir komputasi adalah kemampuan utama yang melatih pola berpikir kritis, logis, kreatif, dan terstruktur sehingga pendidik memiliki tantangan yang lebih luas, tak hanya menyampaikan pelajaran sesuai kurikulum, namun juga bagaimana dapat membentuk karakter-karakter anak yang dapat bersaing di masa depan dan mampu beradaptasi dengan baik di era digital. ” ujar pria yang akrab disapa Rokhim

Tujuan utama dari kegiatan ini diharapkan pendidik memiliki tantangan untuk menyesuaikan diri dengan anak-anak yang lahir sebagai digital natives. Tidak hanya peserta didik saja yang dituntut untuk ‘melek’ teknologi, namun pendidik juga harus mampu “melek” teknologi yang pada akhirnya mampu memberikan pengajaran terhadap akses komputer dan teknologi kepada para siswa sejak dini. Termasuk Pendidik dan Anak Didik SMPN 24 Malang yang terletak di Jalan LA Sucipto Gang Makam ini. (fandi harianto)

SDN Jatimulyo 4 Malang Rajin Jalin Komunikasi Berbuah Bantuan

IMG-20170323-WA0022

Malang – Keterbatasan tidak harus dijadikan alasan Kepala Sekolah beserta jajarannya untuk berdiam diri dan pasrah menerima keadaan yang ada tanpa diiringi usaha dan juga inovasi untuk dapat membuat keterbatasan itu menjadi kelebihan. Itulah yang kini sedang dijalankan oleh Kepala SDN Jatimulyo 5 Malang Kartini, S.Pd., M.Pd beserta jajarannya.

IMG-20170323-WA0027

Meski belum genap enam bulan menahkodai satuan lembaga pendidikan jenjang SD yang berada dikawasan jalan Simbar Menjangan No. 28 itu, Kartini rajin menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, agar eksistensi dan juga keberadaan sekolah yang dikepalainya itu berjalan seiring dan seirama.

IMG-20170323-WA0024

Berkat dukungan, motivasi dan juga kerjasama pendidik, peserta didik dan juga orang tua didik yang terikat dalam jalinan keluarga besar SDN Jatimulyo 4 Malang perlahan namun pasti mulai diperhatikan berbagai pihak, tidak terkecuali perusahaan ataupun lembaga sosial.

Itu di buktikan dari tiada hentinya aliran bantuan yang diberikan pihak – pihak yang peduli pendidikan kepada SDN Jatimulyo 4 Malang. Seperti yang nampak pada Selasa, 21 Maret 2017 lembaga sosial Lions Club mengandeng salah satu retail minimarket terbesar nusantara memberikan 30 buah kacamata secara cuma – cuma kepada peserta didik maupun pendidik.

Kegiatan pemberian kacamata gratis yang didahului dengan pemeriksaan mata itupun dihadiri secara langsung oleh S. Sujono, M.Pd pengawas SD wilayah Kecamatan Lowokwaru serta jajaran pengurus Lions Club Malang dan perwakilan Indomart.

IMG-20170323-WA0023

Kepala SDN Jatimulyo 4 Malang Kartini, S.Pd, MM menghaturkan terima kasih yang sebesar – besarnya atas pemberian kacamata gratis ini yang sangat membantu anak didiknya menjalani dan mengikuti proses belajar mengajar. Sebab saat ini banyak anak didiknya sebenarnya sangat membutuhkan kacamata. Namun karena adanya keterbatasan tidak dapat dipenuhi.

Beberapa waktu lalu, anak didik SDN Jatimulyo 4 Malang juga menerima bantuan dari retail minimarket ternama Alfamart dengan memberikan 50 pasang sepatu untuk anak didinya. Penyerahan secara simbolis bantuan sepatu itupun diberikan berbarengan dengan peresmian rumah singgah anak penderita kanker yang dihadiri oleh Wakil Walikota Malang Drs. H. Sutiaji didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

IMG-20170223-WA0121

Bahkan dalam waktu dekat ini peserta didik SDN Jatimulyo 4 Malang bakal menerima bantuan alat tulis dan perlengkapan sekolah. Kebahagiaan dan juga suka cita keluarga besar SDN Jatimulyo 4 Malang semakin lengkap manakala pada ajang BKS tingkat Gugus V Lowokwaru mampu menjadi juara pada bidang lomba mendongeng, kader tiwisada, siswa prestasi putra dan pantomim meski pada level Kecamatan SDN Jatimulyo 4 Malang hanya sebagai peserta.

IMG-20170323-WA0028

” Kami tetap memotivasi anak didik kami utamanya yang beberapa waktu lalu mengikuti BKS, meski tidak lolos pada tingkat kecamatan dan tidak maju ke tingkat Kota yang pali g penting mereka telah berani unjuk kreasi dan mempersembahkan yang terbaik sebisa mereka. ” tutur Kartini, S.Pd, M.Pd (fandi harianto)

Atimah Buka BKS K3S Kedungkandang

IMG-20170322-WA0030

Malang – Rabu, 22 Maret 2017 Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang membuka gelaran Bina Kreatifitas Siswa (BKS) yang diselenggarakan oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Kedungkandang di SDN Arjowinangun 2 Malang.

IMG-20170322-WA0027

Dra. Patwi Sulisati, M.Pd selaku Ketua Pelaksana BKS K3S Kedungkandang sekaligus tuan rumah dalam laporannya menjelaskan bahwasannya gelaran kegiatan ini diikuti oleh 384 siswa pada 12 bidang lomba BKS yang terdiri atas lomba Pidato Berbahasa Indonesia, Gambar Bercerita, Menyanyi Tunggal, Kriya Anyam, Pantomim, Melukis, Cipta/Baca Puisi, Membatik (Desain Batik), Siswa Berprestasi/ Siswa Teladan Pa dan Pi, Pidato Bhs Jawa, Mendongeng/Cerita Rakyat, dan Tari Kreasi Anak.

IMG-20170322-WA0029

Untuk bidang lomba Bina Kreatifitas Agama Islam diikuti oleh 304 peserta yang terbagi dalam 9 mata lomba diantaranya Tartil, Adzan, Pildacil, Sari Tilawah, Cerdas Cermat, Sholat Berjama’ah, Hifdzul Qur’an, Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) dan Asmau’ul Husna.

P_20170322_102620

Sedangkan untuk bidang lomba O2SN yang terdiri atas delapan mata lomba diikuti oleh 384 siswa meliputi lomba Atletik Kids, Karate, Pencak Silat, Renang, Senam Ritmik, Bulu Tangkis, Tenis Meja dan Catur

P_20170322_102207

” Peserta yang saat ini mengikuti seleksi BKS tingkat Kecamatan Kedungkandang merupakan para juara hasil seleksi pada kegiatan yang sama yang digelar sebelumnya di tingkatan gugus yang ada di Kecamatan Kedungkandang ” tutur Patwi Sulisati dalam pelaporannya saat pembukaan BKS dihalaman sekolah yang dikepalainya itu.

IMG-20170322-WA0028

Sementara itu dalam sambutannya sebelum membuka secara resmi gelaran BKS K3S Kedungkandang, Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd berharap agar kegiatan ini benar – benar menjadi media eksplorasi potensi bakat dan minat serta sebagai tolak ukur keberhasilan pembinaan pembelajaran disatuan lembaga pendidikan yang ada di Kecamatan Kedungkandang.

P_20170322_100927

” Juara sejati akan benar – benar ditemukan jika diikuti sportivitas dan objektifitas para dewan jurinya. Meskipun dalam gelaran BKS ini mayoritas dewan juri berasal dari unsur kepala sekolah, kami berharap agar melepaskan atribut sekolahnya dan benar benar menjadi juri yang jujur dan adil, meskipun itu harus menilai peserta didiknya sendiri. ” tutur Atimah.

P_20170322_101331

Lebih lanjut Atimah menuturkan bajwasannya BKS ini secara tidak langsung merupakan wahana implementasi daripada program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Bagaimana siswa dapat mandiri dan berintegritas jika yang menjadi panutan tidak dapat memberikan suri tauladan yang baik.

IMG-20170322-WA0035

Seperti lazimnya pembukaan gelaran BKS, kegiatan K3S Kedungkandang inipun juga diisi dengan berbagai unjuk kreasi, atraksi serta potensi anak didik satuan lembaga pendidikan se Kecamatan kedungkandang. Deville peserta BKS yang diawali dengan marching band, atraksi olah kemampuan bela diri serta sajian tari tarian tidak luput di suguhkan dihadapan para peserta dan juganpara tamu undangan yang hadir dalam upacara pembukaan. (fandi harianto)

IMG-20170322-WA0035

Copy Protected by Chetan's WP-Copyprotect.