Get Adobe Flash player
KALENDER
August 2016
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
AFILIANSI


Siswa SMPN 23 Malang Antusias Songsong GSF 2016.

Siswa SMPN 23 Malang antusias membersihkan lingkungan sekolah, jelang GSF 2016 (fandi harianto)

Siswa SMPN 23 Malang antusias membersihkan lingkungan sekolah, jelang GSF 2016 (fandi harianto)

Malang – Gelaran Green School Festival (GSF) 2016 disambut antusias oleh seluruh elemen SMPN 23 Malang, tidak terkecuali oleh 631 siswanya. Berbagai persiapan telah dilakukan oleh sekolah yang kini dikepalai oleh Drs. Slamet Udadi, SH, M.Pd dalam menyongsong penilaian GSF 2016 yang rencananya bakal digelar pada bulan September 2016 mendatang itu.

Sembilan pokok isu yang dijadikan bahan pijakan tim juri melakukan penilaian pun tidak luput dari perhatian tim GSF SMPN 23 Malang yang diketuai oleh Drs. Budi Sungkowo, M.Pd. Tidak hanya melibatkan tenaga pendidik saja, namun tim GSF juga turt serta melibatkan anak didiknya dalam tim penanganan sembilan isu GSF.

Sembilan isu GSF itu diantaranya isu sampah, energi, air dan limbah cair, polusi udara, 3K, tanah dan kontaminasi kimia, keanekaragaman hayati dan resiko serta isu jurnalistik.

” Pada setiap isu yang ada kami menempatkan empat siswa untuk ambil bagian pada masing – masing isu. Harapannya dengan diikutsertakannya siswa dalam susunan tim GSF 2016 ini dapat membagikan ilmunya secara langsung kepada teman temannya. Pendekatan yang kami lakukan inipun sangat efektif dan berjalan maksimal. Itu dapat dilihat dari lesadaran peserta didik dalam menjaga dan merawat lingkungan sekolah. Tidak jarang siswa kami menegur temannya manakala didapati membuang sampah sembarangan ” jelas Diah Puspitasari, S.Pd Sekretaris 1 ti GSF 2016 SMPN 23 Malang.

Beberapa kegiatan nyata menyongsong GSF 2016 yang telah dilakukan oleh SMPN 23 Malang diantaranya menggelar aksi bersih – bersih sekolah setiap hari jum at dan hari sabtu. Melakukan pendataan jumlah ebergi yang dikeluarkan dilingkungan sekolah seperti mengukur suhu ruang.

Tidak cukup hanya disitu saja, sembilan koordinator isu GSF yang dipegang oleh para pendidik SMPN 23 beserta 36 siswa tim GSF juga telah merampungkan kegiatan pengamatan lingkungan serta eco mapping dilingkungan sekolah.

” Melalui kegiatan GSF 2016 ini, kami jadikan sebagai moment sekaligus langkah awal menumbuh kembangkan kepedulian lingkungan pada peserta didiknkami dan juga seluruh elemen yang ada di SMPN 23 Malang. Karena yang tersulit adalah membentuk budaya peduli lingkungan. Namun kesulitan itu dapat teratasi berkat kerjasama seluruh keluarga besar SMPN 23 Malang ” jelas Udadi. (fan)

Gelaran Perkotaru SMKN 7 Malang Diisi Kegiatan Edukatif dan Bakti Sosial.

Sidik Priyono memberikan sambutan pada pembukaan Perkotaru SMKN 7 Malang (fandi harianto)

Sidik Priyono memberikan sambutan pada pembukaan Perkotaru SMKN 7 Malang (fandi harianto)

Malang – Tahun Ajaran baru, otomatis lembaga pendidikan berbagai jenjang juga turut mendapatkan siswa baru. Untuk menggantikan siswa sekaligus mengembangkan pembinaan pramuka, maka perlu adanya regenerasi. Demikian pula yang dilakukan oleh SMK Negeri 7 Malang.

Sekolah jenjang SMK yang kini dikepalai oleh Drs. Sidik Priyono, M.Pd itupun menggelar Perkemahan Anggota Baru gugus depan ambalan SMK Negeri 7 Malang pada Jum’at hingga Sabtu tanggal 26 hingga 27 Agustus 2016.

Kegiatan Perkotaru inipun diikuti tidak kurang dari 484 siswa baru kelas X SMK Negeri 7 Malang. Beberapa kegiatan uang dilaksanakan dalam gelaran Perkotaru SMK yang berada dikawasan jalan Sasuit Tubun Malang itu diabtaranya pengenalan anggota baru sekaligus pemaparan program pramuka.

Selain itu materi dasar kepramukaan, materi pengenalan Gugus Depan Ambalan SMKN 7 Malang juga tidak luput diberikan pada para peserta.

” Dengan kalian mengikuti kegiatan Perkotaru ini wawasan dan juga pemahaman kalian semua tentang SMKN 7 Malang dapat lebih baik lagi, khususnya dibidang kegiatan ekstrakurikuler wajib pramuka. ” ujar Sidik Priyono dihadapan peserta didiknya saat memberikan sambutan pda pembukaan Perkotaru.

Mantan Kepala SDN Bunulrejo 2 Malang itupun lebih lanjut mengatakan usai mengikuti perkotaru ini, jiwa kemandirian, rasa persatuan dan kesatuan antar teman, kebersamaan dan juga daya kreatifitas peserta dapat meningkat dari sebelumnya.

Agar tidak membosankan, pihak pelaksana Perkotaru SMKN 7 Malang memberikan pemaparan materi kepramukaan dengan diselingi game game game interaktif yang menarik dikemas dalam bentuk outbond. Kegiatan inipun ditutup dengan peresmian anggota sekaligus pelantikan dewan ambalan SMKN 7 Malang yang sebelumnya para peserta melaksanakan kegiatan bakti sosi melakukan pembersihan lingkungan di sekitar sekolah. (fan)

SMPN 5 Malang Gelar Perkotaru Wujudkan Generasi Berkarakter.

Drs. Burhanuddin, M.Pd memimpin apel pembukaan Perkotaru SMPN 5 Malang (fandi harianto)

Drs. Burhanuddin, M.Pd memimpin apel pembukaan Perkotaru SMPN 5 Malang (fandi harianto)

Malang – Dipilihnya Pramuka sebagai ekstrakurikuler yang wajib di ikuti seluruh peserta didik pada semua jenjang pendidikan mulai SD, SMP, SMA, dan SMK sederajat oleh Kemendikbud RI diperlukan sebuah program dan juga implementasi pembinaan, serta kaderisasi pramuka pada semua lini.

Hal itulah yang menjadikan salah satu dasar SMP Negeri 5 Malang yang kini dikepalai oleh Drs. Burhanuddin, M.Pd menggelar Perkemahan Anggota Baru (Perkotaru) Gugus Depan 01067 dan Gugus Depan 01068 binaan Azhar Arani pada sabtu dan minggu tanggal 27 hingga 28 Agustus 2016.

Dalam sambutannya dihadapan 296 peserta didik kelas VII, Burhanuddin mengatakan bahwasannya Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi peserta didik di seluruh indonesia.

” Pemangku kebijakan menilai, dalam kegiatan kepramukaan mampu menciptakan generasi bangsa yang berkuliatas. Nilai nilai yang terkandung dalam dasa darma pramuka membentuk karakter dan budi pekerti yang luhur. ” ujar Burhnuddin dihadapan peserta Perkotaru SMPN 5 Malang.

Sementara itu, Azhar Aranani Pembina pramuka sekaligus penanggung Jawab kegiatan ini menjelaskan bahwasannya dengan diadakannya Perkotaru ono, proses kaderisasi anak didik dibidang pramuka dapat berjalan dan berkesinambungan.

” Ada beberapa materi yang diberikan pada peserta Perkotaru SMPN 5 Malang. Diantaranya pengenalan Gugus Depan 01067 dan Gugus Depan 01068, materi PBB, materi kepramukaan. Tidak hanya menjejali peserta dengan materi saja, namun pihak pelaksana Perkotaru juga mengadakan beberapa permainan dan gelaran pentas seni sebagai bentuk wadah eksplorasi potensi anak didik SMPN 5 di bidang seni. ” terang Azhar.

Lebih lanjut, pria yang kesehariannya merupakan guru bidang study TIK otupun menyebutkan bahwasannya peserta Perkotaru tahun ini diikuti oleh 296 siswa baru kelas VII dari sembilan rombel yang ada di SMPN 5 Malang. (fan)

Jalin Kebersamaan SDN Rampal Celaket 1 Malang Gelar Jalan Sehat Bareng Orang Tua Siswa.

Komite SDN Rampal Celaket 1 Malang menjadi pelaksana kegiatan jalan sehat kebersamaan (fandi harianto)

Komite SDN Rampal Celaket 1 Malang menjadi pelaksana kegiatan jalan sehat kebersamaan (fandi harianto)

Malang – Puncak peringatan HUT RI ke 71 SDN Rampal Celaket 1 Malang ditandai dengan gelaran jalan sehat bareng bersama siswa dan juga orang tuanya pada Sabtu, 27 Agustus 2016. Gelaran acara inipun sepenuhnya dijalankan komite sekolah yang kini dikepalai oleh Farida Ariani, S.Pd.

Jalan sehat yang dimulai pukul 07.00 itupun diberangkatkan secara langsung oleh Farida Ariani, S.Pd bersama dengan Ketua Komite sekolah yang berada di jalanTretes Selatan No. 26 itu. 384 peserta didik dengan didampingi orang tuanya masing – masing itupun antusias mengikuti kegiatan ini.

” Gerak jalan pada tahun ini sengaja kami ikut sertakan orang tua siswa sebagai media peningkatan kedekatan emosional antara buah hati mereka dan juga dengan pihak sekolah ” tutur Farida.

Lebih lanjut Farida mengatakan dengan adanya jalan sehat ini kebersamaan seluruh elemen yang ada di SDN Rampal Celaket 1 Malang dapat ditingkatkan dan pada akhirnya dapat mewujudkan program sekolah demi mendapatkan hasil yang maksimal.

Usai mengikuti jalan sehat, peserta pun dengan sabar dan telaten menunggu undian untuk mendapatkan doorprize yang disediakan panitia. Wujud nyata meningkatkan jalinan kebersamaan itupun terlihat dari adanya stand bazar yang di kelola orang tua siswa masing – masing.

” Kami berharap kebersamaan seperti ini terus dilanjutkan pada moment moment lainnya. Dengan komunikasi dan koordinasi yang baik seperti yang telah berjalan saat ini, kami sebagai orang tua dapat mengetahui secara pasti program kerja dan juga keinginan pihak sekolah demi kemajuan bersama ” tutur ketua komite SDN Rampal Celaket 1 Malang Sujiono.

Agar proses pembagian doorprize tidak membosankan, panitia menyediakan panggung hiburan sebagai wadah eksplorasi bakat potensi yang dimiliki siswa maupun orang tua peserta didik. Bahkan orang tua tidak segan segan mendampingi buah hati mereka saat tampil diatas panggung. Beryanyi bersama dan joget bersama yang jarang sekali dilakukan. (fan)