Get Adobe Flash player

Pencegahan Korupsi Pada Sektor Pendidikan di Kota Malang oleh KPK

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meIaksanakan kegiatan pencegahan korupsi pada sektor Kepentingan Nasional (Pendidikan) dengan piloting berapa kota, salah satunya Kota Malang Jawa Timur, Sebagai tahap awal pelaksanaan program tersebut, KPK akan me Iaksanakan kegiatan Koordinasi Teknis Pencegahan Korupsi Sektor Kepentingan Nasional (Pendidikan).

Sebagai tahapan pelaksanaan program tersebut, KPK meIaksanakan kegiatan focus group discussion (FGD) yang di ikuti oleh Dinas Pendidikan Kota Malang, Inspektorat Pemerintah Kota Malang,  Dinas Kesehatan Kota Malang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Malang, Dinas Pemuda dan Olah Raga Kota Malang, Perwakilan Kepala Sekolah SD, SMP dan  SMA/SMK, Perwakilan Guru SD, SMP dan SMA/SMK, HIMPAUDNI Kota Malang, Pengawas Sekolah SD, SMP dan SMA/SMK,  Pengurus PGRI Kota Malang, LPMP Provinsi Jawa Timur, LPPM Universitas Negeri Malang, LPPM Universitas Brawijaya Malang dan Forum Indonesia Muda Malang dengan pemateri Direktur Litbang KPK Dr. Roni Dwi Susanto beserta Tim.

Dari hasil kegiatan focus group discussion (FGD) Dinas Pendidikan Kota Malang mempunyai Rencana Aksi yaitu

  • Publikasi laporan RKAS dan pertanggungjawaban penggunaan dana Bos oleh sekolah dapat diakses publik.
  • Publikasi informasi mutakhir terkait anggaran dan kegiatan yang dilakukan di sector pendidikan secara berkala dan dapat di akses secara luas oleh publik.
  • Publikasi mekanisme penerimaan siswa baru yang bebas korupsi.
  • Modul pendidikan anti korupsi sebagai muatan lokal di satuan pendidikan.
  • Sosialisasi / kampanye anti korupsi kepada satuan pendidikan dan masyarakat

Sebagai langkah awal kegiatan pencegahan korupsi pada sektor Kepentingan Nasional (Pendidikan) ini KPK akan melakukan dengan piloting 20 Sekolah di Kota Malang.

SMA Surya Buana Kembali Mengukir Prestasi di Kancah Dunia

Pada tanggal 2 – 5 februari 2015 dua siswa SMA SURYA BUANA yang bernama: Amalia Nadya Aripuspita  dan Wahid Hasyim As’ari Samallo, mengikuti lomba exhibition at the thailand inventor’s day 2015 yang diselenggarakan oleh National Research Council Of Thailand (NRCT), dari lomba tersebut, siswa SURYA BUANA mendapat beberapa penghargaan, yaitu :

Atas nama Wahid Hasyim As’ari Samallo, memperoleh :

  1. Medali Emas dari IIPNF (International Intellectual Property Network Forum).
  2. Medali Emas dari WIPA (World Invention Intellectual Property Associations).
  3. Medali perak dari NRCT (National Research Council Of Thailand).

Selain mendapat penghargaan tersebut di atas, siswa tersebut juga mendapat penghargaan sebagai Best Innovative Award dari Universiti Malaysia Pahang.

Atas nama Amalia Nadya Aripuspita, memperoleh :

  1. Medali Perak dari NRCT (National Research Council Of Thailand).

Selain mendapat penghargaan tersebut di atas siswa tersebut mendapat penghargaan special prize – women inventor dari Universiti Malaysia Pahang.

surya 1

(wahid mendapatkan silver prize dari NRCT)

surya 2

(Amalia mendapatkan silver prize dari NRCT)

surya 3

Wahid mendapatkan Medali Emas dari WIPA

(World Invention Intellectual Property Associations).

 

Siswa SMA Surya Buana Malang Berprestasi Internasional

Dalam ajang  1st Korea  Creative Invention Contest (CIC) yang dilaksanakan di Korea Selatan pada tanggal 16 Agustus 2014.  Indonesia di wakili oleh dua siswa dari SMA Surya Buana Malang yang bernama Eka Denima Rahmawati dan Zahra Nabila Izdihar. Dalam Ajang tersebut  berhasil mendapatkan 3 Medali Emas, yaitu :  1. Gold Medal dari CIC (Creative Invention Contest), 2. Spesial Award dari AIA (Asia Invention Association), 3. Certificate of Membership dari ACSIA (Asia Creative Student Inventors Association).

surya buana 1

 

Selain itu satu siswa dari SMA Surya Buana yang bernama Aulia Hidayat juga berhasil mendapatkan 1 (satu) Medali Emas dari World Inventors Award Fesitval (WIAF) yang dilaksanakan di Korea Selatan pada tanggal 13 Desember 2014.

surya buana

Pelatihan E-Learning bagi Pengawas SD Kota Malang

      pel elearning 1

           Dengan  Perkembangan Teknologi dan Informasi yang berkembang pesat pada saat ini sangat berpengaruh di segala sendi kehidupan, terutama dalam dunia pendidikan yang dimana dengan pemanfaatan teknologi yang tepat dalam membatu guru maupun murid dalam proses pembelajar. Dalam pemanfaat teknologi harus disertai dengan kemampuan sumber daya manusia yang memadai agar dapat memanfaatkan secara optimal.

pel elearning 2

           Dalam rangka pengembangan  sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang, mengadakan Pelatihan Pemanfaatan Elearning bagi Pengawas SD Kota Malang. dengan dilatihnya pengawas SD ini diharapkan dapat menyebarluaskannya ke sekolah – sekolah yang menjadi binaanya

Pengumuman Pemenang Pelelangan Sederhana Pascakualifikasi Pengadaan Barang Di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang Tahun 2014

Pengumuman Pemenang Pelelangan Pascakualifikasi Pengadaan Barang secara E-Proc di Lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang tahun Anggaran 2014 adalah sebagai berikut :

  1. Belanja Barang Perlengkapan/Praktek (Pengadaan Buku Teks Pembelajaran Mata Pelajaran Peminatan SMA) Untuk Kegiatan Pengadaan Buku Kurikulum 2013 Bagi SMA/SMK; bisa diunduh disini
  2. Belanja Barang Yang Akan Diserahkan Kepada Pihak Ketiga (Pengadaan Buku Teks Pembelajaran Mata Pelajaran Peminatan SMA) Untuk Kegiatan Pengadaan Buku Kurikulum 2013 Bagi SMA/SMK; bisa diunduh disini

Malang, 4 Nopember 2014

Pokja ULP Barang/Jasa Dinas Pendidikan Kota Malang