Get Adobe Flash player

Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM
KALENDER
January 2018
M T W T F S S
« Dec   Feb »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  
AFILIANSI


Archive for January 8th, 2018

Siapkan Akreditasi, Gugus 4 Lowokwaru Gelar Pengarahan Bersama

IMG-20180108-WA0067

Malang – Jelang gelaran akreditasi yang bakal dilakoni oleh sekolah se Gugus 4 Lowokwaru yangvterdiri atas SDN Percobaan 1, SDN Sumbersari 2, SDN Sumbersari 3 dan SDN Ketawanggede melakukan berbagai persiapan. Salah satunya dengan menggelar pengarahan persiapan instrumen akreditasi pada Senin 8 Januari 2018 di aula SDN Percobaan 1 Malang.

Screenshot_20180108-144155_1

” Dengan menggelar pengarahan persiapan instrumen akreditasi yang teridiri atas delapan standart nasional pendidikan seperti standar proses, standar isi, standar pembiayaan, standar sarana prasarana, standar kompetensi lulusan, standar pendidik dan tenaga kependidikan, standar pengelolaan, dan standar penilaian sekolah se Gugus 4 Lowokwaru dapat meraih hasil yang maksimal. ” terang Ketua Gugus 4 Lowokwaru sekaligus Kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah.

IMG-20180108-WA0055

Dihadapan para peserta pengarahan persiapan akreditasi, pengawa SD Rinas Pendidikan Kota Malang Dra. Wahyuni Ismiatie, M.Pd mengatakan bahwasannya saat ini terjadi perubahan nilai.minimal yang harus diraih oleh sekolah jika ingin mendapatkan predikat akreditasi A. Jika pada periode sebelumnya minimal point yang harus didapatkan untuk memperoleh Akreditasi A hanya 86 point, tapi untuk periode ini minimal sekolah harus mendapatkan point 91.

IMG-20180108-WA0072

Peserta pengarahan persiapan akreditasi sekolah se Gugus 4 Lowokwaru inipun diikuti oleh 32 orang peserta yang merupakan koordinator masing – masing instrument akreditasi di empat SD serta kepala SDN Percobaan 1 Malang Dra. Anny Saidah, Kepala SDN Sumbersari 2 Sri Utami, S.Pd, Kepala SDN Sumbersari 3 Susanto, S.Pd serta Kepala SDN Ketawanggede Bambang Duryadi, S.Pd., M.Pd.

IMG-20180108-WA0066

Akreditasi sekolah yang rutin dilaksanakan setiap lima rahun sekali ini merupakan sebuah upaya untuk memperolah gambaran kinerja sekolah sebagai alat pembinaan, pengembangan, dan peningkatan mutu; serta menentukan tingkat kelayakan suatu sekolah dalam penyelenggaraan pelayanan pendidikan berdasarkan Keputusan Menteri pendidikan Nasional Nomor 087/U/2002 tentang akreditasi sekolah.

IMG-20180108-WA0057

Untuk sekadar diketahui, proses akreditasi merupakan sebuah pengakuan dan penilaian terhadap suatu lembaga pendidikan tentang kelayakan dan kinerja suatu lembaga pendidikan yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Sekolah Nasional (BASNAS)/ Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M) yang kemudian hasilnya berbentuk pengakuan peringkat kelayakan. Akreditasi ini dilakukan dengan membandingkan keadaan sekolah yang sebenarnya dengan kriteria standar yang telah ditetapkan. (fandi harianto)

Jajaran Dindik Hadiri Perayaan Natal Guru Se Kota Malang

P_20180108_110237

Malang – Perayaan Hari Natal tahun 2017 yang dilaksanakan oleh Paguyuban Guru Karyawan Kristiani ( PGKK) Kota Malang pada Senin, 8 Desember 2018 di Aula SMaK St. Albertus dihadiri secara langsung oleh Kepala Dinas Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. Sebagai rasa penghormatan sekaligus bentuk solidaritas atas keberagaman, Zubaidah tidak hanya hadir seorang diri. Kehadiran orang nomor satu di jajaran Dinas Pendidikan Kota Malang pada gelaran perayaan Natal inipun didampingi oleh Sekretaris Drs. Totok Kasianto, Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidikan dan Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.MPd., Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd., Kepala Seksi Peserta Didik dan Kurikulum Bidang Pembinaan SD Dyah Cristhiana, S.Pd.

P_20180108_100754

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana Asmaji, M.Pd Pmenuturkan bahwasannya pada gelaran perayaan Natal 2017 oleh PGKK Kota Malang yang mengambil tema ” Hendaklah Damai sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu” diikuti oleh ribuan anggota PGKK pada semua jenjang pendidikan yang ada, baik PG/TK, SD, SMP, SMA dan SMK sebagai momentum untuk meningkatkan kinerja, etos kerja dan membulatkan tekad meningkatkan pelayanan pendidikan pada siswa dengan damai.

P_20180108_110227

Perayaan Natal PGKK Kota Malang inipun turut pula dihadiri oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu Drs. Adi Prajitno, MM beserta jajarannya. Kegiatan perayaan Natal PGKK Kota Malang inipun diisi dengan beberapa penampilan peserta didik baik pada jenjang PG/TK, SD, SMP, SMA dan SMK sebagai bentuk rasa syukur.

” Terima kasih atas perhatian Dinas Pendidikan Kota Malang yang tiada terhingga menyempatkan hadir di tengah kesibukan yang luar biasa. Kehadiran Ibu Kepala Dinas beserta jajaran menjadi sebuah kehormatan sekaligus kebanggaan pada diri kami. Sehingga kegembiraan anggota PGKK dalam merayakan Natal 2017 ini semakin berlipat ” tutur Perwakilan pengurus PGKK Tutut yang juga merupakan Kepala SMP Negeri 3 Malang.

P_20180108_103918

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur Wilayah Kota Malang dan Kota Batu Drs. Adi Prajitno, MM mengucapkan terima kasih pada jajaran pengurus PGKK Kota Malang atas terselenggaranya kegiatan pada pagi hari ini. Sebab kegiatan semacam ini mampu menjadi sebuah jembatan komunikasi dan digunakan sebagai wadah silaturahmi, sehingga kebersamaan, persatuan dan kesatuan dapat diwujudkan. Guru sebagai pendidik yang merupakan panutan siswa wajib menanamkan pentingnya kebersamaan dalam menjaga kesatuan Republik Indonesia.

Screenshot_20180108-142536_1

Sementara itu, dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menuturkan agar tetap fokus pada Tupoksi sebagai pendidik. Jangan termakan atau terpengaruh dengan isu – isu yang tidak bertanggung jawab yang beredar. Tetaplah fokus pada pelayanan pendidikan demi mewujudkan generasi yang ceria cerdas cemerlang dan bermartabat sehingga ke depan menjadi insan yang mampu bersaing di era global. Dan terima kasih atas kinerja dan etos kerja atas segala daya upaya jajaran pendidik Kota Malang yang telah membuahkan puluhan prestasi. Kami mohon agar prestasi ke depan tetap dipertahankan dan terus ditingkatkan dalam bingkai kebersamaan yang dilandasi oleh kedamaian dalam hati.

P_20180108_110211

Kegiatan perayaan Natal 2017 oleh PGKK Kota Malang inipun diwarnai pula dengan prosesi penyalaan tujuh lilin yang secara bergantian dilakukan oleh Romo Ghoris, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Kepala Cabang Dinas Pendidikan Propinsi Jawa Timur, dan perwakilan pengurus PGKK Kota Malang. (fandi harianto)

K3S Sukun Galang Kebersamaan Berikan Bantuan Korban Bencana Pacitan

IMG-20180108-WA0016

Malang – Kebersamaan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Kecamatan Sukun Kota Malang yang kini diketuai oleh Djaka Purwanto tidak hanya pada tataran kedinasan dan berkutat pada pelaksanaan kerja dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan semata. Namun banyak hal yang dilakukab diantaranya dengan menumbuhkembangkan sikap peduli sesama utamanya pada pihak pihak yang membutuhkan. Tidak hanya di lingkungan kecamatan Sukun semata atau lingkup kota Malang saja, namun juga menjamah area luar kota Malang.

Seperti yang nampak pada Sabtu, 6 Januari 2018, perwakilan K3S Kecamatan Sukun yang terdiri atas DJaka Purwanto Kepala SDN Ciptomulyo 1, Saleh Rifadi Kepala SDN Tanjungrejo 2, Rachmat Suliadi Kepala SDN Kebonsari 2, Djumari Kepala SDN Pisabgcandi 3, Suko Pramono Kepala SDN Bandulan 3, Jamiatul Jamilah Kepala SDN Gadang 4, Sriwati Kepala SDN Kebonsari 4, Endang Sri Harini Kepala SDN Karangbesuki 4 bertolak menuju Pacitan guna menyerahkan bantuan hasil pengumpulan insan pendidikan di lingkungan Kecamatan Sukun.

FB_IMG_1515395166209

” Pemberian bantuan ini merupakan salah satu program kerja K3S Sukun dalam bidang sosial. Dan untuk penggalangan bantuan korban bencana Pacitan terkumpul dana sebesar 83.801.000. Dana itu terkumpul dari bantuan peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan dan partisipasi orangtua siswa se Kecamatan Sukun. ” terang Ketua K3S Sukun Djaka Purwanto diruang kerjanya sesaat sebelum bertolak ke Pacitan.

FB_IMG_1515395113920

Sementara itu, ketua pelaksana penyaluran bantuan bencana alam Pacitan Suko Pramono menuturkan bahwasannya selain uang tunai, bantuan yang diberikan diantaranya beruapa alat tulis maupun perlengkapan sekolah (seragam,sepatu, tas, buku, pensil, bolpoint, dll), sarung, baju bekas layak pakai serta bahan makanan.

Agar bantuan yang diberikan K3S Sukun ini membawa manfaat, efisien, efektif dan tepat sasaran, sebelumnya telah dilakukan komunikasi intensif antara pihak K3S Sukun dengan pihak calon penerima bantuan diantaranya SMPN Nawangan, SDN Sinorboyo 1, SDN Sinorboyo 2, SDN Sinorboyo 3, SDN Kembang dan SDN Semanten.

IMG-20180108-WA0013

Berangkat dari kota Malang tepat pukul 10.00 WIB, rombongan K3S Sukun yang membawa bantuan bagi korban bencana pacitan, tiba dilokasi yang dituju pada tengah malam dan menyerahkan bantuan dibeberapa tempat secara simbolis. Kehadiiran perwakilan K3S Sukun inipun langsung disambut gembira sekaligus haru oleh jajaran insan pendidikan Pacitan penerima bantuan. (fandi harianto)

Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang Diserah Terimakan Pada Maria Muslicah, S.Pd

FB_IMG_1515394369312

Malang – Bertempat di aula SDN Jatimulyo 2 Malang, kawasan jalan Kenanga Indah No. 2 pada Rabu, 3 Januari 2018 Sutiyono, M.Pd menyerahkan jabatan Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang kepada Maria Muslichah,S.Pd. prosesi serah terima jabatan ini menjadi pelengkap atas pengukuhan Maria Muslichah, S.Pd sebagai Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang oleh Walikota H.M Anton beberapa waktu lalu.

Serah terima jabatan Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang dari Sutiyono, M.Pd kepada Maria Muslichah, S.Pd inipun dihadiri serta disaksikan secara langsung Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Indah Warniati, K3S Gugus 7 Lowokwaru, jajaran pendidik dan tenaga kependidikan SDN Jatimulyo 2 Malang serta keluarga besar SDN Purwantoro 8 Malang.

” Jujur saya sebelumnya tidak mengetahui SDN Jatimulyo 2. Namun saat pertama kali datang disini saya langsung jatuh cinta. Lingkungannya asri, orangnya ramah dan semuanya telah tertata dengan baik. 28 tahun sudah saya mengabdi sebagai pendidik di SDN Purwantoro 8 Malang dan beberapa waktu lalu mendapatkan amanah dari Dinas Pendidikan Kota Malang untuk mengelola sekaligus memegang tongkat kendali SDN Jatimulyo 2 Malang. Tentunya masih banyak hal yang perlu saya pelajari, sehingga dalam kesempatan ini saya memohon kesediaan K3S Gugus 7 Lowokwaru, ibu pengawas dan juga keluarga besar SDN Jatimulyo 2 Malang untuk senantiasa sharing ilmu, pengalaman serta bimbingannya ” tutur Maria Muslichah, S.Pd dalam sambutannya.

FB_IMG_1515394387107

Lebih lanjut Maria Muslichah menghaturkan terima kasih pada keluarga besar SDN Purwantoro 8 Malang yang selama ini telah menjadi bagian hidupnya hingga pada detik ini masih setia turut mendampinginya dalam prosesi sertijab ini. Maria juga berharap jika kedepannya nanti jalinan kerjasama yang telah terajut dilingkungan SDN Jatimulyo 2 Malang ini terus ditingkatkan dan berkelanjutan agar dapat meraih serta mewujudkan visi misi SDN Jatimulyo 2 Malang dengan baik.

Sedangkan dalam sambutannya, Sutiyono, M.Pd menghaturkan terima kasih atas kerjasama keluarga besar SDN Jatimulyo 2 Malang selama ia memimpin sehingga berjalan dengan baik dan lancar. Sutiyono, M.Pd juga menghaturkan permohonan maaf jika selama memimpin SDN Jatimulyo 2 Malang ada ucapan, perilaku ataupun sikapnya yang kurang berkenan dihati.

FB_IMG_1515394375974

Prosesi serah terima jabatan Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang inipun dipungkasi dengan penanda tanganan berita acara yang disaksikan oleh Pengawas SD Gugus 7 Lowokwaru Dra. Indah Warniati. (fandi harianto)