Get Adobe Flash player

Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM
KALENDER
March 2018
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
AFILIANSI


Archive for March, 2018

Meski Terjepit Hari Libur, Sekolah Beraktifitas Seperti Biasa

P_20180331_074412

Malang – Sabtu, 31 Maret 2018 merupakan hari yang diapit oleh hari libur nasional Wafatnya Isa Al Masih yang jatuh Jum’at 30 Maret 2018 dan hari libur reguler Minggu 1 April 2018. Namun itu bukan berarti menjadi pemakluman bagi sekolah – sekolah yang saat ini masih menjalankan enam hari sekolah, untuk meniadakan proses kegiatan belajar mengajar.

IMG-20180331-WA0013

Nampak di SDN Blimbing 2 Malang ratusan siswa satuan pendidikan yang kini dikepalai oleh Dwi Darti Iriantini, S.Pd., M.Hum itupun tetap masuk seperti hari efektif lainnya. Bahkan diakhir pekan ini kegiatan SD yang berada dikawasan jalan LA Sucipto Gg SD No. 12 nampak padat.

IMG-20180331-WA0008

Selain diisi dengan proses belajar mengajar seperti biasanya serta pelaksanaan ekstrakurikuler wajib Pramuka, hari ini siswa SDN Blimbing 2 Malang juga mengadakan outing class berbelanja secara langsung di salah satu outlet jaringan minimarket nasional di sekitar sekolah serta melaksanakan kegiatan ujian praktek membatik bagi siswa kelas enam.

P_20180331_071425

” Dengan menggelar kegiatan proses belajar mengajar pada hari yang diapit hari libur menjadi tantangan tersendiri. Pembelajaran pada hari ini dan hari yang sama sebelumnya merupakan komitment kami sekaligus mengimplementasikan secara langsung dan sederhana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah kami jalankan ” terang kepala SDN Blimbing 2 Dwi Darti Iriantini, S.Pd., M.Hum.

P_20180331_072805

Pun demikian halnya terlihat di SDN Tunjungsekar 4 Malang kawasan jalan Ikan Gurami No. 4 yang kini dikepalai oleh Ari Sayekti, S.Pd. Terlihat ratusan siswa SDN Tunjungsekar 4 Malang dengan berseragam pramuka berjajar rapi di halaman sekolah untuk melaksanakan senam kesehatan jasmani sebagai proses mengawali kegiatan belajar mengajar.

IMG-20180331-WA0034

” Kami bersyukur bahwasannya peserta didik kami sangat antusias dan bersemangat untuk bersekolah meski dihari yang seharusnya mereka dapat menikmati libur panjang akhir pekan seperti teman mereka yang bersekolah di SD lain. Selain itu pada hari ini kami melaksanakan beberapa program sekolah diabtaranya pembagian hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) serta rapat koordinasi dengan orang tua siswa kelas 6 terkait rencana pelaksanaan istighotsah sekaligus beberapa pembekalan terkait persiapan menghadapi Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) jenjang SD ” terang kepala SDN Tunjungsekar 4 Malang Ari Sayekti, S.Pd.

IMG-20180331-WA0035

Di SDN Mojolangu 1 Malang yang berada dikawasan jalan Sudimoro No. 15 nampak ratusan peserta didik dengan tertib mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas mereka masing – masing sebagaimana di hari biasanya. Satuan Pendidikan SD yang kini dikepalai oleh Drs. Paidi, S.Pd., MM ini masih melaksanakan enam hari sekolah. Namun di Semester ke dua nanti atau paling lambat di tahun ajaran baru 2018/2019 mendatang SD yang beberapa waktu lalu mendapat kejutan dikunjungi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM akan melaksanakan pembelajaran 5 hari.

IMG-20180210-WA0017

” Saat ini kami telah melakukan berbagai persiapan terkait pelaksanaan lima hari sekolah. Baik pada sisi sarana prasarana, sisi muatan pembelajaran hingga pemantapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dan yang lebih utama kami menjalin komunikasi dan sosialisasi terkait pelaksanaan lima hari sekolah pada orangtua siswa. Sebab salah satu alasan kami masih menjalankan enam hari sekolah saat ini tidak lain dari masukan dan juga keinginan para orangtua. ” terang Kepala SDN Mojolangu 1 Malang Drs. Paidi, S.Pd., MM. (fandi harianto)

PTK Dindik Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se Klojen

P_20180310_091958

Malang – Selama dua hari ini, 565 Guru Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Taman Kanak – Kanak (TK) se wilayah Kecamatan Klojen akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Bimtek yang dimulai pada Sabtu, 10 Maret 2018 hingga Minggu 11 Maret 2018 inipun dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Dra. Hj. Astried Wahid Wahyudi istri Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi.

P_20180310_085556

” Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya dimana telah dilaksanakan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru KB, PAUD dan TK se Wilayah Kecamatan Kedungkandang serta Kecamatan Lowokwaru. Jumlah peserta Bimtek Peningkatan Kompetensi sebanyak 586 guru terdiri atas 111 guru POS PAUD, 92 Guru Kelompok Bermain dan 362 guru TK. ” terang Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd.

P_20180310_084412

Lebih lanjut Sutrisnawati menuturkan bahwasannya penyelenggaraan kegiatan ini sebagai upaya Dinas Pendidikan untuk memberikan motivasi yang positif untuk pengembangan karir pendidik serta peningkatan kepercayaan diri. dan pada akhirnya menjadi inspirasi peserta didik untuk maju dan berkembang melalui metode pembelajaran pedagogik, ketrampilan dan sosial yang tepat guna, terarah, terstruktur dan terprogram dengan baik.

P_20180310_090335

Sementara itu dalam sambutannya Bunda PAUD Dra. Hj. Astried Wahid Wahyudi istri Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi sebelum membuka secara resmi kegiatan ini mengatakan bahwasannya Guru PAUD memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan juga pola pikir anak. Sebab guru PAUD menjadi salah satu komponen utama dalam pendidikan anak selain Ibu Kandung dan juga lingkungan. Maka daripada itu peningkatan kompetensi guru PAUD mutlak diperlukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang baik, pengawasan yang ideal, serta pembelajaran yang menyenangkan.

P_20180310_093228

Usai serangkaian ceremonial dituntaskan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memberikan pemaparan mengenai kebijakan pendidikan anak usia dini di Kota Malang bertajuk Kebijakan Pemerintah dalam mengatasi Tantangan Pengembangan Kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam prakata pendahuluannya, Dra. Zubaidah, MM mengatakan pentingnya peranan guru PAUD dalam memersiapan untuk hidup, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal itu dapat dilakukan secara sederhana melalui pembiasaan literasi dan pembiasaan sikap positif melalui Penguatan Pendidikan Karakter.

P_20180310_084548

” Dalam rangka mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan amanat Undang Undang maupun peratiran yang ada maka diperlukan adanya guru dan tutor berkualitas dan berkompeten, lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan sehat, fasilitas sekolah yang memenuhi standart, dan support atau dukungan orangtua guna mensukseskan program sekolah.” tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20180310_092402

Pada kesempatan ini, Zubaidah mengingatkan pada peserta Bimtek untuk menggunakan dan memanfaatkan Bantuan Operasional PAUD (BOP) dengan hati – hati dalam menyusun perencanaan, membelanjakan anggaran dan menyusun pelaporan. Semuanya harus sesuai, runut dan juga cermat serta tepat. Jangan percayai pihak manapun yang mengatasnamakan Kepala Dinas Pendidikan telah memberikan rekomendasi dan persetujuan sebagai pihak pengadaan barang.

P_20180310_091628

Selain memperoleh materi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM peserta Bimtek juga bakal di upgrade kompetensinya melalui beberapa materi yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten. Materi tersebut diantaranya Memahami psikologi tumbuh kembang anak usia dini sesuai dengan tahapan usia anak, mengembangkan materi pembelajaran melalui lagu, dan gerak anak untuk menstimulasi kreativitas, kebahagiaan dan spiritualitas anak, mengembangkan media pembelajaran PAUD dalam bentuk alat permainan edukatif (APE), meningkatkan kapasitas profesionalitas guru, metode pembelajaran PAUD, bermain dan permainan melalui APE untuk usia dini (fandi harianto).

Siapkan UNBK Kejar Paket B dan C Dindik Gelar Rakor

Screenshot_20180309-190208_1

Malang – Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM terus melakukan berbagai upaya untuk memaksimalkan pelayanan pendidikan. Tidak terkecuali pada Warga Belajar yang mengenyam pendidikan melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) lewat program Kejar Paket B (sederajat SMP) maupun Kejar Paket C (sederajat SMA). Salah satu usaha tersebut yakni mempersiapkan secara matang penyelenggaraan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) yang telah terjadwal bagi Warga Belajar PKBM.

IMG_3192

Persiapan itupun diawali dengan menggelar rapat koordinasi terkait teknis penyelenggaraan UNBK bagi Warga Belajar PKBM Kejar Paket B dan Kejar Paket C pada Kamis, 8 Maret 2018 di Aula komplek Kantor Dinas Pendidikan Kawasan Jalan Veteran No. 19 Malang. Bidang PAUD dan Pendidikan Non Formal sebagai penanggung jawab penyelenggaraan UNBK WB PKBM inipun mengundang Kepala Sekolah sekaligus operator SMP Negeri 2, SMP Negeri 3, SMP Negeri 5, SMP Negeri 6, SMP Negeri 8, SMP Negeri 9, SMP Negeri 18 dan SMP Negeri 20 untuk mengikuti gelaran rapat koordinasi ini.

IMG_3239

Rakor inipun dihadiri pula oleh pihak PKBM selaku penyelenggara proses belajar dan mengajar yang dijalani oleh Warga Belajar diantaranya PKBM Al Khadijah, Srikandi, PPS Darrita Lim Wadda Wah, PPS Ulum As Syar Iayah, S. Supriadi, Sanggar Kegiatan Belajar Kota Malang (SKB), Ash Habul Hidayah, Zam – Zam, Kartini, Kendedes, Sabilun Najjah dan PKBM Ki Hadjar Dewantara.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Sekretaris Dinas Drs. Totok Kasianto serta Kepala Seksi Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Tujuwarno, S.Pt membuka secara langsung kegiatan rakor ini. Dalam sambutannya Dra. Zubaidah, MM berharap sekolah tempat pelaksanaan UNBK untuk WB PKBM secara sungguh – sungguh dan juga memberikan pelayanan secara maksimal tanpa membedakan mereka adalah peserta didik non reguler.

IMG_3200

” Setiap warga negara berhak memperoleh pelayanan pendidikan yang baik dan maksimal sesuai kemampuan daerah serta potensi yang ada. Tidak terkecuali Warga Belajar PKBM yang selama ini menjalani proses belajar mengajar dilembaga non formal. ” himbau Dra. Zubaidah, MM dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Tujuwarno, S.Pt menuturkan bahwasannya pelaksanaan UNBK WB PKBM Kejar Paket C atau setara SMA akan dilaksanakan pada 27 April hingga 13 Mei 2018. Sedangkan untuk UNBK WB PKBM Kejar Paket B atau setara SMP direncanakan dilaksanakan pada 4 hingga 6 Mei 2018 mendatang.

Screenshot_20180309-190218_1

” Bagi peserta WB PKBM Kejar Paket C yang tidak dapat mengikuti UNBK sesuai jadwal tersebut. Kami menyediakan waktu untuk mengikuti UNBK susulan pada 11 hingga 13 Mei 2018. Dan untuk WB PKBM Kejar Paket B UNBK susulan dilaksanakan sama dengan jadwal UNBK Susulan Kejar Paket C.” terang Kepala Seksi Pembinaan Keaksaraan dan Kesetaraan Bidang Pembinaan PAUD dan PNF Tujuwarno, S.Pt. (fandi harianto)

Film “Menolak Diam” Jadi Bahan Diskusi Refleksi Diri Keluarga Besar Dindik Kota Malang

P_20180309_074805

Malang – Nonton bareng (Nobar) film bertajuk ” Menolak Diam” oleh jajaran keluarga besar Dinas Pendidikan (Dindik) Kota Malang pada Jum’at 9 Maret 2018 di Aula Komplek Perkantoran Dindik kawasan jalan Veteran No. 19 Malang menjadi bahan diskusi sekaligus refleksi diri peningkatan pelayanan pendidikan pada masyarakat. Film Menolak Diam meruapakan salah satu media sosialisasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam menumbuhkembangkan keberanian, kepercayaan diri dan ketegasan dalam menindak praktik korupsi yang terjadi pada sebuah instansi pemerintah, tidak terkecuali satuan pendidikan.

Nobar film ” Menolak Diam ” inipun diikuti pula oleh Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd., Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., kepala sub bagian penyusunan anggaran Heny Rachmaniar, SP., MM., Kepala Sub Bagian Keuangan Dra. Lilik Dwi Riyani, jajaran kepala seksi, serta staff Dinas Pendidikan.

P_20180309_074818(1)

Nampak pula 13 orang pengawas TK/SD, enam orang pengawas SMP, Kepala UPT Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kepala UPT Pelayanan Autis Tlogowaru beserta staff dan juga belasan siswa SMK maupun mahasiswa yang melaksanakan magang kerja di Dinas Pendidikan Kota Malang larut menyimak Nobar film ” Menolak Diam ” dari awal hingga akhir sampai dengan diskusi membahas muatan moral yang ada pada film tersebut.

Kegiatan diskusi sekaligus refleksi diri peningkatan pelayanan pendidikan pada masyarakat ini merupakan himbauan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM agar usai nonton bareng film ” Menolak Diam ” untuk berdiskusi bersama.

P_20180309_074848

” Di era keterbukaan dan kecanggihan teknologi saat ini, marilah kita mengutamakan aturan maupun peraturan yang ada sebagai dasar pijakan dalam menjalankan tupoksi. Marilah kita bekerja keras dan bekerja ikhlas diiringi ke hati – hatian dalam bertindak. Jangan bekerja sesuka hati tanpa memperhatikan aturan yang ada , sehingga pada akhirnya menimbulkan permasalahan ” tutur Dra. Zubaidah, MM

P_20180309_091217

Beragam kesan, pesan dan juga pendapat disampaikan penonton film ” Menolak Diam ” pada sessi diskusi dan refleksi yang dipimpin secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto. Pengawas TK/SD wilayah Kecamatan Sukun Drs. Didik Siswanto, M.Pd berkesimpulan bahwasannya apa yang terjadi dan digambarkan pada film ” Menolak Diam ” ini tidak lain disebabkan kurangnya komunikasi pihak – pihak terkait, lemahnya pengawasan, dan minimnya kepedulian masyarakat.

Sementara itu Drs. Totok Edy S., M.Pd yang juga merupakan koordinator Pengawas SMP memiliki pendapat tersendiri. Secara keseluruhan film ” Menolak Diam ” ini sangat bagus dan sarat akan pesan moral. Namun disayangkan kurangnya pendidikan karakter yang digambarkan perlawanan frontal para pemain film yang dianggap kurang sopan dan mengarah pada tindakan yang merugikan diri sendiri.

Pendapat Drs. Totok Edy S., M.Pd itupun sontak mendapatkan beragam tanggapan. Ada yang menerima dan ada pula yang memaklumi tindakan tokoh peran film ” Menolak Diam ” dalam usahanya mengumpulkan bukti serta mencari informasi. Sebab terlebih dahulu empat tokoh film tersebut menanyakan beberapa hal yang mereka nilai ganjil secara baik – baik namun ditanggapi tidak sesuai harapan. Bahkan mereka menerima perlakuan tidak adil. Film ini perlu ditonton oleh peserta didik asal didampingi orang dewasa (guru/orangtua) disertai pemberian pemahaman essensi film tersebut.

P_20180309_083009

” Dari diskusi dengan bahan film “Menolak Diam” ini ada beberapa hal yang perlu di garis bawahi sebagai modal kita merefleksikan diri untuk meningkatlan pelayanan pendidikan pada masyarakat. Pertama dalam hal menjalankan tupoksi kita harus berpijak pada aturan dan peraturan yang ada sesuai dengan himbauan ibu kepala dinas. Kedua transparansi dan komunikasi harus dijalin dengan baik antar pihak terkait, tidak terkecuali dengan siswa, orangtua siswa maupun komite sekolah. Ketiga Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) harus dimaksimalkan sehingga anak didik memiliki karakter yang berbudi luhur, terhindar dari sikap kasar. Point ke empat perlu adanya pemetaan potensi siswa pada satuan pendidikan untuk kemudian dibina dan dikembangkan yang pada akhirnya nanti dapat membuahkan sebuah prestasi yang membanggakan. Dan yang terakhir berhati – hati dalam bekerja, bertindak maupun mengambil keputusan. Pelajari dan pahami aturan yang ada sehingga tupoksi yang kita emban berjalan baik, lancar serta terhindar dari permasalahan. ” tutup Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto di akhir diskusi sekaligus refleksi diri usai nobar film Menolak Diam (fandi harianto)