Get Adobe Flash player

Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM
KALENDER
March 2018
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031  
AFILIANSI


Archive for March 5th, 2018

Sekdin Terima Kunjungan Tim Pembina LLSS Propinsi Jawa Timur

P_20180301_084330

Malang – Kamis, 1 Maret 2018 Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto didamping Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.K.Pd., dan Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd menerima kunjungan Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) atau akrab disebut dengan Lomba UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) diterima secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto beserta jajarannya di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19 Malang. Kehadiran Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tidak lain dalam rangka melakukan monitoring sekaligus evaluasi (Monev) usai ditetapkannya Sektap UKS Kota Malang yang berada dikomplek kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, Sektap UKS Kecamatan Kedungkandang dan SDN Model Tlogowaru juara satu LLSS tingkat propinsi yang otomatis akan maju mewakili Propinsi Jawa Timur pada lomba serupa di tingkat Nasional.

P_20180301_084304

Dalam sambutannya saat menerima kehadira 17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Propinsi Jawa Timur yang mempercayai Kota Malang melaju ke tingkat nasional dalam ajang LLSS. Lebih lanjut, Dinas Pendidikan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pendidikan sekaligus sebagai pelaksana atas kegiatan LLSS ini akan dengan senang hati menerima dan kemudian menindaklanjuti segala arahan, masukan maupun evaluasi agar kedepan dapat meraih hasil terbaik dan maksimal sesuai dengan harapan semua pihak.

Selain dari unsur Dinas Pendidikan Kota Malang, kehadiran 17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur inipun turut pula disambut oleh jajaran dari Dinas Kesehatan, Kantor Kementrian Agama Kota Malang, PKK Kota Malang dan unsur terkait lainnya.

Sementara itu ketua Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur, yang akrab disapa Bunda Anna menuturkan bahwasannya LLSS ini merupakan satu kesatuan sinergitas lintas sektor. Dengan pelibatan lintas sektor dan sinergitas yang baik, diharapkan delapan goal UKS dapat diwujudkan sehingga generasi penerus bangsa di masa mendatang menjadi generasi yang tangguh dan siap menerima tongkat estafet membangun negeri ini.

P_20180301_104304

” Program yang baik dan bagus adalah program yang mengena pada sasaran dalam hal ini peserta didik. Sebab 70 persen penilaian LLSS ada di sekolah, sedangkan 30 persennya di sektap UKS kota maupun Sektap UKS Kecamatan. Saat nanti kami berkunjung ke SDN Model kami mohon ijin untuk melakukan quesioner dan wawancara dengan siswa terhadap essensi terhadap UKS. Sebab essensi dari pada UKS ini bukanlah lomba namun membudayakan hidup sehat. ” tutur Bunda Anna.

P_20180301_092516

Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur kemudian melakukan peninjauan lapangan ke Sektap UKS Kota Malang yang berada di komplek perkantoran Dinas Pendidikan kawasan Jalan Veteran No. 19 Malang, dilanjutkan dengan meninjau Sektap UKS Kecamatan yang berada di kantor Lecamatan Kedungkandang.

P_20180301_112130

Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur mengakhiri rangkaian Monitoring dan Evaluasinya di SDN Model Kota Malang yang berada di kawasan jalan Raya Tlogowwru No. 3. Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur tidak hanya melihat, membaca dan mengamati Dokumen RPP yang terintegrasi dengan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat, manajemen pendidikan sekolah sehat,serta pendidikan kesehatan semata. Namun Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) juga berkeliling di sekolah yang memiliki luasan lahan lima hektare itu.

P_20180301_103937

17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur menyebar ke berbagai titik dan melakukan interaksi dan dialog dengan para siswa SDN Model Kota Malang yang kini dikepalai oleh Siparti, S.Pd., M.Pd itu. Taman edukasi UKS menjadi daya tarik tersendiri di hati Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS).

P_20180301_115659

Usai meninjau lokasi, melakukan dialog interaktif secara langsung dengan para siswa, Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur langsung memaparkan hasil monitoring dan evaluasinya. Beberapa hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam menyongsong perhelatan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Nasional dipaparkan secara bergantian dan menjadi masukan tersendiri untuk ditindak lanjuti secepatnya oleh pihak SDN Model Kota Malang.

P_20180301_104012

” Kami sangat berterima kasih dan merasa beruntung dengan adanya kegiatan monev Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) oleh Propinsi Jawa Timur. Dengan kegiatan ini kami jadi tahu kelemahan apa yang kami miliki dan akan meningkatkan kelebihan yang ada serta menambah beberapa inovasi lagi agar pada pelaksanaan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Nasional kami dapat mempersembahkan hasil yang terbaik dan maksimal. ” tutur Kepala SDN Model Kota Malang Suparti, S.Pd., M.Pd saat mendampingi Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd (fandi harianto)

Pacu Kompetensi SDN Tunjungsekar 3 Malang Gandeng P4TK PKn IPS Gelar PTP

P_20180302_144139

Malang – Berbagai daya dan upaya terus ditempuh insan pendidikan Kota Malang dalam rangka meningkatkan kompetensi diri mereka, melalui berbagai kegiatan baik didalam kota maupun diluar kota yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang, instansi terkait atau bahkan melalui kegiatan swadana sebagai bentuk pertanggungjawaban atas TPP yang mereka terima.

P_20180304_110940

Kali ini 42 pendidik dari kalangan Kepala Sekolah maupun guru kelas dari SDN Madyopuro 3, SDN Blimbing 5, SDN Kasin, SDN Tunjungsekar 1, SDN Tlogowaru 1, SDN Pandanwangi 4, SDN Bandungrejosari 2, SDN Bandungrejosari 4, SDN Gadang 4, SDN Wonokoyo 2, SDN Bakalankrajan 2, SDN Tlogomas 2, SDN Polehan 1, dan SDN Pandanwangi 4 secara swadana mengikuti kegiatan Pelatihan Pembelajaran Tematik Terpadu (PTP) yang diinisiasi oleh SDN Tunjungsekar 3 Malang dengan mengandeng pihak Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan (P4TK) PKn dan IPS.

P_20180302_135541

Pelatihan yang diselenggarakan mulai Jum’at 2 Maret hingga Minggu 4 Maret 2018 di Aula SDN Tunjungsekar 3 Malang inipun dibuka secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto.

P_20180302_141240

Dalam sambutanya, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto menghaturkan terima kasih atas terselenggaranya kegiatan ini, sehingga kompetensi insan pendidikan Kota Malang ke depan semakin mumpuni yang pada akhirnya dapat mencetak generasi yang berkarakter. Lebih lanjut Drs. Totok Kasianto mengatakan bahwasannya penyelengaraan pendidikan perlu sinergitas semua pihak terkait untuk bahu membahu melaksanakan PPK dan mengimplementasikannya dalam pembelajaran yang terintegrasi pada kurikulum pembelajaran agar ke depan generasi emas 2045 dapat terwujud dengan baik.

P_20180304_130447

Dalam pelatihan ini, 42 peserta mendapatkan dua materi utama yakni materi mengenai Permendikbud RI No. 4 tahun 2018 tentang penilaian hasil belajar oleh satuan pendidikan dan penilaian hasil belajar oleh pemerintah dan materi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang disajikan swcara bergantian oleh Dra. Dyah Sriwilujeng, M.Pd Widyaiswara Ahli Utama, P4TK PKn IPS serta Dr. Bettin Juniaria, M.Pd selaku penanggung jawab kegiatan sekaligus Kepala SDN Tunjungsekar 3 Malang.

P_20180304_130447_1

” Usai mengikuti pelatihan ini diharapkan peserta memahami dan kemudian mengimplementasikan PPK disatuan pendidikan masing – masing baik dari sisi PPK berbasis Kelas, PPK berbasis budaya sekolah maupun PPK berbasis masyarakat. Dalam pelatihan ini peserta juga dibimbing untuk menyusun Rencana Tindakan Lanjut (RTL) yang meliputi sosialisasi KS tentang PPK, Branding sekolah berkenaan PPK, Nilai Utama di sekolah, Pengembangan pembelajaran terintegrasi dalam kurikulum intrakurikuler serta ekstrakurikuler, pelibatan orangtua dalam PPK serta PPK melalui kegiatan pelibatan komunitas yang sesuai dengan apa yang termaktub dalam Perpres No. 87 Tahun 2017 tentang PPK.” jelas Ketua Pelaksana Pelatihan Dr. Bettin Juniaria, M.Pd. (fandi harianto)

Gugus 5 dan Gugus 6 Sukun Berkolaborasi Raih Prestasi

IMG-20180301-WA0108

Malang – Penyelenggaraan Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N) tahun 2018 ini disikapi beragam oleh berbagai satuan pendidikan diwilayah Kota Malang. Untuk meraih hasil prestasi yang maksimal masing – masing sekolah menyeleksi ketat peserta didiknya untuk ikut diajang yang sama di tingkat Gugus. Namun ada yang unik dan mungkin ini yang baru pertamakali terlaksana di Dunia Pendidikan Kota Malang.

IMG-20180301-WA0093

Jika masing – masing Gugus yang ada berkompetisi dan menyeleksi secara ketat peserta didiknya dalam ajang FLS2N agar lolos dan bisa maju ke tingkat kecamatan, tidak demikian adanya dengan Gugus 5 dan Gugus 6 Kecamatan Sukun Kota Malang. Kedua Gugus ini bahkan berkolaborasi mengadakan FLS2N secara bersamaan demi meraih prestasi.

IMG-20180301-WA0090

Jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 5 Sukun yang terdiri atas Drs. Johanes Purwanto, MMPd (Kepala SDN Bandulan 1), Winarsih, SPd (Kepala SDN Bandulan 2), Suko Pramono, SPd, MPd (Kepala SDN Bandulan 3), Dra. Yuniarti Istyorini (Kepala SDN Bandulan 4), Drs. Suharsono, MPd (Kepala SDN Bandulan 5) dan Rahmat Satria Agung Wibawa, S.PdI ( Kepala MI Miftahul Huda) berkolaborasi dengan K3S Gugus 6 Sukun yang terdiri dari Muslich S.Ag, (Kepala SDN Mulyorejo 1), Drs. Kokok HS, (Kepala SDN Mulyorejo 2), Widodo S.Pd MM, (Kepala SDN Mulyorejo 3), Kasiono, M.Pd (Kepala SD Restu Ibu), Kristin S.Pd (Kepala SD Berita Hidup) .

IMG-20180301-WA0091

Gelaran pembukaan FLS2N Gugus 5 dan Gugus 6 yang dilaksanakan pada Kamis, 1 Maret 2018 di halaman SDN Bandulan 2 Malang itupun dibuka secara langsung oleh Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Didik Siswanto MPd., Pengawas Sekolah binaan yang meliputi Gugus 1, 2, 5 dan 6 Kecamatan Sukun.

IMG-20180301-WA0096

Sebelum peserta FLS2N yang berjumlah 153 siswa dari Gugus 5 Sukun dan 78 siswa dari Gugus 6 Sukun memasuki lapangan upacara pembukaan, terlebih dahulu diarak dengan deville marching band dari SDN Bandulan 2 Malang.

IMG-20180301-WA0111

” Ananda ku sekalian silahkan anda berkompetisi dalam ajang FLS2N ini. Diajang ini kalian semua adalah lawan. Namun usai FLS2N ini kita kembali berkawan. Mari kita junjung sportivitas dan mengedepankan integritas. Siapapun nantinya yang menjadi juara wajib hukumnya untuk kita dukung. Sebab juara FLS2N Gugus 5 Sukun dan Gugus 6 Sukun ini nantinya akan mewakili ke ajang lomba yang sama tingkat Kecamatan ” tutur Drs. Didik Siswanto MPd., dalam amanatnya di upacara pembukaan FLS2N Gugus 5 dan Gugus 6 Sukun.

KS SK Bandulan 2 Winarsih 20180226_131722_1

Sementara itu, penanggung jawab gelaran FLS2N sekaligus Kepala SDN Bandulan 2 Malang Winarsih, S.Pd menuturkan Gugus 5 Sukun dan Gugus 6 Sukun baru pertama kali ini berlolaborasi menyelenggarakan FLS2N. Gelaran kegiatan ini kami.maksudkan untuk menyeleksi peserta didik di lingkungan Gugus 5 dan Gugus 6 Sukun untuk maju ke tingkat Kecamatan. Apapaun hasilnya, kami berharap kolaborasi penyelenggaraan FLS2N ini mampu mempersembahkan prestasi yang terbaik di semua tingkatan.

IMG-20180301-WA0090_1_1

” Dalam penyelenggaraan kolaborasi seleksi FLS2N Gugus 5 dan Gugus 6 Sukun ini, kami mengadakan proses seleksi melalui berbagai cabang lomba peserta didik pilihan dari Gugus 5 maupun Gugus 6 Sukun ” terang Sekretaris Penyelenggara FLS2N Kolaboratif Gugus 5 dan Gugus 6 Sukun
Suko Pramono. (fandi harianto)

Gelaran Lomba FAM Gugus 6 Blimbing Dibuka Pengawas PAI

P_20180303_073452

Malang – Gugus 6 Blimbing yangvterdiri atas SDN Arjosari 1, SDN Arjosari 2, SDN Arjosari 3, SDN Balearjosari 1, SDN Balearjosari 2, SD As Salam, MI NU dan SD Bina Bangsa pada Sabtu 3 Maret 2018 menggelar seleksi lomba Festival Anak Muslim (FAM) tahun 2018. Gelaran seleksi lomba FAM inipun digelar di SDN Balearjosari 1 Malang kawasan jalan Raya Balearjosari No. 11.

P_20180303_073523

Pelaksanaan upacara pembukaan seleksi lomba FAM inipun dihadiri pula oleh jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 6 Blimbing yakni Supriyono,S.Pd,M.Pd(Kepala SDN Arjosari 1), Eko Munif,S.Pd,M.Pd (Kepala SDN Arjosari 2), Bambang Sentanu,S.Pd,M.Pd (Kepala SDN Arjosari 3), Ike Ernaningsih,S.Pd,M.Pd (Kepala SDN Balearjosari 1), Agus Salim,S.Pd,M.Pd (Kepala SDN Balearjosari 2, Purnomosidi,S.Pd (Kepala unggulan Al Ya’lu.

P_20180303_074120

Seleksi Lomba FAM tahun 2018 inipun dibuka secara langsung oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) Kantor Kementrian Agama Kota Malang Drs. Dakelan. Kegiatan inipun diikuti oleh 124 peserta dari satuan pendidikan se Gugus 6 Blimbing yang dibagi dalam sembilan mata lomba yakni lomba Adzan, lomba tartil,lomba sholat berjamaah, lomba qhot, lomba pembacaan tafsir Al Qur an, lomba pildacil, lomba MTQ, lomba MHQ, dan lomba cerdas cermat PAI.

Dihadapan peserta lomba FAM, Drs. Dakelan berharap agar tetap menjaga Semangat dan berusaha sebaik mungkin untuk meraih hasil terbaik. Namun anak – anak ku peserta FAM pada pagi hari ini merupakan para juara di masing – masing sekolah. Sebab ananda sekalian ini merupakan siswa pilihan dari ratusan teman teman kalian di sekolah masing – masing. Niati mengikuti lomba ini untuk ibadah dan syiar. Ananda sekalian merupakan siswa istimewa, jadi berhati hatilah untuk memilih teman dan bergaul. Jangan sampai bakat istimewa ananda sekalian rusak atau hilang begitu saja karena salah pergaulan. Indonesia saat ini diserang mental dan fikirannya melalui berbagai jalan, salahsatunya dengan memasok narkoba untuk dikonsumsi kaum muda indonesia. Jika kaum muda Indonesia jadi budak narkoba, maka akan mudah merebut Indonesia.

P_20180303_073808

Sementara itu, Ketua Pelaksana gelaran seleksi lomba FAM tingkat Gugus 6 Blimbing yang juga merupakan Guru Pendidikan Agama Islam Fatih Ummam SDN Balearjosari 1 menuturkan kegiatan ini merupakan upaya jajaran Gugus 6 Blimbing untuk menyeleksi peserta didik maju ke ajang serupa di tingkat Kecamatan. Pilihan hari sabtu sebagai waktu penyelenggaraan lomba tiada lain agar tidak menganggu proses belajar mengajar siswa. Sebab hari sabtu adalah hari libur. (fandi harianto)