Get Adobe Flash player

Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM
KALENDER
April 2018
M T W T F S S
« Mar    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
30  
AFILIANSI


Archive for April 16th, 2018

Momentum Isro’ Mi’roj Dikolaborasi Jadi Puncak Tema Oleh SDN Kauman 1 Malang

 

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.25

 

Malang  – Momentum Peringatan  Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1439 H / 2018 M dikolaborasi jadi puncak tema Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) oleh jajaran SDN Kauman 1 Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Anita Rosemaria, M.Pd. Gelaran kegiatan  yang dilaksanakan pada Senin 16 April 2018 di halaman sekolah yang berada dikawasan pusat kota inipun berlangsung semarak penuh dengan nuansa religi.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 08.48.50

“ Ananda sekalian yang ibu sayangi, marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT. Kami bersama bapak ibu guru ananda sekalian mengadakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk membentuk karakter religious ananda sekalian. Religius merupakan pilar utama dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang anak anak ku sekalian senantiasa diajarkan oleh bapak ibu guru. Dengan memiliki karakter religious dikemudian hari secara tidak sadar ananada sekalian akan menjadi insane yang berbudi pekerti luhur, sehingga saat terjun ke masyarakat kelak ananda sekalian menjadi suri tauladan bagi yang lainnya seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang senantiasa hingga akhir jaman nanti menjadi panutan untuk hidup bermasyarakat dan bernegara “ tutur Kepala SDN Kauman 1 Malang Dra. Anita Rosemaria, M.Pd dihadapan ratusan peserta didiknya.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.21

Kegiatan yang mengambil tema “ Perjalanan Spiritual Sang Rasul Agung Menghadap Sang Maha Agung Dalam Membangun Peradaban Dunia Yang Inspiratif dan Mencerahkan Ummat “ inipun diwarnai dengan berbagai gelaran kegiatan aksi kreasi dan unjuk potensi peserta didik SDN KAuman 1 Malang. Sebelum dimulainya serangkaian acara, kegiatan dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur an Surat Al Isra ayat satu sampai ayat lima yang dibacakan dengan khidmat oleh Rachel Najwa dengan dilanjutkan pembacaan sari tilawah oleh Aflah.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.26

Suara ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang yang melantunkan Asmaul Husna dikomando oleh Ust. Hafidz JM, M.PdI membuat atmosfir lingkungan sekolah menjadi sejuk dan kian religious. Usai melantunkan Asmaul Husna mengangungkan Asma Allah SWT, ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang mendapatkan siraman rohani dari Raihan Putra Basofi yang baru saja meraih juara tiga Cabang Lomba Dai Cilik Festival Anak Muslim Tingkat Kecamatan Klojen Tahun 2018.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.25 (1)

Untuk semakin menyemarakkan kegiatan sesuai dengan tema yang diusung, giliran ekstrakurikuler Al Banjari unjuk kebolehan membawakan beberapa lagu religi yang membius ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang untuk turut larut mengumandangkan lagu – lagu yang dipersembahkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penguatan nilai nilai religious yang disampaikan oleh Ust. Ahmad Sulhan yang mengajak peserta didik SDN Kauman 1 Malang untuk tidak meninggalkan sholat lima waktu sebagai bentuk ketaatan pada perintah Allah SWT.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.27

Sesuai dengan tema dan tujuan yang telah dirancang sebelumnya, selain sebagai ajang mempertebal kadar religious peserta didik yang merupakan salah satu pilar PPK, nuansa religious Nampak begitu kental dengan sajian gerak dan lagu islami berjudul Assalammualaiku dan adab makan yang dilantunkan secara harmonis. Semua siswa SDN Kauman 1 Malang diajak turut serta tanpa kecuali dengan menyanyikan bersama lagu islami bertajuk Ya Habibal Qalbi.

 

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.18

Kegiatan inipun tak luput pula menghadirkan berbagai aksi unjuk kreasi serta potensi siswa yang bermuatan nasionalis dengan ditampilkannya tarian gembor dan tarian Mawlaya. Lantunan pembangkit jiwa cinta PPK pun juga turut menyemarakkan kegiatan ini dalam bentuk menyanyikan bersama mars PPK dengan dipandu oleh Paduan Suara Gita Nada Swara Mahardika SDN Kauman 1 Malang.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.07.34

Peringatan Isro’ Mi’roj SDN Kauman 1 Malang inipun diitutup dengan pengumuman sang juara lomba kerapian dan ketertiban sholat serta lomba sholawat. Puncak tema PPK yang diselipkan dalam kegiatan ini semakin nampak manakala tim F3R Kota Malang menyerahkan piagam penghargaan donasi sampah pada keluarga besar SDN Kauman 1 Malang yang juga merupakan salah satu sekolah yang bermertamorfosis menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri. (fandi harianto)

SDN Cemorokandang 1 Malang Ajak Siswanya Tuk Tingkatkan Pengamalan Sholat Lima Waktu Menuju Insan Kamil

WhatsApp Image 2018-04-16 at 10.06.31

Malang – Peringatan Isro’ Mi’roj yang dilaksanakan jajaran SDN Cemorokandang 1 Malang yang kini dikepalai oleh Sri Hariyani, S.Pd dijadikan momentum untuk mengajak peserta didiknya meningkatkan pengamalan sholat lima waktu menuju insane kamil. Kegiatan yang dilaksanakan Senin, 16 April 2018 di halaman sekolah yang berada di kawasan jalan Sampurna No. 25 diselenggarakan secara sederhana, namun sangat kuat nuansa religi yang sengaja dihadirkan untuk memompa peningkatan kadar keimanan dan ketaqwaan pada Allah SWT.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 10.06.33

Dengan beralaskan tikar, ratusan siswa SDN Cemorokandang 1 Malang secara tertib mengikuti rangkaian kegiatan pelaksanaan peringatan Isro’ Mi’roj 1439 H / 2018 M. Kegiatan yang diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur an yang dilantunkan oleh Baldav yang kini tercatat duduk di bangku kelas dua menambah kental atmosfir religious di lingkungan SDN Cemorokandang 1 Malang.Usai diperdengarkannya lantunan Ayat Suci Al Qur an, siswa kelas satu hingga kelas enam diajak secara bersama membacakan sholawat mengagungkan asma Nabi Muhammad SAW.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 10.06.32

Dalam sambutannya, Kepala SDN Cemorokandang 1 Malang Sri Hariyani, S.Pd berharap peserta didik tidak hanya bergembira atau sekedar memperingati peristiwa sacral Isro’ Mi’roj ini, namun yang terpenting dapat mengambil hikmah dari peristiwa ini untuk kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari – hari, agar dapat menjadi insane kami (insane yang sempurna). Sri Hariyani, S.Pd menambahkan agar siswa kelas satu hingga kelas lima turut mendoakan kakak kelas mereka yang sebentar lagi akan menghadapi ujian sekolah bertaraf nasional (USBN) jenjang SD agar berjalan lancer, sukses serta meraih hasil yang maksimal. Rencananya jajaran SDN Cemorokandang 1 Malang akan menggelar istiighotsah bersama walimurid kelas enam pada 20 April 2018.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 10.06.34

Di pemuncak acara, Drs. Maksum yang didaulat memberikan Mauidhoh Khasanah memberikan siraman rohani agar anak didik SDN Cemorokandang 1 Malang tidak hanya ceria, cerdas dan cemerlang semata namun juga menjadi pelajar yang beriman dan bertaqwa pada Allah SWT dengan menjalankan segala apa yang diperintah-Nya serta menjauhi segala apa yang dilarang-Nya, salah satunya menjalankan sholat lima waktu secara teratur agar menjadi insane kamil calon penghuni surge kelak.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 10.06.32 (1)

Selain menjadikan peringatan Isro’ Mi’roj untuk meningkatkan pengamalan sholat lima waktu dalam kehidupan sehari – hari, kegiatan ini juga dijadikan ajang untuk menumbuhkembangkan kepedulian antar sesame teman dan kepedulian pada lingkungan sekitar sekolah. Hal itu ditunjukkannya dengan saling berbagi makanan / kue yang mereka bawa dari rumah untuk bertukar dan dibagikan pada warga sekitar sekolah. (fandi harianto)

Dindik Kota Malang Dapatkan Tawaran Kerjasama Dari Malaysia

DSCF7767

Malang – Potensi dan kompetensi yang dimiliki insan pendidikan Kota Malang secara tidak disadari memantik ketertarikan pihak lain baik dari seantero Nusantara maupun dari Dunia Internasional. Salah satunya negeri jiran Malaysia. Melalui Penasihat bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia, Senin 16 April 2018 Mohd. Hidayat Bin Mohd. Savff-I mengunjungi Dinas Pendidikan Kota Malang di Kawasan Jalan Veteran No. 19 Malang. Kehadiran pria yang akrab disapa Hidayat itupun diterima langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd.

Dalam kata pengantarnya, Penasihat bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia Mohd. Hidayat Bin Mohd. Savff-I kehadiran dirinya di Kantor Dinas Pendidikan Kota Malang pada hari ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam membangun jembatan komunikasi agar ke depan dapat diwujudkan sebuah kerjasama antara Indonesia dengan Malaysia utamanya dalam bidang Pendidikan khususnya Kota Malang. Salah satu bentuk kerjasama yang ditawarkan oleh Pemerintah Malaysia yakni penuntasan belajar  atau kuliah di universitas – universitas terkemuka di Malaysia.

DSCF7766

“ Untuk penawaran kerjasama penuntasan belajar di Malaysia ini, kami memiliki dua program yakni program beasiswa 100 persen atau gratis tanpa dikenakan biaya serta program beasiswa pemangkasan dana pendidikan yang disubsidi oleh Pemerintah Malaysia. Program ini dapat dimanfaatkan oleh tenaga pendidik maupun peserta didik di Kota Malang, yang tentunya akan melalui beberapa tahapan seleksi sesuai dengan kebijakan yang ada. “ terang Penasehat Bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia yang akrab disapa Hidayat.

Kunjungan kerja Penasihat bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia Mohd. Hidayat Bin Mohd. Savff-I di Kantor Dinas Pendidikan inipun berlangsung dengan gayeng terbalut oleh rasa kekeluargaan yang tinggi. Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati bercengkerama dengan akrab dan saling bertukar informasi mengenai pendidikan yang ada di Kota Malang.

DSCF7763

Untuk memberikan gambaran mengenai kondisi, situasi serta tata kelola pendidikan di Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM memaparkan beberapa hal tentang kebijakan Dinas yang dikepalainya ini kepada Penasihat bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia Mohd. Hidayat Bin Mohd. Savff-I. Dra. Zubaidah, MM sangat berterima kasih atas perhatian Pemerintah Malaysia melalui Kedutaan Besarnya di Indonesia yang berkenan menjalin kerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Malang. Dengan jalinan kerjasama ini, ke depan potensi dan kompetensi pendidik di Kota Malang akan berkembang dan meningkat sesuai dengan standart internasional. Agar kerjasama ini berjalan dengan baik, lancer dan tanpa menemui kendala yang berarti, Dra. Zubaidah, MM akan segera melakukan berbagai langkah strategis dengan berkoordinasi dengan pihak yang berkompeten agar kerjasama ini membawa manfaat serta sesuai dengan aturan maupun kebijakan yang ada, khususnya pada bidang pendidikan.

DSCF7768

Di penghujung kunjungan Penasihat bidang Pendidikan Kedutaan Besar Malaysia di Indonesia Mohd. Hidayat Bin Mohd. Savff-I, Dra. Zubaidah, MM bersama Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd memberikan cinderamata khas kota Malang yang merupakan hasil karya kerajinan siswa berupa Topeng Malangan. (fandi harianto)