Dinas Pendidikan Kota Malang

Meriahnya 41 Tahun SMPN 8 Malang Kadindik Pun Ikut Fashion Show

IMG-20180224-WA0113

Malang – Gelaran Hari Jadi SMP Negeri 8 Malang yang ke 41 tahun yang puncak peringatannya dilaksanakan pada Sabtu, 24 Februari 2018 di lapangan satuan pendidikan jenjang SMP yang kini dikepalai oleh Anny Yulistyowati,S.Pd,M.M,berlangsung meriah. Kemeriahan semakin semarak manakala Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala SMP Negeri 8 Malang Anny Yulistyowati, layaknya seorang peragawati ikut berparade fashion show.

Kegiatan rutin yang diselenggarakan jajaran SMP Negeri 8 Malang ini dapat terlaksana berkat jalinan kerjasama, koordinasi dan komunikasi yang terjalin antara pihak SMP Negeri 8 Malang, Komite sekolah, paguyuban orangtua siswa yang dikomandoi oleh Lolok Bambang Irianto,SE, selaku Ketua Pelaksana sekaligus Ketua Komite SMP Negeri 8 Malang.

Menggenakan busana bernuansa ungu yang selaras, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM disambut hangat tidak hanya oleh peserta didik, pendidik maupun tenaga kependidikan SMP Negeri 8 Malang semata. Nampak pula alumni berbagai angkatan dan juga orangtua siswa turut larut berbahagia atas kedatangan orang nomor satu di Dinas Pendidikan Kota Malang itu.

IMG-20180226-WA0020

Puncak peringatan hari jadi SMP Negeri 8 Malang diawali dengan gelaran jalan sehat yang mengajak alumni, orangtua siswa dan keluarga besar untuk berpartisipasi. Usai jalan sehat, sembari menunggu pengundian door prize dengan hadiah utama berupa biaya Umroh gratis, peserta jalan sehat disuguhi aneka rupa unjuk kreasi dan aksi siswa SMP Negeri 8 Malang.

Dalam sambutannya, Kepala SMP Negeri 8 Malang, menghaturkan terima kasih tiada terhingga pada orangtua siswa, panitia pelaksana, alumni dan pihak sponsor yang telah bahu membahu bersama hingga kegiatan pada hari ini dapat terlaksana dengan baik.

IMG-20180224-WA0112

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengapresiasi positif kegiatan yang secara tidak langsung menggambarkan suksesnya jalinan kerjasama maupun harmonisnya hubungan antara jajaran SMP Negeri 8 Malang dengan Komite Sekolah maupun dengan orangtua siswa.

IMG-20180226-WA0026

” Kegiatan ini merupakan sebuah bukti nyata bahwasannya komunikasi yang baik akan dapat menghasilkan kegiatan yang positif dengan dukungan semua pihak. Hal ini sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 75 Tahun 2017 Tentang Komite Sekolah. Dengan turut sertanya orang tua siswa dalam bentuk partisipasi secara langung seperti ini, menjadi modal.memperkuat pendidikan keluarga. Penguatan Pendidikan Karakter dengan lima hari sekolah merupakan sebuah komitment pemerintah untuk membentuk generasi emas 2045 mendatang. Dengan dukungan dan partisipasi orangtua seperti ini, maka generasi yang berkarater dapat diwujudkan dengan baik. ” tutur Zubaidah dalam sambutannya.

IMG-20180226-WA0023

Lebih lanjut Zubaidah menuturkan bahwasannya ke depan siswa se Kota Malang selain menerima raport berisi nilai akademis juga akan menerima raport yang berisi rekam jejak siswa. Sehingga bakat, minat maupun kondisi menyeluruh siswa dapat terdeteksi lebih dini untuk dikembangkan lebih optimal yang tidak menutup kemungkinan bakal berbuah prestasi. Sebab masing – masing anak memiliki keistimewaan dan potensi berbeda.

IMG-20180226-WA0022

Seperti pada kegiatan lainnya, momentum peringatan hari jadi ke 41 tahun SMP Negeri 8 Malang inipun dimanfaatkan Dra. Zubaidah, MM selaku Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menjalin komunikasi dengan siswa melalui tanya jawab, tentunya menyesuaikan dengan tema kegiatan dan dalam koridor pengetahuan pendidikan.

IMG-20180226-WA0021

Puncak peringatan hari jadi ke 41 tahun SMP Negeri 8 Malang inipun dimanfaatkan pula sebagai ajang unjuk aksi dan kreasi siswa dibidang seni maupun olahraga. Secara bergantian peserta didik satuan pendidikan jenjang SMP yang berada dikawasan jalan Arjuno no 19, itupun tampil satu persatu. Ada yang menampilkan kebolehan tari remo, ada yang bermain alat musik, olah vokal, wushu yang tahun ini akan berlaga di Brazil sebagai wakil dari Indonesia, hingga potensi siswa lainnya yang dibina dan dikembangkan SMP Negeri 8 Malang melalui berbagai ekstrakurikuler. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *