Dinas Pendidikan Kota Malang

Sekdin Terima Kunjungan Tim Pembina LLSS Propinsi Jawa Timur

P_20180301_084330

Malang – Kamis, 1 Maret 2018 Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto didamping Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd., Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.K.Pd., dan Kepala Bidang Pembinaan SMP Siti Ratnawati, SH., M.Pd menerima kunjungan Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) atau akrab disebut dengan Lomba UKS (Usaha Kesehatan Sekolah).

17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) diterima secara langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto beserta jajarannya di ruang kerja Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19 Malang. Kehadiran Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tidak lain dalam rangka melakukan monitoring sekaligus evaluasi (Monev) usai ditetapkannya Sektap UKS Kota Malang yang berada dikomplek kantor Dinas Pendidikan Kota Malang, Sektap UKS Kecamatan Kedungkandang dan SDN Model Tlogowaru juara satu LLSS tingkat propinsi yang otomatis akan maju mewakili Propinsi Jawa Timur pada lomba serupa di tingkat Nasional.

P_20180301_084304

Dalam sambutannya saat menerima kehadira 17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Propinsi Jawa Timur yang mempercayai Kota Malang melaju ke tingkat nasional dalam ajang LLSS. Lebih lanjut, Dinas Pendidikan sebagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi pendidikan sekaligus sebagai pelaksana atas kegiatan LLSS ini akan dengan senang hati menerima dan kemudian menindaklanjuti segala arahan, masukan maupun evaluasi agar kedepan dapat meraih hasil terbaik dan maksimal sesuai dengan harapan semua pihak.

Selain dari unsur Dinas Pendidikan Kota Malang, kehadiran 17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur inipun turut pula disambut oleh jajaran dari Dinas Kesehatan, Kantor Kementrian Agama Kota Malang, PKK Kota Malang dan unsur terkait lainnya.

Sementara itu ketua Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur, yang akrab disapa Bunda Anna menuturkan bahwasannya LLSS ini merupakan satu kesatuan sinergitas lintas sektor. Dengan pelibatan lintas sektor dan sinergitas yang baik, diharapkan delapan goal UKS dapat diwujudkan sehingga generasi penerus bangsa di masa mendatang menjadi generasi yang tangguh dan siap menerima tongkat estafet membangun negeri ini.

P_20180301_104304

” Program yang baik dan bagus adalah program yang mengena pada sasaran dalam hal ini peserta didik. Sebab 70 persen penilaian LLSS ada di sekolah, sedangkan 30 persennya di sektap UKS kota maupun Sektap UKS Kecamatan. Saat nanti kami berkunjung ke SDN Model kami mohon ijin untuk melakukan quesioner dan wawancara dengan siswa terhadap essensi terhadap UKS. Sebab essensi dari pada UKS ini bukanlah lomba namun membudayakan hidup sehat. ” tutur Bunda Anna.

P_20180301_092516

Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur kemudian melakukan peninjauan lapangan ke Sektap UKS Kota Malang yang berada di komplek perkantoran Dinas Pendidikan kawasan Jalan Veteran No. 19 Malang, dilanjutkan dengan meninjau Sektap UKS Kecamatan yang berada di kantor Lecamatan Kedungkandang.

P_20180301_112130

Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur mengakhiri rangkaian Monitoring dan Evaluasinya di SDN Model Kota Malang yang berada di kawasan jalan Raya Tlogowwru No. 3. Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur tidak hanya melihat, membaca dan mengamati Dokumen RPP yang terintegrasi dengan pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah sehat, manajemen pendidikan sekolah sehat,serta pendidikan kesehatan semata. Namun Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) juga berkeliling di sekolah yang memiliki luasan lahan lima hektare itu.

P_20180301_103937

17 orang Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur menyebar ke berbagai titik dan melakukan interaksi dan dialog dengan para siswa SDN Model Kota Malang yang kini dikepalai oleh Siparti, S.Pd., M.Pd itu. Taman edukasi UKS menjadi daya tarik tersendiri di hati Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS).

P_20180301_115659

Usai meninjau lokasi, melakukan dialog interaktif secara langsung dengan para siswa, Tim Pembina Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) Propinsi Jawa Timur langsung memaparkan hasil monitoring dan evaluasinya. Beberapa hal yang perlu dibenahi dan ditingkatkan dalam menyongsong perhelatan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Nasional dipaparkan secara bergantian dan menjadi masukan tersendiri untuk ditindak lanjuti secepatnya oleh pihak SDN Model Kota Malang.

P_20180301_104012

” Kami sangat berterima kasih dan merasa beruntung dengan adanya kegiatan monev Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) oleh Propinsi Jawa Timur. Dengan kegiatan ini kami jadi tahu kelemahan apa yang kami miliki dan akan meningkatkan kelebihan yang ada serta menambah beberapa inovasi lagi agar pada pelaksanaan Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) tingkat Nasional kami dapat mempersembahkan hasil yang terbaik dan maksimal. ” tutur Kepala SDN Model Kota Malang Suparti, S.Pd., M.Pd saat mendampingi Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *