Get Adobe Flash player

Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM
KALENDER
June 2018
M T W T F S S
« May    
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
252627282930  
AFILIANSI


Keluarga Besar Dindik Nobar Film Menolak Diam

P_20180309_074818(1)

Malang – Usai melaksanakan apel pagi yang biasanya dirangkai dengan melaksanakan senam sehat bersama jajaran keluarga besar Dinas Pendidikan Kota Malang setiap hari Jum’at khusus pada 10 Maret 2018, kegiatan Senam Pagi ditiadakan diganti dengan nonton bersama film ” Menolak Diam ” produksi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

P_20180309_074908

Kegiatan nonton bersama inipun selain diikuti oleh seluruh Kepala Bidang, Kepala seksi dan seluruh staff di lingkungan Dinas Pendidikan turut pula ikut nonton bersama film besutan sutradara Emmil Herradi itu diantaranya Kepala Sanggar Kegiatan Belajar (SKB), Kepala UPT Pusat Layanan Autis (PLA), Pengawas TK, SD dan SMP, Penilik beserta staff duduk bersama menikmati tontonan yang penuh tuntunan. Bahkan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Sekretaris Dinas Drs. Totok Kasianto meluangkan waktu ditengah padatnya jadwal untuk turut larut bersama menikmati suguhan film berlatar sebuah SMA di Kota Jogjakarta itu.

P_20180309_074848

Dalam prakata sebelum pemutaran film ” Menolak Diam “, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berharap seluruh keluarga besar Dinas Pendidikan menobton, menyimak, mengamati dan nantinya diharapkan dapat memberikan masukan berdasar film yang ditonton demi peningkatan kualitas pelayanan pendisikan di Kota Malang.

” Film ini merupakan salah satu wahana Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk menumbuhkan keberanian dan juga kepercayaan diri pada generasi muda khususnya pelajar sebagai generasi penerus bangsa untuk mengatakan kebenaran meski itu sulit dan penuh resiko. ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

Screenshot_20180309-084632

Film “Menolak Diam” yang dibintangi oleh Petrus Aji Santosa berperan sebagai Alif, Rahael Ketsia berperan sebagai Nisa, Zed Makarim berperan sebagai Dito, Elang El Gibran berperan sebagai Satrio dan Kevin Kalagita berperan sebagai Bondan. Menggambarkan keresahan yang dialami Alif, Nisa, Dito, Satrio dan Bondan atas ketidak beresan pihak sekolah yang kurang transparansi dalam pengelolaan dana pendidikan. Keresahan itu awalnya dipicu oleh salah satu pengumuman di majalah dinding sekolah tentang ditiadakannya wisuda kelulusan kelas XII. Alif mengajak Satrio (Elang El Gibran ) dan Bondan (Kevin Kalagita) untuk mendapatkan jawaban dari kepala sekolah.

Niatan mereka semakin menguat manakala dihilangkannya dana mengikuti perlombaan robotik tingkat nasional yang sebelumnya sudah dijanjikan oleh wakil kepala sekolah. Alih-alih mendapat jawaban dari kepala sekolah, pak Ridwan malah menyuruh mereka untuk kembali ke ruang belajar. Dari situ, muncul pertanyaan besar kemana dana-dana tersebut disalurkan? Padahal sudah dianggarkan dalam Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS) dan dibagikan laporannya tiap tahun kepada orang tua mirid. Mereka kemudian bertekad menyelidiki dan mengumpulkan bukti-bukti terkait adanya penyelewengan dana tersebut. Disinilah perjuangan dan pergerakan mereka dimulai dengan melakukan perlawanan dan pengumpulan barang bukti yang berhadapan dengan ketua komite serta Kepala Sekolah.

P_20180309_074805

Film Menolak Diam yang ditayangkan di tiga layar besar yang disediakan dan terpasang di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran inipun sukse menuai kekaguman dari Keluarga Besar Dinas Pendidikan Kota Malang. Kemasan yang sederhana, alur cerita yang tidak rumit serta tidak terlalu dramatisir membuat penonton menikmati jalannya film hingga tiada terasa film berakhir dengan bahagia serta meninggalkan kesan mendalam. (fandi harianto)

Tulis Pesan