Dinas Pendidikan Kota Malang

PTK Dindik Gelar Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru PAUD se Klojen

P_20180310_091958

Malang – Selama dua hari ini, 565 Guru Kelompok Bermain (KB), Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan Taman Kanak – Kanak (TK) se wilayah Kecamatan Klojen akan mengikuti Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Bimtek yang dimulai pada Sabtu, 10 Maret 2018 hingga Minggu 11 Maret 2018 inipun dibuka secara langsung oleh Bunda PAUD Dra. Hj. Astried Wahid Wahyudi istri Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi.

P_20180310_085556

” Kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan sebelumnya dimana telah dilaksanakan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru KB, PAUD dan TK se Wilayah Kecamatan Kedungkandang serta Kecamatan Lowokwaru. Jumlah peserta Bimtek Peningkatan Kompetensi sebanyak 586 guru terdiri atas 111 guru POS PAUD, 92 Guru Kelompok Bermain dan 362 guru TK. ” terang Kepala Bidang Pembinaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.KPd.

P_20180310_084412

Lebih lanjut Sutrisnawati menuturkan bahwasannya penyelenggaraan kegiatan ini sebagai upaya Dinas Pendidikan untuk memberikan motivasi yang positif untuk pengembangan karir pendidik serta peningkatan kepercayaan diri. dan pada akhirnya menjadi inspirasi peserta didik untuk maju dan berkembang melalui metode pembelajaran pedagogik, ketrampilan dan sosial yang tepat guna, terarah, terstruktur dan terprogram dengan baik.

P_20180310_090335

Sementara itu dalam sambutannya Bunda PAUD Dra. Hj. Astried Wahid Wahyudi istri Pjs Walikota Malang Wahid Wahyudi sebelum membuka secara resmi kegiatan ini mengatakan bahwasannya Guru PAUD memiliki peran strategis dalam membentuk karakter dan juga pola pikir anak. Sebab guru PAUD menjadi salah satu komponen utama dalam pendidikan anak selain Ibu Kandung dan juga lingkungan. Maka daripada itu peningkatan kompetensi guru PAUD mutlak diperlukan dalam rangka menciptakan lingkungan yang baik, pengawasan yang ideal, serta pembelajaran yang menyenangkan.

P_20180310_093228

Usai serangkaian ceremonial dituntaskan, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memberikan pemaparan mengenai kebijakan pendidikan anak usia dini di Kota Malang bertajuk Kebijakan Pemerintah dalam mengatasi Tantangan Pengembangan Kapasitas Pendidikan Anak Usia Dini. Dalam prakata pendahuluannya, Dra. Zubaidah, MM mengatakan pentingnya peranan guru PAUD dalam memersiapan untuk hidup, dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya. Hal itu dapat dilakukan secara sederhana melalui pembiasaan literasi dan pembiasaan sikap positif melalui Penguatan Pendidikan Karakter.

P_20180310_084548

” Dalam rangka mewujudkan Pendidikan Anak Usia Dini sesuai dengan amanat Undang Undang maupun peratiran yang ada maka diperlukan adanya guru dan tutor berkualitas dan berkompeten, lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan sehat, fasilitas sekolah yang memenuhi standart, dan support atau dukungan orangtua guna mensukseskan program sekolah.” tutur Dra. Zubaidah, MM.

P_20180310_092402

Pada kesempatan ini, Zubaidah mengingatkan pada peserta Bimtek untuk menggunakan dan memanfaatkan Bantuan Operasional PAUD (BOP) dengan hati – hati dalam menyusun perencanaan, membelanjakan anggaran dan menyusun pelaporan. Semuanya harus sesuai, runut dan juga cermat serta tepat. Jangan percayai pihak manapun yang mengatasnamakan Kepala Dinas Pendidikan telah memberikan rekomendasi dan persetujuan sebagai pihak pengadaan barang.

P_20180310_091628

Selain memperoleh materi dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM peserta Bimtek juga bakal di upgrade kompetensinya melalui beberapa materi yang disampaikan oleh para narasumber yang berkompeten. Materi tersebut diantaranya Memahami psikologi tumbuh kembang anak usia dini sesuai dengan tahapan usia anak, mengembangkan materi pembelajaran melalui lagu, dan gerak anak untuk menstimulasi kreativitas, kebahagiaan dan spiritualitas anak, mengembangkan media pembelajaran PAUD dalam bentuk alat permainan edukatif (APE), meningkatkan kapasitas profesionalitas guru, metode pembelajaran PAUD, bermain dan permainan melalui APE untuk usia dini (fandi harianto).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *