Dinas Pendidikan Kota Malang

Meski Terjepit Hari Libur, Sekolah Beraktifitas Seperti Biasa

P_20180331_074412

Malang – Sabtu, 31 Maret 2018 merupakan hari yang diapit oleh hari libur nasional Wafatnya Isa Al Masih yang jatuh Jum’at 30 Maret 2018 dan hari libur reguler Minggu 1 April 2018. Namun itu bukan berarti menjadi pemakluman bagi sekolah – sekolah yang saat ini masih menjalankan enam hari sekolah, untuk meniadakan proses kegiatan belajar mengajar.

IMG-20180331-WA0013

Nampak di SDN Blimbing 2 Malang ratusan siswa satuan pendidikan yang kini dikepalai oleh Dwi Darti Iriantini, S.Pd., M.Hum itupun tetap masuk seperti hari efektif lainnya. Bahkan diakhir pekan ini kegiatan SD yang berada dikawasan jalan LA Sucipto Gg SD No. 12 nampak padat.

IMG-20180331-WA0008

Selain diisi dengan proses belajar mengajar seperti biasanya serta pelaksanaan ekstrakurikuler wajib Pramuka, hari ini siswa SDN Blimbing 2 Malang juga mengadakan outing class berbelanja secara langsung di salah satu outlet jaringan minimarket nasional di sekitar sekolah serta melaksanakan kegiatan ujian praktek membatik bagi siswa kelas enam.

P_20180331_071425

” Dengan menggelar kegiatan proses belajar mengajar pada hari yang diapit hari libur menjadi tantangan tersendiri. Pembelajaran pada hari ini dan hari yang sama sebelumnya merupakan komitment kami sekaligus mengimplementasikan secara langsung dan sederhana Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang telah kami jalankan ” terang kepala SDN Blimbing 2 Dwi Darti Iriantini, S.Pd., M.Hum.

P_20180331_072805

Pun demikian halnya terlihat di SDN Tunjungsekar 4 Malang kawasan jalan Ikan Gurami No. 4 yang kini dikepalai oleh Ari Sayekti, S.Pd. Terlihat ratusan siswa SDN Tunjungsekar 4 Malang dengan berseragam pramuka berjajar rapi di halaman sekolah untuk melaksanakan senam kesehatan jasmani sebagai proses mengawali kegiatan belajar mengajar.

IMG-20180331-WA0034

” Kami bersyukur bahwasannya peserta didik kami sangat antusias dan bersemangat untuk bersekolah meski dihari yang seharusnya mereka dapat menikmati libur panjang akhir pekan seperti teman mereka yang bersekolah di SD lain. Selain itu pada hari ini kami melaksanakan beberapa program sekolah diabtaranya pembagian hasil Penilaian Tengah Semester (PTS) serta rapat koordinasi dengan orang tua siswa kelas 6 terkait rencana pelaksanaan istighotsah sekaligus beberapa pembekalan terkait persiapan menghadapi Ujian Sekolah Bertaraf Nasional (USBN) jenjang SD ” terang kepala SDN Tunjungsekar 4 Malang Ari Sayekti, S.Pd.

IMG-20180331-WA0035

Di SDN Mojolangu 1 Malang yang berada dikawasan jalan Sudimoro No. 15 nampak ratusan peserta didik dengan tertib mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas mereka masing – masing sebagaimana di hari biasanya. Satuan Pendidikan SD yang kini dikepalai oleh Drs. Paidi, S.Pd., MM ini masih melaksanakan enam hari sekolah. Namun di Semester ke dua nanti atau paling lambat di tahun ajaran baru 2018/2019 mendatang SD yang beberapa waktu lalu mendapat kejutan dikunjungi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM akan melaksanakan pembelajaran 5 hari.

IMG-20180210-WA0017

” Saat ini kami telah melakukan berbagai persiapan terkait pelaksanaan lima hari sekolah. Baik pada sisi sarana prasarana, sisi muatan pembelajaran hingga pemantapan program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Dan yang lebih utama kami menjalin komunikasi dan sosialisasi terkait pelaksanaan lima hari sekolah pada orangtua siswa. Sebab salah satu alasan kami masih menjalankan enam hari sekolah saat ini tidak lain dari masukan dan juga keinginan para orangtua. ” terang Kepala SDN Mojolangu 1 Malang Drs. Paidi, S.Pd., MM. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *