Dinas Pendidikan Kota Malang

MPD Aceh Besar Salut Pada Sinergitas DPKM dengan Dindik

 

IMG_1000

Malang – Rabu, 11 April 2018 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menerima kunjungan kerja Majelis Pendidikan Daerah (MPD) Kabupaten Aceh Besar didampingi Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto, Kepala Bidang Pembinaan Tenaga Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dra. Sri Sutrisnawati, M.Pd serta Kepala Seksi Evaluasi dan Program Bidang Pembinaan SMP Drs. Ec. Boediono. Dalam kunjungan kerja MPD Aceh Besar ini, turut pula Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar Fata Muhammad dan satu anggota MPD Propinsi Nangroe Aceh Darussalam Syaiful Bahri.

IMG_1004

Seperti lazimnya saat menyambut sekaligus menerima kunjungan kerja instansi atau lembaga eksternal, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM senantiasa membuka diri untuk saling bertukar informasi, inovasi dan pencapaian prestasi atas hasil tata kelola pendidikan yang telah dijalankan. Beberapa hal utama disampaikan Zubaidah dihadapan lima orang Anggota MPD Aceh Besar serta jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar diantaranya meliputi Visi dan Misi Pendidikan Kota Malang, kondisi pendidikan di Kota Malang, program kerja, inovasi dan target kinerja Dinas yang dipimpinnya sejak tahun 2014 lalu.

 

“ Terima kasih atas kepercayaan jajaran MPD beserta Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar menjadikan Dinas Pendidikan Kota Malang sebagai tempat rujukan kunjungan kerja. Dari kegiatan ini kami berharap kita dapat saling berbagi informasi agar ke depan menjadi lebih baik dan mendekati sempurna. Karena kesempurnaan yang hakiki hanyalah milik Tuhan Yang Maha Esa. “ Tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM sebelum memulai pemaparannya.

IMG_1000

Kunjungan Kerja jajaran MPD dan Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar inipun juga diterima oleh jajaran pengurus sekaligus anggota Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) diantaranya Sekretaris DPKM Drs. Mistaram, M Pd, Ph.D, Prof. Dr. Haris A Syafrudie, M Pd dan Ir. Budi Utomo, MT. Pada kesempatan ini kembali Sekretaris DPKM Drs. Mistaram, M Pd, Ph.D memaparkan berbagai hal mengenai tata kelola serta berbagai program kerja yang dilaksanakan oleh DPKM yang bersinergi dengan Dinas Pendidikan Kota Malang.

 

“ Berdasarkan Surat Keputusan Walikota Nomor 188.45/39/35.73.112/2017 Tentang Pembentukan Dewan Pendidikan Kota Malang Periode 2017 – 2020 kami memiliki tugas pokok dan fungsi DPKM yakni Memberikan masukan dalam pengembangan sistem Penyelenggaraan Pendidikan di Kota Malang, Memberi masukan dalam penyusunan Renstra Pendidikan di Kota Malang, Memberi masukan mengenai Kriteria Tenaga Kependidikan, Memberi masukan dalam penentuan kriteria sasaran penerima bantuan di bidang pendidikan, Membantu merumuskan Kurikulum Muatan Lokal yang perlu diajarkan pada setiap jenis dan jenjang pendidikan di Kota Malang, Melakukan pengkajian dan evaluasi terhadapa pelaksanaan sistem penyelenggaraan pendidikan dan Melaporkan serta mempertanggungjawabkan  pelaksanaan tugas  Dewan Pendidikan kepada Walikota melalui Sekda “ tutur Drs. Mistaram, M Pd, Ph.D dihadapan jajaran MPD serta jajaran Dinas Pendidikan Aceh Besar.

IMG_1001

Lebih lanjut Drs. Mistaram, M Pd, Ph.D juga memaparkan beberapa program kerja pokok DPKM seperti mengadakan rapat rutin bulanan, kunjungan ke sekolah – sekolah, siaran langsung di RRI yang beragam tema disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan yang ada setiap bulan di awal pekan, penulisan jurnal ilmiah yang diwarnai dengan sosialisasi maupun bimbingan teknis pada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, pembinaan komite sekolah, kunjungan kerja ke berbagai daerah ataupun instansi lainnya serta menyusun laporan kinerja tahunan DPKM.

Sementara itu, Sekretaris MPD Kabupaten Aceh Besar Abu Bakar mengucapkan terima kasih atas sambutan positif jajaran Dinas Pendidikan Kota Malang serta jajaran DPKM. Abu Bakar menyampaikan beberapa hal yang menjadi pokok pertanyaan dilakukannya kunjungan kerja ini diantaranya Kedudukan dan peran DPKM, Tata Kelola DPKM dan Komite Sekolah, Pelaksanaan Fullday School, Sistem Pembinaan dan Pembentukan Karakter Bagi Siswa Kota Malang serta Pengelolaan Administrasi Umum dan Keuangan DPKM

 

Jajaran MPD Kabupaten Aceh Besar sangat salut atas terjalinnya sinergitas yang sangat baik antara jajaran DPKM, Dinas Pendidikan Kota Malang serta Pemerintah Kota Malang yang mana situasi dan kondisinya jauh berbeda dengan keadaan MPD Aceh Besar. MPD Kabupaten Aceh Besar saat ini memiliki gedung kantor representative dengan dibantu oleh beberapa Aparatur Sipil Negara, memiliki jalur koordinasi langsung dengan Bupati, memiliki 19 anggota yang terbagi dalam 8 komisi serta memiliki anggaran khusus yang didapat dari APBD Kabupaten Aceh Besar, namun dalam hal kinerja, program kerja serta inovasi masih tidak seberapa dibanding dengan DPKM yang apa adanya.

IMG_1015

Sessi kunjungan kerja jajaran MPD dan Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar inipun ditutup dengan prosesi tukar cinderamata yang diserahterimakan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM kepada sekretaris MPD Kabupaten Aceh Besar Abu Bakar. Untuk lebih mengetahui secara langsung kondisi dan situasi sekolah, sarana prasarana yang ada serta proses belajar mengajar, jajaran MPD dan Jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Aceh Besar mengunjungi SDN Kauman 1 Malang dan juga SMP Negeri 3 Malang sebagai penutup kegiatan kunjungan kerja mereka di Kota Malang. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *