Dinas Pendidikan Kota Malang

Dindik Gelar Tri Lomba HAN 2018

DSC_0603

Malang – Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai Dra. Zubaidah menggelar Tri Lomba sambut Hari Anak Nasional (HAN) Tahun 2018 yang terdiri atas Festival Lomba dan Seni Siswa Nasional (FLS2N), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Anak Muslim (FAM) pada Selasa dan Rabu 10 hingga 11 April 2018 di SDN Model Kawasan Jalan Raya Tlogowaru No. 3 Malang. Tidak kurang dari 825 siswa turut andil dalam gelaran kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Dinas Pendidikan Kota Malang melalui Bidang Pembinaan SD yang kini dikepalai oleh Dra. Atimah, M.Pd.

DSC_0593

Kegiatan inipun dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH di Aula SDN Model pada Selasa 10 April 2018. Upacara pembukaan disajikan sederhana oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kedungkandang selaku Panitia Pelaksana Lapangan,  namun tidak mengurangi kemeriahan acara. Pembukaan inipun diawali dengan deville masing – masing kontenstan dari lima kecamatan yang ada di Kota Malang diantaranya Kecamatan Klojen, Kecamatan Sukun, Kecamatan Lowokwaru, Kecamatan Kedungkandang dan Kecamatan Blimbing yang diiringi oleh tetabuhan marching band D Flame SDN Model. Usai berbaris rapi para peserta dan juga undangan yang hadir disuguhi aksi kreasi para siswa berupa tari tarian dan juga tetabuhan gamelan yang dimainkan dengan apik oleh peserta didik SDN Model.

DSC_0597

“ Kegiatan ini diikuti oleh 825 siswa SD/MI baik negeri maupun swasta dari lima kecamatan yang ada. Sebelumnya peserta yang mengikuti kegiatan pada hari ini telah melalui seleksi mulai dari tingkat sekolah, gugus hingga tingkat kecamatan. Tri Lomba HAN ini memperlombakan 32 cabang lomba yang terdiri atas FLS2N Sembilan Cabang Lomba, O2SN terdiri atas 14 Lomba dan FAM terdiri atas Sembilan Cabang Lomba. “ tutur Drs. Subagio, M.Pd selaku Ketua Pelaksana Tri Lomba HAN 2018 tingkat Kota yang juga merupakan ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Kedungkandang.

DSC_0600

Dalam amanatnya mewakili Pjs. Walikota Malang Dr. Ir. Wahid Wahyudi, MT., Sekretaris Daerah Kota Malang Drs. Wasto, SH., MH sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan ini. Melalui lomba akademik dan non akademik ini nantinya diharapkan generasi penerus bangsa yang saat ini duduk di bangku sekolah dasar (SD) kelak menjadi calon pemimpin. Untuk itu Pemerintah Kota Malang mendukung kegiatan ini agar tercipta generasi yang handal, ulet, sabar, religious, berintegritas, berkarakter, ceria, cerdas dan cemerlang. Wasto mengajak peserta dan membakar motivasi peserta lomba agar dari Kota Malang dapat memberi warna di kancah nasional dengan torehan prestasi.

DSC_0619

Usai memberikan sambutan, Drs. Wasto, SH., MH didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memukul Gong sebagai pertanda dimulainya secara resmi gelaran Tri Lomba Han Tahun 2018 Tingkat Kota Malang. Uniknya sebelum memukul gong, tongkat pemukul di haturkan secara sacral diiringi dengan tetabuhan gamelan dan dibawa oleh empat siswa berpakaian tradisional layaknya memberikan penghormatan pada seorang raja. Prosesi kemudian dilanjutkan dengan penyematan tanda peserta dan ditutup dengan janji atlit dan janji dewan juri untuk berkompetisi secara jujur dan fairplay.

DSC_0820

Sementara itu, ditemui secara terpisah, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM men uturkan bahwasannya kegiatan ini merupakan salah satu wahana untuk menampilkan karya kreatif dan inovatif peserta didik jenjang SD sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan, menanamkan dan meningkatkan apresiasi seni, khususnya nilai – nilai tradisi yang berakar pada budaya bangsa, menumbuhkembangkan sikap kemandirian, sportifitas, dan kompetitif serta meningkatkan kemampuan peserta didik dalam bersosialisasi dan melalui kegiatan ini juga menjadi salah satu parameter sejauh mana pembinaan bakat, minat maupun potensi anak didik yang dilakukan pihak sekolah.

DSC_0858

“ Sesuai dengan Juklak maupun Juknis yang ada, kegiatan gelaran Tri Lomba Han Tahun 2018 tingkat Kota Malang ini memperlombakan menyanyi tunggal, pantomime, gambar bercerita, pidato bahasa jawa, menari, melukis, karya cipta dan baca puisi, membatik serta paduan suara untuk cabang lomba FLS2N. Untuk cabang lomba O2SN terdiri atas lomba renang putra/putri, tennes meja putra/putri, bulutangkis putra/putri, atletik kid putra/putri, karate putra/putri, pencak silat putra/putri, senam artistic dan senam ritmik. Dan pada Cabang Lomba FAM yang terdiri atas 9 cabang lomba yakni lomba tartil Qur’an, khifdzil Qur’an, MTQ, khot Al Qur’an, terjemahan Al Qur’an, sholat berjamaah, adzan, dai cilik dan cerdas cermat PAI. Untuk para juara 1 pada ajang ini nantinya akan mendapatkan pembinaan dan pemantapan dari Dinas Pendidikan Kota Malang agar saat mereka maju ke tingkat propinsi Jawa Timur mampu mempersembahkan prestasi yang terbaik “ jelas Kepala Bidang Pendidikan SD Dra. Atimah, M.Pd. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *