Dinas Pendidikan Kota Malang

Momentum Isro’ Mi’roj Dikolaborasi Jadi Puncak Tema Oleh SDN Kauman 1 Malang

 

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.25

 

Malang  – Momentum Peringatan  Isro’ Mi’roj Nabi Muhammad SAW 1439 H / 2018 M dikolaborasi jadi puncak tema Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) oleh jajaran SDN Kauman 1 Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Anita Rosemaria, M.Pd. Gelaran kegiatan  yang dilaksanakan pada Senin 16 April 2018 di halaman sekolah yang berada dikawasan pusat kota inipun berlangsung semarak penuh dengan nuansa religi.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 08.48.50

“ Ananda sekalian yang ibu sayangi, marilah kita jadikan kegiatan ini sebagai momentum untuk meningkatkan kadar keimanan dan ketaqwaan kita pada Allah SWT. Kami bersama bapak ibu guru ananda sekalian mengadakan kegiatan ini sebagai salah satu upaya untuk membentuk karakter religious ananda sekalian. Religius merupakan pilar utama dari Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yang anak anak ku sekalian senantiasa diajarkan oleh bapak ibu guru. Dengan memiliki karakter religious dikemudian hari secara tidak sadar ananada sekalian akan menjadi insane yang berbudi pekerti luhur, sehingga saat terjun ke masyarakat kelak ananda sekalian menjadi suri tauladan bagi yang lainnya seperti halnya Nabi Muhammad SAW yang senantiasa hingga akhir jaman nanti menjadi panutan untuk hidup bermasyarakat dan bernegara “ tutur Kepala SDN Kauman 1 Malang Dra. Anita Rosemaria, M.Pd dihadapan ratusan peserta didiknya.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.21

Kegiatan yang mengambil tema “ Perjalanan Spiritual Sang Rasul Agung Menghadap Sang Maha Agung Dalam Membangun Peradaban Dunia Yang Inspiratif dan Mencerahkan Ummat “ inipun diwarnai dengan berbagai gelaran kegiatan aksi kreasi dan unjuk potensi peserta didik SDN KAuman 1 Malang. Sebelum dimulainya serangkaian acara, kegiatan dimulai dengan pembacaan Ayat Suci Al Qur an Surat Al Isra ayat satu sampai ayat lima yang dibacakan dengan khidmat oleh Rachel Najwa dengan dilanjutkan pembacaan sari tilawah oleh Aflah.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.26

Suara ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang yang melantunkan Asmaul Husna dikomando oleh Ust. Hafidz JM, M.PdI membuat atmosfir lingkungan sekolah menjadi sejuk dan kian religious. Usai melantunkan Asmaul Husna mengangungkan Asma Allah SWT, ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang mendapatkan siraman rohani dari Raihan Putra Basofi yang baru saja meraih juara tiga Cabang Lomba Dai Cilik Festival Anak Muslim Tingkat Kecamatan Klojen Tahun 2018.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.25 (1)

Untuk semakin menyemarakkan kegiatan sesuai dengan tema yang diusung, giliran ekstrakurikuler Al Banjari unjuk kebolehan membawakan beberapa lagu religi yang membius ratusan peserta didik SDN Kauman 1 Malang untuk turut larut mengumandangkan lagu – lagu yang dipersembahkan. Acara kemudian dilanjutkan dengan penguatan nilai nilai religious yang disampaikan oleh Ust. Ahmad Sulhan yang mengajak peserta didik SDN Kauman 1 Malang untuk tidak meninggalkan sholat lima waktu sebagai bentuk ketaatan pada perintah Allah SWT.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.27

Sesuai dengan tema dan tujuan yang telah dirancang sebelumnya, selain sebagai ajang mempertebal kadar religious peserta didik yang merupakan salah satu pilar PPK, nuansa religious Nampak begitu kental dengan sajian gerak dan lagu islami berjudul Assalammualaiku dan adab makan yang dilantunkan secara harmonis. Semua siswa SDN Kauman 1 Malang diajak turut serta tanpa kecuali dengan menyanyikan bersama lagu islami bertajuk Ya Habibal Qalbi.

 

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.06.18

Kegiatan inipun tak luput pula menghadirkan berbagai aksi unjuk kreasi serta potensi siswa yang bermuatan nasionalis dengan ditampilkannya tarian gembor dan tarian Mawlaya. Lantunan pembangkit jiwa cinta PPK pun juga turut menyemarakkan kegiatan ini dalam bentuk menyanyikan bersama mars PPK dengan dipandu oleh Paduan Suara Gita Nada Swara Mahardika SDN Kauman 1 Malang.

WhatsApp Image 2018-04-16 at 17.07.34

Peringatan Isro’ Mi’roj SDN Kauman 1 Malang inipun diitutup dengan pengumuman sang juara lomba kerapian dan ketertiban sholat serta lomba sholawat. Puncak tema PPK yang diselipkan dalam kegiatan ini semakin nampak manakala tim F3R Kota Malang menyerahkan piagam penghargaan donasi sampah pada keluarga besar SDN Kauman 1 Malang yang juga merupakan salah satu sekolah yang bermertamorfosis menjadi sekolah Adiwiyata Mandiri. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *