Dinas Pendidikan Kota Malang

Sekda Kota Malang Terima Peserta BM Diklatpim III Propinsi Lampung di Aula Dindik

P_20180503_091742

Malang – Kamis, 3 Mei 2018 Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto SH, MH menerima 40 peserta Benchmarking Diklatpim III Propinsi Lampung yang diinisiasi oleh Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Propinsi Lampung. Kehadiran puluhan peserta BM inipun selain di terima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Malang Wasto, SH., MH

P_20180503_091712

Turut pula Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM nampak turut serta menyambut kehadiran rombongan yang dipimpin langsung oleh Ir. Fahrizal Darminto, MM selaku Kepala badan BPSDM Prop. Lampung didampingi oleh Widya Iswara Dra. Rita Mayani , MM.

P_20180503_092108

Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, SH., MH menuturkan atas nama pemerintah kota malang, saya sampaikan selamat datang, terima kasih serta penghargaan atas kepercayaan yang diberikan, untuk men-jadikan Kota Malang sebagai tujuan dari kegiatan kunjungan kerja. Mudah-mudahan, melalui agenda pada hari ini, akan lebih mempererat hubungan antara Pemerintah Kota Malang dengan Pemerintah Provinsi Lampung.

P_20180503_100347

Selanjutnya Wasto mengambarkan secara ringkas keadaan sosial, ekonomi, budaya, geografi, demografi serta program kerja Pemerintah Kota Malang secara ringkas yang disusun berdasarkan potensi maupun kekurangan yang dimiliki oleh Kota Malang. Sehingga program kerja yang dicanangkan berdaya guna bagi masyarakat Kota Malang pada khususnya dan masyarakat luar Kota Malang pada umumnya.

P_20180503_095608

Sementara itu, Ir. Fahrizal Darminto, MM Kepala Badan BPSDM Prop. Lampung memohon kesediaan Pemerintah Kota Malang sharing informasi terkait kebijakan dan tata kelola program kerja di Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata, Badan Pengelola Keuangan dan Asset Daerah serta Badan Pelayanan Terpadu Satu Pintu yang nantinya dapat diadaptasi untuk diimplementasikan di Propinsi Jawa Timur.

P_20180503_100221

” Dinas Pendidikan Kota Malang menjadi salah satu locus kunjungan kamu karena kota Malang menjadi salah satu barometer pendidikan di Indonesia yang dibuktikan dengan berbagai torehan prestasi maupun penghargaan yang diraih insan pendidikan Kota Malang. Locus lainnya yakni Dinas Pariwisata sebagai upaya mengeksplorasi inovasi untuk mengembangkan dan memajukan pariwisata di Propinsi Lampung. Pelayanan Terpadu Satu Pintu juga menjadi locus kami sebab saat ini Propinsi Lampung mendapatkan Asistensi khusus dari bidabg Pencegahan KPK untuk meningkatkan Pelayanan online dan bersifat transparan. Sebagai upaya modernisasi pengelolaan asset dan keuangan non tunai maka kami juga memohon kesediaan Pemerintah Kota Malang untuk berkenan menerima kunjungan kami untuk sharing di BPKAD.” tutur Ir. Fahrizal Darminto, MM Kepala BPSDM Prop. Lampung.

P_20180503_100611

Usai ceremonial penerimaan Benchmarking peserta Diklatpim III Propinsi Lampung oleh Sekretaris Daerah Kota Malang Wasto, SH., MH., didampingi Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM 40 peserta yang kini menjabat camat, kepala bidang, kepala bagian yang tersebar di dua Kota dan 12 Kabupaten se Propinsi Lampung ditandai dengan saling bertukar cinderamata, peserta yang terbagi empat kelompok bergerak menuju organisasi perangkat daerah yang menjadi locus kunjungan kerja.

P_20180503_101530

Untuk kelompok Dua beranggotakan 10 orang yang fokus pada bidang Pendidikan tetap berada di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran 19 Malang untuk shating informasi, regulasi maupun inovasi yang dijalankan OPD yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, M.Pd.

P_20180503_101517

Seperti lazimnya menerima kunjungan kerja dari berbagai instansi baik dalam kota, luar kota hingga luar propinsi se antero nusantara , Dra. Zubaidah, MM mengawalinya dengan pemaparan visi, misi, program kerja, inovasi maupun tata kelola yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang yang melibatkan seluruh stakeholder yang ada seperti peserta didik, pendidik, tenaga kependidikan, masyarakat, DPRD, Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) bahkan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) untuk turut serta memberikan partisipasinya dalam pengembangan pendidikan di Kota Malang. Kadindik Dra. Zubaidah, MM saat melakukan pemaparan didampingi oleh Kepala Bidang Pembinaan SD Dra. Atimah, M.Pd.

P_20180503_111517

Berbagai pertanyaan menggulir usai Dra. Zubaidah, MM memaparkan profil singkat Dinas Pendidikan. Mekanisme penyaluran BOSDA, inovasi penyelenggaraan Green School Festival, kegiatan operasi sayang yang mengandeng Dinas Kesehatan, Satpol PP, BNN, dan Kepolisian Resort Kota Malang sebagai upaya menekan kenakalan pelajar, penyediaan 7 Bus Sekolah dan 9 Elf yang memenuhi kebutuhan transportasi siswa hingga pemeberian bantuan alat tulis maupun perlengkapan sekolah bagi siswa yang kurang mampu. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *