Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Buka Gernas Baku di PAUD Terpadu Anak Saleh

IMG-20180505-WA0031

Malang – Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Hj. Zubaidah, MM pda Sabtu 5 Mei 2018 membuka Peringatan Gerakan Nasional Membacakan Buku (Gernas Baku) yang diselenggarakan oleh jajaran PAUD Terpadu Anak Saleh. Kegiatan yang melibatkan orangtua siswa inipun diikuti antusias oleh keluarga besar satuan pendidikan jenjang KB-TK-TPA yang kini dikepalai oleh Dra. Hj. Mike S. Arifin, S.Psi, M. Pd

Dalam sambutannya Dra. Hj. Mike. S. Arifin, S.Psi, M.Pd menuturkan bahwasannya sebagai upaya membudayakan literasi dan membiasakan pola hidup gemar membaca, pihaknya menyelenggarakan kegiatan pada hari ini. Selain itu dengan kegiatan ini diharapkan mampu mempererat hubungan emosional antara orangtua siswa dengan buah hatinya.

IMG-20180505-WA0027

“Kami telah menyelenggarakan kegiatan orangtua membacakan buku selama dua tahun terakhir ini. Tidak hanya sekedar euforia semata, namun kegiatan ini kami manfaatkan untuk menjalin komunikasi, keakraban dan kekeluargaan yang lebih erat lagi. Orangtua memilih salah satu buku untuk dibacakan dengan buah hatinya yang kami laksanakan 1 minggu sekali di masing-masing kelas dan bahkan setelah buku dibacakan kepada anak – anak buku tersebut diberikan ke kelas untuk kegiatan literasi siswa” tutur Mike dalam sambutannya.

IMG-20180505-WA0028

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Hj. Zubaidah, MM menyambut positif kegiatan yang diinisiasi oleh jajaran PAUD Terpadu Anak Saleh ini. Melalui gerakan ini diharapkan makin memantapkan harmonisasi antara pihak sekolah, siswa dan orangtua. Orang tua memiliki peran penting membentuk karakter anak. Sebab 60 persen karakter anak terbentuk, terbiasa dan tergantung bagaimana keseharian perilaku kehidupan di lingkungan keluarga.

IMG-20180505-WA0032
“Jika kesehariannya anak terbiasa melihat maupun mendengar hal – hal baik, maka tumbuh kembang anak menjadi pribadi yang baik. Pun demikian sebaliknya. Disitulah gambaran peran orang tua dibutuhkan agar karakter positif anak tumbuh dan berkembang dengan baik melalui berbagai kegiatan, perilaku, ucapan positif yang dapat dijadikan suri tauladan bagi anak -anak. Salah satunya melalui kegiatan membacakan buku bagi buah hati yang diselenggarakan pada pagi hari ini. Namun jangan asal membacakan buku saja. Namun perlu memilih dan memilah buku disesuaikan dengan usia anak serta mengandung unsur suri tauladan yang perlu dicontoh oleh anak. ” terang Dra. Hj. Zubaidah, MM.

Sebagai bentuk nyata kepedulian membudayakan kebiasaan literasi di kota Malang, PAUD Terpadu Anak Saleh menyumbangkan buku ke perpustakaan kota Malang pada saat hari buku sedunia tanggal 23 April 2018 lalu. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *