Dinas Pendidikan Kota Malang

UPT Layanan Pendidikan ABK Dindik Kota Malang Gelar Pelatihan GPK dan TT

P_20180508_083949

Malang – Rangkaian peringatan Hari Autis se – dunia tahun 2018 dipungkasi Unit Pelaksana Teknis (UPT) Layanan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Dinas Pendidikan Kota Malang dengan menggelar pelatihan peningkatan Kompetensi Guru Pendamping Khusus (GPK) dan Tenaga Terapis (TT) yang selama ini mengabdikan dirinya untuk mewujudkan kemandirian pada siswa ABK di berbagai satuan lembaga pendidikan se Kota Malang.

Kegiatan yang dilaksanakan pada Selasa, 8 Mei 2018 di Aula UPT Layanan Pendidikan ABK Dindik Kota Malang kawasan jalan Raya Tlogowaru inipun dihadiri serta dibuka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM. Pelatihan tanpa dipungut biaya yang diinisiasi oleh Wiwik Indarti inipun menghadirkan narasumber Kepala Seksi Kurikulum Bidang PKLK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, M.Pd.

P_20180508_083529

Dalam laporannya, Kepala UPT Layanan Pendidikan ABK Dindik Kota Malang Wiwik Indarti menuturkan bahwasannya kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh jajarannya dalam rangka memperingati hari Autis Se Dunia. Kegiatan hari ini merupakan gelaran pemuncak yang sebelumnya didahului dengan pemeriksaab kesehatan gratis bagi siswa ABK, orangtua siswa, maupun masyarakat umum serta gebyar aksi bersama ABK di Car Free Day Kawasan Jalan Besar Ijen beberapa waktu lalu.

P_20180508_083523

” Pelatihan ini kami selenggarakan sebagai upaya nyata untuk peningkatan kompetensi guru pembimbing khusus dan tenaga terapis guna kemandirian anak berkebutuhan khusus (anak dengan karakteristik autis) dan 90 peserta yang hadir mengikuti kegiatan ini tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Melalui pelatihan Ini diharapkan mampu mendorong kemandirian siswa ABK yang menjadi salah satu harapan orangtua. Kegiatan ini juga merupakan bentuk perayaan peringatan hari jadi UPT Layanan Pendidikan Autis yang ke enam ” tutur Wiwik Windarti dalam sambutannya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dalam sambutannya menuturkan bahwasannya Dindik dari masa ke masa terus berbenah diri meningkatkan pelayanan serta pemenuhan fasilitas bagi terselenggaranya pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Selain melalui UPT Layanan Pendidikan ABK dibawah naungan Dinas Pendidikan, saat ini tercatat 51 satuan lembaga pendidikan reguler melaksanakan pelayanan pendidikan bagi ABK.

P_20180508_084023

” Meski kewenangan pengelolaan Sekolah Luar Biasa (SLB) telah beralih ke Dinas Provinsi Jawa Timur, namun Dinas Pendidikan Kota Malang tetap komitment memberikan pelayanan maksimal pada ABK. Sebab hak mendapatkan pendidikan merata bagi semuanya termasuk untuk ABK. Hanya saja untuk proses pembelajaran ABK mengacu pada aturan serta tata cara yang berlaku. Peningkatan kompetensi Guru Pembimbing Khusus (GPK) tetap dilaksanakan agar GPK memiliki kapabilitas dan juga kapasitas yang sesuai dengan perubahan kebijakan, perubahan jaman maupun perubahan aspek lainnya ” tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20180508_083949

Usai Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memberikan sambutan sekaligus membuka gelaran pelatihan ini secara resmi, Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, M.Pd Kepala Seksi Kurikulum Bidang PKLK Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur yang didapuk sebagai salah satu nara sumber memulai memaparkan materi pada peserta pelatihan.

Beberapa materi yang disampaikan dan diterima oleh peserta pelatihan yakni Tugas pokok GPK yang meliputi identifikasi dan assesmen, penyusunan program, intervensi dan implementasi pembelajaran, evaluasi serta advokasi atau pemberdayaan.

P_20180508_091520

” Program pembelajaran individual (PPI)
merencanakan pelaksanaan pembelajaran yang disusun secara individual agar pembelajaran dapat dilaksanakan secara spesifik dengan mengorganisasikan dan mengintegrasikan keseluruhan program pendidikan sehingga dapat memaksimalkan kebermanfaatan layanan pendidikan bagi individu siswa.” Jelas Dr. Ahsan Romadlon Junaidi, M.Pd (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *