Dinas Pendidikan Kota Malang

Momentum Hardiknas – Kartinian 2018 Ajang Eksplorasi Potensi SDN Kotalama 5 Malang

P_20180508_101337

Malang – Peringatan Hari Pendidikan Nasional sekaligus peringatan mengenang jasa pahlawan emansipasi wanita Raden Ajeng Kartini menjadi momentum jajaran SDN Kotalama 5 Malang yang kini dikepalai oleh Siti Sadiqyah, S.Pd SD, MM sebagai ajang eksplorasi potensi 255 peserta didiknya. Kegiatan yang dihelat dihalaman sekolah kawasan jalan Muharto VII/54 berlangsung semarak.

IMG-20180508-WA0054

Satu persatu aksi unjuk kreasi peserta didik ditampilkan secara bergantian diatas panggung yang telah disediakan. Tidak hanya peserta didik saja yang antusias mengikuti kegiatan yang dihelat kali ketiga oleh Siti Sadiqyah, S.Pd., SD, MM namun nampak orangtua siswa juga tak ingin ketinggalan moment tahunan ini untuk mereka abadikan.

IMG-20180508-WA0037

” Terima kasih atas dukungan, partisipasi serta kerjasama seluruh keluarga besar SDN Kotalama 5 Malang, sehingga kegiatan pada hari Selasa, 8 Mei 2018 ini berjalan dengan baik, lancar dan yang terpenting dapat mewujudkan generasi yang ceria, cerdas, cemerlang dan bermartabat. Kegiatan ini merupakan puncak apresiasi aekaligus pembuktian diri siswa yang selama ini mengikuti berbagai ekstrakurikuler seperti ekskul tari, lukis, al banjari, menyanyi, membatik, Catur, volly, dan sepak takraw ” tutur Siti Sadiqyah, S.Pd SD., MM dalam sambutannya.

IMG-20180508-WA0060

Mantan pendidik SDN Purwantoro 1 Malang itupun menambahkan, selain sebagai ajang mengeksplorasi potensi siswa siswinya, kegiatan ini merupakan salah satu wujud implementasi lima pilar Penguatan Pendidikan Karakter. Pilar religius dikuatkan melalui tampilan ekskul Al Banjari yang membawakan musik serta alunan bernafaskan islam, pilar nasionalisme dikuatkan dengan adanya ragam suguhan tari dan nyanyian tradisional dari beberapa daerah di nusantara, kemandirian siswa dikuatkan dengan kesiapan mereka dalam penampilan baik pada saat latihan hingga saat mereka perform diatas panggung.

IMG-20180508-WA0056

” Tanpa adanya dukungan, kerjasama dan partisipasi orangtua, kegiatan ini tidak dapat berjalan baik. Secara tidak langsung Penguatan Pendidikan Karakter pilar gotong royong telah dilaksanakan tanpa disadari bukan hanya pada diri siswa semata namun juga melibatkan semua unsur yang ada. ” terang Kepala SDN Kotalama 5 Malang Siti Sadiqyah, S.Pd SD , MM.

IMG-20180508-WA0045

Sementara itu, Ketua Komite SDN Kotalama 5 Malang Sutikno ES menghaturkan rasa terima kasih pada jajaran pendidik maupun tenaga kependidikan SDN Kotalama 5 Malang yang tiada lelah terus berupaya mendidik, melatih dan mengajari putra putri warga Kotalama dan sekitarnya tudak hanya pada bidang akademis saja namun juga pada bidang non akademis melalui berbagai ekstrakurikuler.

” jerih payah maupun usaha jajaran SDN Kotalama 5 Malang dalam menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan dapat kita saksikan pada hari ini. Lambat laun namun pasti, SDN Kotalama 5 Malang telah berhasil menorehkan prestasi berkat binaan, bimbingan dan ajaran para guru disini. Semoga ke depan SDN Kotalama 5 Malang semakin maju, semakin berprestasi dan semakin gemilang dari berbagai bidang. Kami selaku perwakilan orangtua siswa berharap agar kegiatan semacam ini dilestarikan sehingga membawa warna positif bagi tumbuh kembang anak ” tutur Ketua Komite SDN Kotalama 5 Malang Sutikno ES.

IMG-20180508-WA0043

Kegiatan yang diawali pada pukul 07.30 inipun berakhir dengan gemilang dengan ditandai pembacaan doa penutup oleh Zakaria, M, S. PdI yang sebelumnya ditampilkan tari oglek yang dibawakan oleh peserta didik SDN Kotalama 5 Malang yang mengikuti ekstrakurikuler menari secara rutin di satuan pendidikan yang didirikan pada tahun 1980 silam.

IMG-20180508-WA0044
Beberapa tampilan yang disuguhkan diantaranya tari yapong, tari pinguin yang dibawakan oleh siswa siswi kelas 1, pembacaan puisi dan alunan lagu daerah oleh siswa siswi kelas 2B, tari Ku Anta oleh kelas 3B, tari walang ketrek yang ditampilkan dengan apik oleh siswa peserta ekskul menari, Drama kehidupan yang dimainkan oleh siswa siswi kelas 2B.

IMG-20180508-WA0107

Lagu Apuse asal Papua selain enak di dengar juga nampak indah dilihat manakala diiringi dengan flash mob siswa kelas empat. Meski duduk di kelas satu, tidak mengurangi kepercayaan diri saat tampil membawakan tarian Saman asal propinsi Nangroe Aceh Darussalam yang rancak dibawakan oleh kelas awal SDN Kotalama 5 Malang. Orang tua siswa makin antusias dan merangsek ke depan saat buah hati mereka membawakan tarian puspita untuk diabadikan menggunakan telepon genggam.

IMG-20180508-WA0049

Kelihaian siswa kelas lima B dalam memainkan alat musik akuistik diapresiasi dengan memberikan kesempatan pada mereka untuk tampil dan unjuk kebolehan di depan umum. Wajah lelah tidak tergambar di raut muka siswa kelas enam meski mereka baru saja melewati serangkaian ujian sebagai pertanda akhir perjalanan mereka menempuh pendidikan di jenjang SD. Wajah mereka terlihat jelas menggambarkan kebahagiaan dan keceriaan saat membawakan lagu yang dibalut dalam konsep paduan suara.

IMG-20180508-WA0108

Propinsi Papua seakan menjadi daya tarik bagi siswa siswi SDN Kotalama 5 Malang. Usai flash mop dengan diiringi lagu Apuse, kini giliran siswa kelas lima A melakukan gerak olah tubuh tari kreasi modern Papua. Sebagai penguat identitas dikumandangkanlah lagu Malang Awe Awe di penghujung acara.

IMG-20180508-WA0037

” Kegiatan ini merupakan gambaran kerjasama, komunikasi dan koordinasi yang baik antar elemen Tri Pusat Pendidikan yang meliputi lembaga sekolah, masyarakat dan orangtua. ” pungkas Siti Sadiqyah, S.Pd SD., MM. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *