Dinas Pendidikan Kota Malang

SDN Jatimulyo 2 Malang Bersolek

FB_IMG_1525775518428

Malang – Pelan namun pasti, Maria Muslichah, S.Pd yang dikukuhkan Walikota Malang pada 4 Desember 2017 sebagai Kepala SDN Jatimulyo 2 Malang bersolek mempercantik satuan pendidikan yang berada dikawasan jalan Kenanga Indah No. 2 itupun dipercantik sesuai kebutuhan, dan juga kondisi yang ada mengingat luasan sekolah yang didirikan pada tahun 1978 silam hanyalah 1.200 meter persegi.

FB_IMG_1525776053682

Beberapa sentuhan sederhana namun sangat dalam maknanya mulai digarap istri Eko Wahyudi, S.Pd yang kini juga merupakan Kepala SDN Bareng 2 Malang. Dengan mengajak kerjasama semua elemen yang ada dan pendekatan humanis, taman sekolah mulai dibenahi. Memanfaatkan barang bekas pakai seperti botol mineral dan kaleng plastik bekas kemasan cat, beberapa sudut sekolah mulai dihias. Hasilnya sungguh luar biasa. Meski sekolah mungil kini nampak terlihat indah, tertata rapi dan membuat kerasan siapa saja yang berada di dalamnya.

FB_IMG_1525779650054

Instuisi Maria Muslichah, S.Pd sebagai wanita sekaligus seorang ibu tergerak manakala melihat dapur yang selama ini digunakan nampak kurang representatif. Berbekal berburu gambar di media sosial dan berkat ketangkasan serta kecakapan jajarannya, kini SDN Jatimulyo 2 Malang memiliki dapur minimalis yang bersih dan sehat.

FB_IMG_1525775438965

” Sekolah merupakan rumah kedua bagi selurub keluarga besar SDN Jatimulyo 2 Malang. Tidak kurang dari delapan jam 205 peserta didik, 10 tenaga pendidik, lima tenaga kependidikan menghabiskan waktunya berkarya dan mengabdikan diri demi terwujudnya generasi emas penerus bangsa. Agar nyaman dan betah berada disekolah perlu kiranya diciptakan lingkungan sekolah yang representative. Meski tidak mewah dan sederhana namun diharapkan sekolah menjadi rumah kedua yang nyaman untuk di tinggali ” tutur Maria Muslichah, S.Pd.

FB_IMG_1525776201569

Konsentrasi pada penataan lingkungan sekolah yang menyegarkan jasmani bukan berarti melupakan penataan rohani. Berkat komunikasi yang terjalin baik. Musholla SDN Jatimulyo 2 Malang kini lebih nyaman untuk dipergunakan melaksanakan kegiatan religi setiap harinya. Bahkan tanpa dinyana, bantuan datang silih berganti. Orangtua siswa dengan sukarela melakukan pengecatan dan memberikan sumbangsih berupa karpet agar anak didik saat beribadah dapat khusyuk dan nyaman.

FB_IMG_1525775695069

Berbagai kegiatan akademis, non akademis maupun kegiatan yang melibatkan peran serta orangtua juga terus digiatkan oleh Maria Muslichah bersama jajarannya. Untuk menumbuhkembangkan kepercayaan diri pada peserta didiknya tampil di depan umum. Beberapa kegiatan digelar seperti perayaan peringatan Hari Pendidikan Nasional, Peringatan Hari Kartini serta peringatan Hari Besar lainnya.

FB_IMG_1525779450120

Berkat segala daya dan upaya yang dilakukan oleh jajaran SDN Jatimulyo 2 Malang, pada gelaran Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Kota Malang Tahun 2018, siswa SDN Jatimulyo 2 Malang atas nama Aulia Riska Rahmawati berhasil dinobatkan menjadi juara 2 cabang lomba membatik.

FB_IMG_1525775647795

Bahkan Maria Muslicah, S.Pd bersama jajarannya kini getol mengajak peran serta aktif para orangtua siswa untuk turut serta dalam berbagai gelaran kegoatan yang dilaksanakan di SDN Jatimulyo 2 Malang. Seperti saat menjelang USBN kelas enam, mengajak istighotsah bersama sekaligus sungkeman agar siswa kelas enam lancar, sukses dan mencapai hasil maksimal dalam USBN 2018.

FB_IMG_1525775966547

” Orangtua merupakan salah satu asset sekolahvyang sangat vital dan wajib mendapat porsi perhatian. Apalah artinya program sekolah yang muluk – muluk tanpa dukungan dari orangtua siswa. Semua program kerja yang dicanangkan sekolah akan berjalan baik, lancar dan sukses tanpa kendala jika mendapatkan dukungan penuh orangtua siswa. Disitulah arti pentingnya sebuah jalinan komunikasi agar orangtua paham, manut dan turut serta dalam mengembangkan sekolah yang muaranya nanti juga demi buah hati mereka.” Pungkas Maria Muslichah, S.Pd. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *