Dinas Pendidikan Kota Malang

Meski Masa Libur, sekolah Tetap Berikan Pelayanan

IMG-20180629-WA0057

Malang – Dalam sepekan ini, mulai Senin 25 Juni 2018 hingga Jum’at 29 Juni 2018 tenaga pendidik dan tenaga kependidikan Kota Malang pada satuan jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD) meski dalam masa liburan sekolah tetap memberikan pelayanan pada peserta didiknya maupun masyarakat yang membutuhkan berdasarkan himbauan yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Himbauan itupun dilaksanakan dengan sungguh – sungguh melalui mekanisme piket atau masuk secara bergantian.

P_20180628_083628

“ Himbauan untuk memberikan pelayanan meskipun dimasa liburan kami keluarkan agar masyarakat dapat terpenuhi keperluan yang mereka butuhkan. Seperti pada tahun – tahun sebelumnya, pada akhir tahun pelajaran dan menyongsong tahun pelajaran baru berbagai keperluan masyarakat seperti legalisir ijasah, legalisir surat keterangan lulus, mutasi siswa masuk, mutasi siswa keluar maupun kebutuhan akan informasi pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) lazim terjadi. Untuk mempermudah dan memberikan akses yang luas pada masyarakat itulah maka perlu kiranya sekolah tetap buka dan memberikan pelayanan yang diperlukan. “ tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20180629_094730

Nampak di SDN Ciptomulyo 1 Malang Walikelas VI memberikan informasi terkait PPDB SMP Negeri kepada peserta didiknya serta memberikan pelayanan legalisir Surat Keterangan Lulus maupun legalisir raport pun demikian adanya di SDN Kotalama 2 Malang. Di beberapa SD lainnya seperti di SDN Mulyorejo 2, SDN Mergosono 1, SDN Polehan 5 dan beberapa SD lainnya malah menggelar rapat untuk memantapkan persiapan pelaksanaan PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019 agar sesuai dengan ketentuan maupun peraturan yang ada.

P_20180626_093645

Pembagian tugas yang baik, adil dan merata memberikan ruang gerak yang leluasa pada tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan untuk mengembangkan dan memantapkan kompetensi diri mereka salah satunya melalui kegiatan workshop penyusunan perangkat pembelajaran semester satu dalam upaya mempersiapkan diri songsong tahun pelajaran 2018/2018. Beberapa sekolah yang mengadakan workshop mengisi masa liburan ini diantaranya SDN Kauman 3, SDN Bandungrejosari 2, SDN Rampal Celaket 1, SDN Kasin, SDN Bareng 2, SDN Sukoharjo 1, SDN Ciptomulyo 3, SDN Sawojajar 5, SDN Mulyorejo 1, SDN Purwantoro 1, SDN Purwantoro 2, SDN Purwantoro 3, SDN Purwantoro 4, SDN Purwantoro 5, SDN Purwantoro 6, SDN Purwantoro 7, SDN Purwantoro 8, serta beberapa SD lainnya.

IMG-20180629-WA0028

Moment liburan sekolah ini selain tetap di isi dengan kegiatan pemberian pelayanan pada masyarakat serta peningkatan kompetensi diri juga dimanfaatkan untuk melakukan beberapa perubahan atau penambahan sarana prasarana yang ada di sekolah. Seperti yang Nampak di SDN Kebonsari 3 Malang, beberapa orang pekerja sedang membangun tembok yang nantinya bakal dihiasi dengan vertical garden. Harapannya saat siswa baru masuk, dapat menikmati lingkungan sekolah yang aman, nyaman, bersih dan pada akhirnya peserta didik kerasan di sekolah.

P_20180628_093138_BFUsai melaksanakan piket sesuai jadwal, beberapa sekolah memanfaatkan moment liburan ini sebagai ajang menjalin silaturahmi dan memperkuat persaudaraan melalui ajang halal bi halal dari rumah ke rumah ataupun berkumpul di kediaman salah satu anggota keluarga besar seperti halnya jajaran SDN Pandanwangi 1 dan jajaran SDN Tunjungsekar 1 Malang.

Dihubungi secara terpisah, Koordinator Kelompok Kerja Kepala sekolah (K3S) yang juga merupakan ketua K3S Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM menuturkan bahwasannya seluruh SD Negeri yang ada di Kota Malang selain melaksanakan himbauan Dinas Pendidikan juga menjadikan moment liburan sekolah ini sebagai wahana meningkatkan keamanan sekolah. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *