Dinas Pendidikan Kota Malang

196 SD Negeri Se Kota Malang Gelar PPDB Serentak

Orangtua calon siswa berjajar rapi dan tertib untuk mendaftarkan buah hatinya di SDN Tlogomas 2 Malang (Sutiyono, S.Pd., M.Pd)

Orangtua calon siswa berjajar rapi dan tertib untuk mendaftarkan buah hatinya di SDN Tlogomas 2 Malang (Sutiyono, S.Pd., M.Pd)

 

Malang – Senin, 2 Juli 2018 196 satuan lembaga pendidikan jenjang SD Negeri se Kota Malang gelar Penerimaan Siswa Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2018/2019. 196 SD Negeri yang tersebar di lima kecamatan yang terdiri atas 44 SDN di Kecamatan Blimbing, 45 SDN di Kecamatan Lowokwaru, 42 SDN di Kecamatan Sukun, 19 SDN di Kecamatan Klojen, dan 53 SDN di Kecamatan Kedungkandang itupun selama tiga hari ini akan menerima calon peserta didik sesuai dengan pagu yang ada.

P_20180701_124708

” Bapak Ibu Kepala Sekolah, kami berharap untuk mematuhi petunjuk teknis PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019. Jangan mengambil kebijakan strategis tanpa berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan. Penambahan rombongan belajar (kelas) jangan dipaksakan jika sarana prasarana maupun SDM yang ada tidak tersedia, sehingga dikemudian hari malah menimbulkan permasalahan ” himbau Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM saat menggelar Rapat Koordinasi dengan Kepala TK, SD dan SMP Negeri.

Panitia PPDB SDN Kauman 3 Malang melayani orangtua calon siswa (Winarto, M.Pd)

Panitia PPDB SDN Kauman 3 Malang melayani orangtua calon siswa (Winarto, M.Pd)

Pada Tahun Pelajaran 2018/2019 sesuai dengan Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Nomor : 188.451/1946/35.73.301/2018, untuk wilayah kecamatan Blimbing terdapat 72 rombongan belajar dengan kapasitas peserta didik baru sebanyak 2.016. Wilayah kecamatan Lowokwaru tersedia 65 rombongan velajar yang dapat menampung 1.820 peserta didik baru, wilayah Kecamatan Sukun tercatat 74 rombongan belajar yang berkapasitas 2.056 peserta didik baru, kecamatan Klojen 37 Rombongan Belajar dengan kapasitas penerimaan peserta didik baru sebanyak 1.184 dan di kecamatan Kedungkandang sebanyak 75 rombongab belajar dengan kapasitas peserta didik baru sebanyak 2.140 siswa.

SDN Tanjungrejo 2 Malang dari tahun ke tahun tetap menjadi salah satu sekolah jujugan masyarakat (Saleh Rifadi, M.Pd)

SDN Tanjungrejo 2 Malang dari tahun ke tahun tetap menjadi salah satu sekolah jujugan masyarakat (Saleh Rifadi, M.Pd)

” Jumlah tersebut diatas merupakan data untuk SD Negeri se Kota Malang di Lima Kecamatan yang ada. Penentuan jumlah rombongan belajar disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan masing – masing SD Negeri. ” tutur Kepala Bidang Pembinaan SD Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Atimah, M.Pd.

P_20180701_133221

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Malang Drs. Totok Kasianto kembali menegaskan bahwasannya seluruh rangkaian proses PPDB SD Negeri di Kota Malang tidak dipungut biaya alias gratis karena pembiayaan PPDB telah dialokasikan pada Bantuan Operasional Daerah (BOSDA) yang telah di entry pada RKAS masing – masing satuan pendidikan.

Kepala SDN Bumiayu 2 Malang memberikan pemaparan mengenai petunjuk teknis pada orangtua calon siswa (Dra. Ais Rikzayati)

Kepala SDN Bumiayu 2 Malang memberikan pemaparan mengenai petunjuk teknis pada orangtua calon siswa (Dra. Ais Rikzayati)

Dari pantauan di beberapa SD Negeri di lima kecamatan, hari pertama proses Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun Pelajaran 2018/2019 berlangsung lancar dan berjalan dengan baik tanpa ditemui kendala yang berarti meskipun animo masyarakat sangat besar. Sejak pagi hari orangtua calon siswa sudah mendatangi SD yang dituju sebagai tempat pendidikan buah hati mereka meski jadwal proses PPDB baru akan dimulai pukul 08.00 seperti yang telah ditempel di beberapa titik strategis sekolah bersangkutan maupun tercetak dalam bentuk banner berukuran besar.

Screenshot_20180702-155941_1

” Ada dua syarat utama yang menjadi patokan kami dan selalu kami himbau pada para kepala sekolah untuk mematuhinya. Yakni diutamakan calon siswa berusia tujuh tahun dengan bukti aktr kelahiran serta siswa yang berdomisili di sekitar sekolah haruslah menjadi prioritas seperti yang termaktub dalam juknis PPDB yang dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang. Jika pagu belum terpenuhi, maka siswa usia dibawah tujuh tahun dan juga siswa yang berdomisili diluar radius yang ditentukan dapat dipertimbangkan untuk diterima. Intinya kami menjalankan aturan dan peraturan yang ada agar PPDB berjalan lancar, sukses dan tanpa kendala yang berarti ” terang Koordinator Ketua Kelompok Kerja Kepala Sekolah se Kota Malang yang juga merupakan Kepala SDN Klojen Drs. Samsul Ma’arif, MM.

KS KD Mergosono 1 Bagio 20180702_160131

Sementara itu Plt Ketua K3S Kedungkandang Drs. Subagio, M.Pd terus memonitor perkembangan proses PPDB di 53 SD Negeri yang merupakan anggota K3S Kedungkandang melalui aplikasi Whatsup Mesengger. Sehingga jika ditemui kendala dapat segera dicarikan solusinya.

Panitia PPDB SDN Blimbing 1 Malang memverifikasi dokumen calon peserta didik (Tjipto Yhuwono, M.KPd)

Panitia PPDB SDN Blimbing 1 Malang memverifikasi dokumen calon peserta didik (Tjipto Yhuwono, M.KPd)

Ketua K3S Blimbing yang juga merupakan kepala SDN Bunulrejo 1 Malang Drs. Sochmad Tarmudji. M.Pd menuturkan bahwasannya trend masyarakat masih sama seperti proses PPDB tahun lalu. Masyarakat masih beranimo besar pada beberapa sekolah yang dianggap mereka mumpuni. Sehingga pada hari pertama proses PPDB jumlah pendaftar telah melebihi pagu yang telah ditentukan.

Suasana Proses PPDB di SDN Pandanwangi 1 Malang (Agus Sriwulan. M.Pd)

Suasana Proses PPDB di SDN Pandanwangi 1 Malang (Agus Sriwulan. M.Pd)

” Sesuai dengan arahan maupun juknis PPDB Tahun Pelajaran 2018/2019 kami akan tetap melakukan pelayanan dan penerimaan berkas pendaftaran calon siswa baru hingga Rabu, 4 Juli 2018 mendatang serta mengumumkan pendaftar yang diterima pada Kamis 5 Juli 2018 mendatang meskipun di beberapa SDN se wilayah Kecamatan Sukun telahvterpenuhi Pagunya pada hari pertama proses PPDB. ” jelas Ketua K3S Sukun yang juga merupakan Kepala SDN Ciptomulyo 1 Malang Drs. Djaka Purwanto, M.Pd. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *