Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Launching Buku Alam Taman Edukasi SDN Blimbing 3 Malang

P_20180708_101009

Malang – Minggu. 8 Juli 2018 Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM launching buku alam taman edukasi SDN Blimbing 3 Malang di kawasan jalan Candi Kidal No. 1. Kegiatan yang merupakan hasil kerjasama antara SDN Blimbing 3 Malang dengan Rukun Warga (RW) X Kelurahan Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang inipun dihadiri pula musyawarah pimpinan Kelurahan Blimbing diantaranya Lurah Blimbing Roni Kuncoro, S.STP., ketua LPMK Kelurahan Blimbing, Drs. Sabihudin Ketua RW. 10 Kelurahan Blimbing Kecamatan Blimbing Kota Malang.

P_20180708_104738

” Sebelum dibangun taman edukasi, tempat ini merupakan tempat pembuangan sampah. Namun ironisnya, tempat pembuangan sampah ini lebih dominan dimanfaatkan oleh warga diluar RW. 10 Kelurahan Blimbing. Dari fenomena itulah jajaran RW 10 beserta jajaran Rukun Tetangga mengajukan pembangunan Taman Edukasi melalui usulan Musyawarah Rencana Pembangunan Kelurahan Blimbing. Pengajuan pembangunan Taman Edukasi disetujui, dan menjadi pemikiran selanjutnya yakni siapa yang bertanggung jawab melakukan perawatan/pemeliharaan taman edukasi. Berkat komunikasi dan hubungan simbiosis mutualisme, SDN Blimbing 3 Malang berkenan untuk bertanggung jawab terhadap pemeliharaan taman edukasi. ” terang ketua RW. 10 Drs. Sibahudin.

P_20180708_105840

Sementara itu, Lurah Blimbing Roni Kuncoro, S.STP mengucapkan banyak terima kasih atas dukungan semua elemen masyarakat di Kelurahan Blimbing tidak terkecuali unsur pendidikan dalam hal ini Dinas Pendidikan Kota Malang serta satuan pendidikan yang berada di wilayah Kelurahan Blimbing sehingga dalam ajang lomba Otonomi Award Lurah dan Camat 2018 Kelurahan Blimbing dianugerahi gelar juara 1 yang selanjutnya mewakili Kota Malang untuk maju pada ajang serupa di tingkat propinsi.

” Pembangunan Taman Edukasi berangkat dari aspirasi masyarakat RW. 10. Membangun itu mudah, namun merawat, memelihara dan memanfaatkan semaksimal mungkin keberadaan taman edukasi inilah yang perlu digali serta di geliatkan sehingga bTaman Edukasi tidak hanya sebuah formalitas saja. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Kota Malang dalam hal ini memberikan keleluasaan pada SDN Blimbing 3 Malang untuk turut serta mengoptimalkan Tamab Edukasi melalui inisiasi buku alam. ” tutur Lurah Blimbing Roni Kuncoro, S.STP dalam sambutannya.

Kepala SDN Blimbing 3 Malang Suryatiningsih, S.Pd., M.Pd menuturkan bahwasannya kegiatan peresmian taman edukasi pada hari ini merupakan wujud serta pelibatan secara langsung masyarakat sekitar sekolah terhadap perkembangan, kemajuan serta peningkatan kualitas pendidikan yang tidak hanya menjadi tanggung jawab sekolah ataupun Dinas Pendidikan semata, namun tanggung jawab semua pihak.

P_20180708_112555

” Taman edukasi ini terwujud berkat kerjasama yang baik antara SDN Blimbing 3 Malang dengan Rukun Warga 10 Kelurahan Blimbing yang menjadi area keberadaan satuan pendidikan kami. Taman ini dibangun secara gotong royong oleh Kelurahan Blimbing, warga RW. 10 dan SDN Blimbing 3 Malang. ” terang kepala SDN Blimbing 3 Malang Suryatiningsih, S.Pd. MM.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menyambut baik kegiatan ini dan berharap menjadi suri tauladan bagi satuan pendidikan lainnya untuk membangun harmonisasi dengan warga masyarakat maupun elemen lainnya demi kemajuan pendidikan.

Lebih lanjut Zubaidah berharap agar taman edukasi ini terus dipelihara, dimanfaatkan dan senantiasa diperbaharui informasinya agar membawa manfaat bagi seluruh elemen yang membutuhkan sesuai dengan namanya yakni Taman Edukasi. Wahana ini merupakan wujud nyata dari imolementasi Undang – Undang Sistem Pendidikan dimana tanggung jawab pendidikan tidak hanya berada di bahu pemerintah semata, namun juga masyarakat luas.

P_20180708_110914

” Pembelajaran tidak hanya dapat dilaksanakan di dalam kelas semata. Banyak sumber belajar maupun media pembelajaran yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan khasanah keilmuan bagi peserta didik, pendidik maupun warga masyarakat pada umumnya. Salahsatunya dapat melalui media taman edukasi ini. Sehingga jangan sampai Taman edukasi ini hanya menjadi kegiatan ceremonial semata tanpa ditindak lanjuti dengan kegiatan yang mengeksplorasi wahana taman edukasi ini. ” terang Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

P_20180708_101721

Dihadapan warga RW. 10 Kelurahan Blimbing, Dra. Zubaidah, MM memberikan pemahaman tentang petunjuk teknis Penerimaan Siswa Baru Tahun Pelajaran 2018/2019. Nampak pula jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah Gugus 1 Blimbing diantaranya Kepala SDN Blimbing 1 Malang Tjipto Yhuwono, M.KPd, pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Gugus 1 Blimbing Drs. Totok Supriyanto, MM serta warga RW. 10 Kelurahan Blimbing.
(fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *