Dinas Pendidikan Kota Malang

Wujudkan Sekolah Adiwiyata Gugus 1 Lowokwaru Gelar WP3 Berbasis Adiwiyata

P_20180711_080227

Malang – 121 tenaga pendidik yang terdiri atas guru mata pelajaran maupun guru kelas se Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru yang terdiri atas SDN Lowokwaru 1, SDN Lowokwaru 2, SDN Lowokwaru 3, SDN Lowokwaru 4, SDN Lowokwaru 5, SD Islam Moh Hatta, IISS dan SD Gracia selama tiga hari kedepan mulai Rabu, 11 Juli 2018 hingga Jum’at 13 Juli 2018 mengikuti Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran (WP3) berbasis Adiwiyata di hall SD Islam Moh Hatta kawasan jalan Simpang Flamboyan No. 30 Malang.

Kegiatan yang digagas oleh Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru diantaranya Dra. Dias Mardi Utami Kepala SDN Lowokwaru 1, Drs. Tjatut Supri Handoko, MM Kepala SDN Lowokwaru 2, Drs. Edy Rianto, M.Pd Kepala SDN Lowokwaru 3, Untung Supriyono, S.Pd Kepala SDN Lowokwaru 4, Sulasmeni, M.Pd Kepala SDN Lowokwaru 5, Suyanto, S.Pd., M.KPd Kepala SD Islam Moh. Hatta, Rika Dwi Damayanti, SE Kepala SD IISS dan Nena Kurniasari, S.Pd Kepala SD Gracia.

P_20180711_080136

Pembukaan gelaran WP3 Berbasis Adiwiyata Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru inipun dihadiri pula oleh Pengawas SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Lowokwaru Dra. Indah Warniati serta Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementrian Agama Kota Malang Wilayah Kecamatan Lowokwaru Hj. Nurduhati, M.PdI.

IMG-20180711-WA0003

Semangat peserta WP3 Berbasis Adiwiyata Gugus 1 Lowokwaru makin berkobar manakala Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM ditengah jadwal padatnya hadir bertemu muka secara langsung. Kehadiran orang nomor satu di Dinas Pendidikan Kota Malang memantik antusiasme peserta manakala Dra. Zubaidah, MM memaparkan kebijakan sekaligus inovasi yang akan diimplementasikan sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan di Kota Malang.

P_20180711_081234

” Kegiatan yang diselenggarakan pada hari ini hingga esok hari berangkat dari filosofi sederhana yakni apabila segala sesuatu yang dipersiapkan dengan baik maka akan berjalan dengan baik pula sehingga ke depan diharapkan tujuan pencapaian sasaran yang dirumuskan oleh satuan pendidikan di Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru terwujud dengan sukses. Selain sebagai wadah persiapan jelang proses belajar mengajar Tahun Pelajaran 2018/2019, kegiatan ini juga sebagai upaya meningkatkan kompetensi pendidik. ” tutur ketua Gugus 1 Lowokwaru Drs. Edy Rianto, M.Pd.

P_20180711_075501

Lebih lanjut pria ramah yang juga menjabat sebagai Kepala SDN Lowokwaru 3 Malang itupun menuturkan bahwasannya kegiatan ini sebagai upaya pembiasaan guru agar tidak alergi pada perubahan dan kebijakan baru dimana dinamisme perkembangan jaman yang menuntut pendidik untuk terus inovatif dan kreatif. Tajuk berbasis Adiwiyata tidak lain untuk pemerataan kualitas dan juga penumbuhkembangan karakter peduli linhkungan dengan semangat kebersamaan.

P_20180711_084843

WP3 Berbasis Adiwiyata Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru yang bertajuk melalui Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran berbasis Adiwiyata kita tingkatkan kualitas profesionalisme dan pengembangan diri guna mencapai mutu pendidikan yang lebih baik dengan kebersamaan inipun menghadirkan enam orang nara sumber diantaranya Dra. Indah Warniati, Dra. Wahyuni Ismiatie, M.Pd., Hj. Nurduhati, M.PdI, Suyanto, S.Pd., M.KPd, Drs. Tjatur Supri Handoko, MM dan Umi Romadiyah, M.Pd.

P_20180711_083506

Melalui kegiatan ini K3S Gugus 1 Kecamatan Lowokwaru berharap mampu meningkatkan profesionalisme guru, meningkatkan pemahaman guru dan keoala sekolah dalam.menyusun KTSP berbasis Adiwiyata di sekolah, menyusun perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum 2013 sesuai kelas masing – masing, meningkatkan mutu pendidikan di sekolah, meningkatkan kemampuan guru dalam membuat analisis, evaluasi, kisi – kisi dan soal yang dipergunakan untuk melatih siswa di sekolah dan menambah wawasan serta pengetahuan guru dalam melaksanakan kurikulum sesuai dengan kondisi di sekolah (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *