Dinas Pendidikan Kota Malang

Sambut HAN 2018 IGTKI Kota Malang Bersama Bidang Pembinaan PNF Gelar Festival

P_20180721_093050

Malang Sambut Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018 Ikatan Guru Taman Kanak Kanak Indonesia (IGTKI) Kota Malang menggelar festival Seni dan Olahraga. Kegiatan yang diikuti oleh 175 peserta didik jenjang Taman Kanak Kanak se Kota Malang inipun di buka secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM didampingi Kepala Seksi Pembinaan PAUD Ifa Rosita, SE dan Ketua IGTKI Kota Malang Lutfiyah, S.Pd pada Sabtu, 21 Juli 2018 di Aula Dinas Pendidikan Kota Malang kawasan jalan Veteran No. 19 Malang.

IMG-20180721-WA0032

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menghaturkan terima kasih atas upaya jajaran IGTKI Kota Malang bekerjasama dengan Bidang Pembinaan Pendidikan Non Formal yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Zubaidah berharap, melalui kegiatan ini potensi, bakat dan minat peserta didik Taman Kanak Kanak dapat dieksplorasi sejak dini dan dikembangkan melalui pembinaan yang terstruktur serta berkesinambungan.

P_20180721_093248

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memiliki kebijakan baru dengan penerapan rapor rekam jejak peserta didik. Dan Kota Malang menjadi salah satu kota piloting untuk melaksanakan kebijakan tersebut. Dengan disusunnya rapor rekam jejak, maka sejak dini akan diketahui potensi siswa. Hal itu disebabkan setiap anak memiliki keistimewaan masing masing. Tidak perlu risau jika buah hatinya tidak pandai atau mahir dalam ilmu matematika, IPA atau bidang akademis lainnya. Mereka bisa saja memiliki keistimewaan atau bakat yang jika diarahkan dan dibina dengan baik akan membawa manfaat bagi kehidupannya di masa mendatang. Dengan penyelenggaraan festival pada pagi hari ini, menjadi salah satu jalan untuk melakukan pemetaan sekaligus mengetahui secara pasti bakat dan minat anak baik pada bidang seni maupun bidang olahraga tutur Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM dalam sambutannya dihadapan ratusan orangtua peserta didik yang mengantarkan buah hati mereka mengikuti gelaran festival HAN 2018.

P_20180721_093910

Festival HAN tahun 2018 yang diselenggarakan oleh IGTKI Kota Malang bekerjasama dengan Bidang Pembinaan Pendidikan Non Formal memperlombakan dua bidang utama yakni bidang seni melalui lomba menyanyi bersama dan melukis dengan finger print. Sedangkan bidang lomba kedua yakni bidang olahraga memperlombakan gerak dan lagu. Tercatat 75 peserta didik TK yang terbagi dalam 15 kelompok (satu kelompok lima siswa), 25 siswa TK menjadi peserta lomba melukis dengan fingerprint, dan 75 siswa TK yang terbagi dalam 15 kelompok menjadi peserta lomba gerak dan lagu anak.

P_20180721_094802

Peserta yang ikut dalam festival HAN tahun 2018 tingkat Kota Malang pada hari ini merupakan juara satu, dua dan tiga lomba serupa pada tingkat kecamatan. Untuk bidang lomba menyanyi bersama, peserta diwajibkan menyanyikan lagu Aku Anak Indonesia dan satu lagu pilihan yang telah ditetapkan oleh panitia diantaranya lagu teratai, lagu bunga tanjungku, lagu padai menguning, dan lagu putrid malu. Untuk lomba melukis dengan fingerprint peserta di bebaskan mengekspresikan diri. Sedangkan untuk lomba gerak dan lagu, panitia menetapkan beberapa aturan diantaranya satu regu beranggotakan lima siswa putri, putra atau campuran. terang Ketua IGTKI Kota Malang Lutfiyah, S.Pd.

IMG-20180721-WA0033

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan PAUD Ifa Rosita, SE berharap melalui gelaran Festival HAN 2018 tingkat Kota Malang ini dapat meningkatkan kreatifitas anak usia TK, memupuk dan mengembangkan jiwa sportifitas secara sehat dan berakhlaq serta memupuk bakat anak sejak usia dini. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *