Dinas Pendidikan Kota Malang

Gugus 4 Klojen Siap Implementasikan R2J

P_20180725_114515

Malang – Kebijakan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemdikbud RI) menerapkan penilaian siswa tidak hanya bertumpu pada raport nilai akademis semata namun juga disertai dengan rapor rekam jejak (R2J) siswa sebagai upaya pemetaan potensi siswa di bidang non akademis direspon positif oleh Dinas Pendidikan Kota Malang.

IMG-20180721-WA0038

Dalam berbagai kesempatan saat bersua dengan jajaran tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, Kepala Dinas Pendidikan Dra. Zubaidah, MM terus mensosialisasikan implementasi R2J. Kota Malang menjadi salah satu wilayah implementasi R2J pilot project Kemdikbud RI telah mempersiapkan format R2J yang disusun oleh berbagai elemen terkait.

Satuan pendidikan di Kota Malang sebagai pelaksana kebijakan R2J berupaya maksimal dengan berbagai jalan mempersiapkan diri untuk melaksanakan hal tersebut. Salah satunya jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah Gugus 4 Kecamatan Klojen. Selama tiga hari mulai Senin 23 Juli 2018 hingga Rabu 25 Juli 2018 jajaran tenaga pendidik dan tenaga Kependidikan Gugus 4 Klojen yang terdiri atas SDN Rampal Celaket 1, SDN Rampal Celaket 2, SD Muhammadiyah 9 Malang, SDK Cor Jesu, SDK Mardiwiyata 1, SD Margobasuki dan SD IMKA menggelar Workshop Penyusunan Rapor Rekam Jejak sekaligus Penyusunan Perangkat Pembelajaran.

IMG-20180725-WA0086

Kegiatan yang menghadirkan Supriadi, M.Pd sebagai nara sumber inipun diharapkan dapat tersusun program pembelajaran per semester maupun program pembelajaran per tahun yang di dahului dengan mekanisme pembentukan tim pengembang kurikulum yang kemudian dengan semangat kebersamaan melakukan penyusunan kurikulum secara kolektif dengan pelibatan seluruh potensi sekolah anggota Gugus 4 Klojen sehingga didapat hasil yang diharapkan untuk selanjutnya mendapatkan pengesahan dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM.

KS KL RC 2 Emmy 20180726_072617

” Melalui Workshop P3 dan R2J ini kamj berharap anggota Gugus 4 Klojen dapat berkembang dan maju bersama. Apalagi kebijakan R2J merupakan kebijakan baru yang memerlukan pemahaman serta kesamaan visi dan misi sehingga ke depan diharapkan tidak menemui kendala ataupun perbedaan persepsi dalam mengimplementasikan R2J. ” terang Ketua Gugus 4 Klojen sekaligus Kepala SDN Rampal Celaket 2 Malang Dra. Hj. Emmy Yuswandhini.

Screenshot_20180726-072736_1_1_1

Kepala SDN Rampal Celaket 1 Malang Farida Ariani, S.Pd menambahkan ada beberapa hal yang perlu disosialisasikan dan dipahami bersama terkait elemen maupun istilah yang ada pada R2J. Sebab dalam R2J nantinya, guru kelas, guru mata pelajaran maupun guru pendamping harus dapat memetakan potensi anak didik baik dilihat dari sisi bakat maupun dari sisi inteligensinya.

KS KL Muh 9 Sony 20180726_072558

” Ada beberapa hal yang perlu dipahami oleh pendidik dan juga tenaga kependidikan terkait R2J seperti definisi bakat, dimensi bakat maupun inteligensi kemampuan umum. Tentunya hal tersebut diatas tidak sepenuhnya dipahami secara detail dan menyeluruh oleh jajaran kami. Sehingga perlu adanya kegiatan yang menjadi jembatan untuk memberikan gambaran secara jelas pengisian R2J. Dengan adanya pemahaman secara empiris dan dapat dipertanggung jawabkan maka ke depan di harapkan tidak menemui kendala yang berarti. Apalagi ini merupakan kebijakan baru yang pertama kali akan dilaksanakan ” terang Kepala SD Muhammadiyah 9 Malang Sonny Darmawan, M.Pd.

IMG-20180725-WA0082

Konsep delapan unsur multiple inteligensi yang terdiri atas kecerdasan linguistik, kecerdasan logika, kecerdasan intra personal, kecerdasan interpersonal, kecerdasan musikal, kecerdasan visual kecerdasan kinestetik dan kecerdasan naturalis di sajikan tuntas oleh Supriadi, M.Pd selaku nara sumber kepada peserta workshop. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *