Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Tutup WP3 dan R2J SDN Buring Bareng SDN Tlogowaru 1

IMG-20180728-WA0066

Malang – Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM tutup Workshop Penyusunan Perangkat Pembelajaran (WP3) dan Rapor Rekam Jejak (R2J) yang dilaksanakan oleh SDN Buring bareng SDN Tlogowaru 1 Malang pada Sabtu, 28 Juli 2018 di ruang serba guna SDN Buring kawasan jalan Mayjend Sungkono No. 1 Malang.

Dihadapan 29 peserta WP3 dan R2J yang terdiri atas 20 tenaga pendidik SDN Buring yang kini dikepalai oleh Drs. H. Mohammad Rifa’i dan sembilan tenaga pendidik SDN Tlogowaru 1 yang kini dikepalai oleh Hj. Rini Wasitah, S.Pd., Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memaparkan beberapa kebijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemerintah Kota Malang yang membidangi pendidikan.

IMG-20180728-WA0059

” Terima kasih pada jajaran insan pendidikan Kota Malang yang senantiasa meningkatkan potensi diri demi mewujudkan penilaian keprofesian berkelanjutan yang di isyaratkan dalam peraturan yang ada. Dunia pendidikan beserta elemen yang ada didalamnya dari waktu ke waktu berkembang dengan dinamis. Saat ini masyarakat sangat kritis terhadap berbagai hal. Untuk itu, satuan pendidikan beserta elemen yang ada didalamnya dituntut agar luwes dalam menghadapi dinamika tersebut. Salah satunya dengan mengedepankan transparansi anggaran yang melibatkan komite sekolah, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, orangtua siswa dan peserta didik dalam penyusunan program kerja. Sehingga dengan pelibatan unsur tersebut. Prioritas program kerja dapat disusun dengan baik dan benar tanpa ada kendala. ” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM.

IMG-20180728-WA0053

Zubaidah menambahkan, sebagai bentuk pemerataan kualitas pendidikan, memecah konsentrasi kemacetan, dan penyebaran tenaga pendidik, saat ini Dinas Pendidikan Kota Malang menyusun data sebagai pijakan melaksanakan penyegaran yang telah dihimbau oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan maupun Pemerintah Kota Malang. Zubaidah berharap kebijakan pemerataan tenaga pendidikan ini disikapi dengan arif, tanpa bertanya kekurangan ataupun kesalahan apa yang telah diperbuat sehingga masuk dalam daftar penyegaran. Seluruh kebijakan yang dijalankan oleh Dinas Pendidikan tidak lain untuk optimalisasi pelayanan serta pemerataan kualitas pendidikan yang ada di Kota Malang.

FB_IMG_1532762585658

” Kegiatan ini kami laksanakan selama tiga hari berturut – turut mulai hari Kamis 26 Juli 2018 hingga pada hari ini Sabtu, 28 Juli 2018. Beberapa narasumber yang kami hadirkan yakni Pengawas TK/SD Dinas Pendidikan Kota Malang Wilayah Kecamatan Kedungkandang Drs. Suryadi Irian Widodo, M.Pd dan fasilitator tingkat Nasional Drs. Winarto, M.Pd. Dan menjadi sebuah kehormatan bagi kami manakala ibu Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menyempatkan hadir ditengah kesibukan beliau yang sangat padat sekaligus memberikan pemaparan kebijakan pendidikan lokal Kota Malang maupun kebijakan nasional ” tutur Kepala SDN Buring Drs. H. Mohammad Rifa’i.

FB_IMG_1532762656548

Sementara itu. Kepala SDN Tlogowaru 2.Malang Hj. Rini Wasitah, S.Pd menambahkan bahwasannya selain diikuti oleh guru kelas rendah dan guru kelas tinggi, kegiatan WP3 dan R2J inipun diikuti pula oleh guru mata pelajaran PAI serta guru mata pelajaran PJOK.

IMG-20180728-WA0052

Beberapa materi yang disampaikan pada 29 peserta WP3 dan R2J selama tiga hari berturut – turut oleh Drs. Suryadi Irian Widodo, M.Pd maupun oleh Drs. Winarto, M.Pd diantaranya sosialisasi pengisian R2J, review literasi dan HOTS, penyusunan kalender pendidikan, analisis hari efektif, pemetaab KD, penyusunan KKM, program semester, program tahunan, penyusunan TT/KMTT, penyusunan silabus, penyusunan RPP berbasis PPK, review penilaian harian dan presentasi masing – masing materi sebagai wahana evaluasi yang pada akhirnya dapat tersusun Perangkat Pembelajaran maupun pengisian Rapor Rekam Jejak yang baik dan benar. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *