Dinas Pendidikan Kota Malang

Dispora Cup 2018 Jadi Ladang Prestasi SDN Cemorokandang 1

IMG-20180730-WA0147

Malang – Gelaran Kompetisi Bols Volly bertajuk Dispora Cup 2018 yang dihelat oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Malang pada 23 hingga 26 Juli 2018 beberapa waktu lalu menjadi ladang prestasi jajaran SDN Cemorokandang 1 yang kini dikepalai oleh Sri Heriyani, S.Pd. Dari delapan tim yang dikirim, lima diantaranya sukses memboyong trophi juara Dispora Cup 2018 yang makin memperpanjang deretan prestasi SDN Cemorokandang 1 Malang.

IMG-20180730-WA0128

Potensi serta animo peserta didik satuan pendidikan jenjang SD dikawasan jalan Sampurna itupun dieksplorasi dan dibina secara sungguh – sungguh oleh jajaran SDN Cemorokandang 1 Malang. Saking besarnya animo peserta didik dalam bermain bola volly, meski di hari libur mereka tetap bersemangat latihan. Dan secara kebetulan, saat berlatih Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM menyaksikan langsung kelihaian peserta didik SDN Cemorokandang 1 Malang dalam bermain bola volly beberapa waktu lalu.

IMG-20180730-WA0129

Dalam gelaran Dispora Cup 2018, delapan tim bola volly binaan Supriyo Wahono, S.Pd dan Ginah, S.Pd itupun mencatatkan diri sebagai juara umum usai lima tim bola volly SDN Cemorokandang 1 sukses meraih gelar juara 1, juara 2 dan juara 3 kategori bola volly putra sedangkan dua tim putri berhasil mempersembahkan dua trophi yakni trophi juara 1 dan trophi juara 3.

Tim A Bola Volly SDN Cemorokandang 1 yang terdiri atas Muhammad Abin, Mochamad Duwi Irvansa, Moch. Septian Rizky, Dwi Cahyo Ramadhan dan Ezra Wahyu Pratama mampu mencatatkan tinta emas dibidang olahraga bola volly usai sukses berdiri di podium untuk menerima trophi juara 1 Dispora Cup 2018.

Nama SDN Cemorokandang 1 kembali menggema memenuhi GOR Ken Arok manakala Tim C bola volly kategori putra yang terdiri atas Muhammad Arif Adi Susilo, Rizky Irawan, Bagas Agung Prasetiyo, Moch. Deffiez Castano dan Mohamad Vicky Ardiansyah dipanggil ke podium untuk menerima trophi gelar juara 2 Dispora Cup 2018 kategori putra.

FB_IMG_1532949948317

Podium sang juara Dispora Cup 2018 benar – benar menjadi milik SDN Cemorokandang 1 Malang saat Tim B Bola Volly satuan pendidikan yang berada di tepi batas Kota Malang yang terdiri atas Rendy Prasetyo, Sapta Edi Santoso, Kevin Bayu Alfiannata, Mochamad Jusa Firdaus Mulia dan Yuhai Sumitro di nobatkan tim wasit Dispora Cup 2018 sebagai juara 3 kategori putra.

FB_IMG_1532949939857

Seperti tidak ingin kalah dengan tim putra, Tim putri A SDN Cemorokandang 1 yang beranggotakan Hidayah Usma’inah, Juni Amelia Pratiwi, Ezvania Daratizta, Selly Mutomimah dan Yuli Setyowati mengikuti jejak tim putra meraih trophi juara 1 Dispora Cup 2018.

Pun demikian halnya dengan Tim B putri makin melambungkan nama SDN Cemorokandang 1 Malang usai Yulia Lestari, Yussi Sabrina, Sella Mutomimah, Kristi Indahsari, dan Bunga Nabila berdiri di podium juara 3 untuk menerima trophi sekaligus piagam dari panitia Dispora Cup 2018.

IMG-20180730-WA0152

” Apa yang kami raih ini merupakan buah manis dari kerjasama, koordinasi dan komunikasj yang terjalin baik antar anggota keluarga besar SDN Cemorokandang 1. Perhatian khusus jajaran pendidik dan tenaga pendidikan yang memberikan motivasi dan waktu tersendiri bagi peserta didik untuk bermain bola volly ternyata mampu menggelorakan semangat anak didik untuk membuktikan diri mampu berkompetisi secara sportif. Dukungan orangtua siswa yang direpresentasikan melalui komite sekolah yang kini diketuai oleh bapak Ngatemin juga menjadi sumber bahan bakar menggelorakan semangat anak didik untuk terus berlatih, bermain dan pada akhirnya berbuah prestasi ” urai Kepala SDN Cemorokandang 1 Malang Sri Heriyani, S.Pd.

FB_IMG_1532950236223

Istri Agus Suharjanta, M.Pd ketua K3S SD Swasta Kota Malang yang sekaligus merupakan kepala SD Kartika IV – 1 Malang itupun menambahkan bahwasannya bola volly telah menjadi sebuah budaya dan ikon SDN Cemorokandang 1. Hal itu tidak terlepasnya kesamaan hobby tenaga pendidik, tenaga kependidikan dan peserta didik terhadap permainan bola volly. Dikala senggang, tidak jarang peserta didik bermain bersama dengan jajaran dewan guru. Yang secara tidak langsung menjalin kebersamaan dan membangun rasa kekeluargaan yang erat.

Sementara itu, Ketua Komite SDN Cemorokandang 1 Malang Ngatemin mengatakan bahwasannya orangtua siswa sangat mendukung pembinaan olahraga bola volly yang diadakan oleh Sri Heriyani, S.Pd beserta jajarannya. Dukungan itu kami berikan dalam bentuk moril maupun materil. Secara moril kami sempatkan untuk hadir menyaksikan secara langsung sekaligus memberikan semangat tim bola volly SDN Cemorokandang 1 manakala mereka berlaga. Sedangkan dukungan secara materil kami memenuhi kebutuhan tim bola volly secara spontan baik berupa bola, perlengkapan pendukung hingga kostum para pemain.

FB_IMG_1532950174401

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM saat dikonfirmasi secara terpisah memberikan apresiasi khusus atas raihan prestasi peserta didik SDN Cemorokandang 1 Malang. Prestasi yang sukses dipersembahkan lima tim bola volly SDN Cemorokandang 1 secara tidak langsung memberikan gambaran nyata, bahwasannya kejelian, kecerdasan dan juga kreatifitas kepala sekolah beserta jajarannya dalam memetakan potensi di satuan pendidikan dapat berbuah manis. Jika potensi akademis sulit untuk dikembangkan maka perlu kiranya pengembangan potensi peserta didik di bidang non akademis seperti misalnya di bidang olahraga.

FB_IMG_1532949911231

” Potensi yang dimiliki peserta didik dapat direpresentasikan dan dikembangkan secara berkesinambungan di jenjang pendidikan selanjutnya melalui pencatatan yang tertib, terarah, dan rapi melalui Rapor Rekam Jejak (R2J). Dengan adanya R2J, potensi siswa dapat terlacak dan terus dikembangkan yang diharapkan dapat bermanfaat dikehidupan siswa bersangkutan di kemudian hari. Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan apresiasi khusus pada potensi istimewa yang dimiliki oleh siswa melalui PPDB jalur prestasi yang diharapkan mampu menggelorakan motivasi peserta didik untuk terus meraih prestasi. ” jelas Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang, Dra. Zubaidah, MM. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *