Dinas Pendidikan Kota Malang

Kadindik Paparkan Kebijakan Pendidikan Pada Maba FKIP Unisma

P_20180808_111929

Malang Bertempat di Ruang Sidang KH. Masykur, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM memaparkan kebijakan pendidikan yang dijalankan oleh jajarannya kepada mahasiswa baru Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Islam Malang pada Rabu 8 Agustus 2018.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM secara runut memberikan gambaran secara gamblang kebijakan pendidikan yang didasarkan pada peraturan dan juga kebijakan yang ditetapkan baik oleh pemerintah pusat dalam hal ini Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, kebijakan local dalam hal ini Pemerintah Kota Malang serta kebijakan inovatif Dinas Pendidikan Kota Malang.

Sebelum kita memulai sebuah pekerjaan wajib hukumnya bagi kita untuk menetapkan dan mengetahui apa tujuan dan hasil yang ingin kita capai sehingga dapat menyusun perencanaan yang baik, tentunya dengan memperhatikan dan berpijak pada peraturan yang berlaku. Jangan sampai apa yang kita kerjakan dengan tujuan yang baik, karena salah perencanaan dan tidak memperhatikan peraturan yang berlaku, malah menimbulkan hal yang tidak baik. tutur Dra. Zubaidah, MM dalam prakata pemaparannya.

Lebih lanjut, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang menjabarkan berbagai peraturan maupun kebijakan yang menjadi pijakan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang dikepalainya dalam melaksanakan tata kelola pendidikan di Kota Malang. Tata kelola pendidikan di Kota Malang merupakan hasil break down dari visi misi Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, visi misi Pemerintah Kota Malang dan Visi Misi Dinas Pendidikan Kota Malang.

Berbagai kebijakan dan program kerja Dinas Pendidikan dijabarkan satu persatu oleh Dra. Zubaidah, MM. Tidak hanya keunggulan kinerja semata yang dipaparkan, namun secara terbuka Dra. Zubaidah, MM mengungkap berbagai kendala yang dihadapi jajarannya dalam menjalankan tupoksinya. Dalam kesempatan ini pula Dra. Zubaidah, MM memaparkan berbagai inovasi demi terwujudnya kualitas pendidikan yang bermartabat dan berintegritas bagi tenaga pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik dan Komite Sekolah sebagai perwujudan keterwakilan orang tua peserta didik.

P_20180808_094625

Upaya peningkatan kompetensi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan kami tuangkan dalam bentuk kegiatan workshop, bimbingan teknis, lomba akademis maupun non akademis yang melibatkan kalangan akadamisi termasuk Universitas Islam Malang. Dari waktu ke waktu, kenakalan pelajar di Kota Malang mengalami penurunan signifikan. Hal itu tidak terlepas dari adanya program rutin Operasi Sayang hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang, Dinas Kesehatan, Satpol PP. Polres Malang Kota dan Badan Narkotika Nasional Kota Malang. Melalui operasi sayang ini, pendekatan persuasive dan preventive menjadi tujuan utama dalam menumbuhkembangkan kesadaran dalam diri pelajar Kota Malang untuk berperilaku hidup sehat yang bebas dari Narkoba, kehamilan pra nikah maupun kenakalan pelajar lainnya. Dalam operasi sayang ini petugas menyisir beberapa tempat yang menjadi tempat yang biasanya digunakan pelajar membolos, melakukan pemeriksaan mendadak barang bawaan pelajar, sosialisasi bahaya narkoba hingga pelaksanaan test urine merata di satuan pendidikan yang ada di Kota Malang khususnya SMP. jelas Dra. Zubaidah, MM.

Penyelenggaraan Green School Festival (GSF) yang bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang rutin dilaksanakan setiap satu tahun sekali sebagai upaya mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat, aman, nyaman, asri dan rindang dengan diawali penumbuhkembangan karakter peduli lingkungan pada warga sekolah. Dari gelaran GSF ini, dari tahun ke tahun Kota Malang semakin banyak mengirimkan sekolah Adiwiyata dan sukses memperoleh predikat sekolah Adiwiyata tingkat propinsi, sekolah Adiwiyata Nasional hingga predikat sekolah Adiwiyata Mandiri.

P_20180808_094458

Sebagai kota kedua terbesar kedua di Jawa Timur dengan keberadaan puluhan Universitas, pusat ekonomi dan industri perkembangan Kota Malang sangat pesat pertumbuhannya, tidak terkecuali pada sisi jumlah kendaraan bermotor yang mau tidak mau membawa konsekuensi lahirnya kemacetan di beberapa ruas jalan. Dinas Pendidikan Kota Malang menyikapi fenomena tersebut dengan melakukan pengadaan bus sekolah gratis yang terdiri atas tujuh bus besar dan Sembilan bus mini yang setiap harinya melakukan antar jemput siswa secara gratis dengan rute yang telah ditentukan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan serta Polres Malang Kota. Dengan keberadaan bus sekolah gratis ini, selain dapat membantu masyarakat menekan pengeluaran biaya transportasi juga dapat member andil mengurai kemacetan yang ada di Kota Malang.

P_20180808_110028

Usai memberikan pemaparannya, moderator sessi Pemaparan Kebijakan Pendidikan Pusat dan Daerah yang dibawakan oleh Dra. Zubaidah, MM, Maba FKIP Unisma yang hadir dalam kegiatan ini dipersilahkan mengajukan pertanyaan berkenaan dengan materi yang telah disampaikan. Sessi Tanya jawab inipun langsung ditanggapi dengan antusias oleh peserta. Beberapa pertanyaan langsung meluncur diantaranya kebutuhan tenaga pendidik di Kota Malang, kiat menghapus kesenjangan pendidikan di Kota Malang, serta peningkatan kesejahteraan guru honorer maupun tenaga kependidikan non ASN di lingkungan Dinas Pendidikan.

P_20180808_094556

Tahun 2018 ini Kepala SMP Negeri telah menjadi KPA (Kuasa Pengguna Anggaran) sehingga memiliki kewenangan untuk mengelola dan menggunakan anggaran sesuai kebutuhan tetapi tetap wajib sesuai dengan peraturan yang berlaku. Ke depan Kepala SD Negeri juga akan menjadi KPA. Kekurangan tenaga guru bukan hanya ada di Kota Malang saja, namun merata pada seluruh daerah di Nusantara. Dengan kepala sekolah menjadi KPA memiliki kewenangan untuk merekrut tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan non ASN tentunya dengan beberapa persyaratan yang telah ditentukan agar tidak menimbulkan permasalahan di kemudian hari. Pemerataan kualitas pendidikan selain diusahakan melalui pemenuhan sarana prasarana pembelajaran seperti pengadaan ruang kelas baru, laboratorium, perpustakaan, mebeler dan computer, Dinas Pendidikan Kota Malang dalam beberapa tahun terakhir ini menerapkan empat metode Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yakni PPDB jalur Prestasi, PPDB Online Wilayah/Zona, PPDB Online Reguler dan PPDB Offline zonasi untuk PPDB jenjang SD Negeri. Juklak dan juknis PPDB ini lebih lengkapnya dapat di akses di website Dinas Pendidikan Kota Malang. jawab Dra. Zubaidah, MM dengan lugas.

P_20180808_094556

Menanggapi pertanyaan berkenaan peningkatan kesejahteraan pendidik dan tenaga kependidikan non ASN, Dra. Zubaidah, MM menginformasikan bahwasannya beberapa tahun terakhir ini, melalui APBD Kota Malang, Dinas Pendidikan Kota Malang memberikan insentif tambahan yang langsung disalurkan pada masing masing tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan non ASN yang telah memenuhi syarat. Dari tahun ke tahun jumlah insentif yang diberikan mengalami peningkatan. Hingga tahun 2018 ini, setiap PTK mendapatkan insentif sebesar 500 ribu rupiah perbulan dan ditransfer langsung ke rekening PTK non ASN bersangkutan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *