Dinas Pendidikan Kota Malang

Meriahkan HUT RI ke 73 Dindik Gelar Lomba PBB SD dan SMP

P_20180811_123208(1)

Malang – Dinas Pendidikan Kota Malang yang kini dikepalai oleh Dra. Zubaidah, MM menggelar lomba Peraturan Baris Berbaris (PBB) jenjang SD dan SMP sebagai salah satu rangkaian kegiatan memeriahkan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 Tahun. Kegiatan yang dilaksanakan pada Sabtu, 11 Agustus 2018 di halaman kantor Dinas Pendidikan Kawasan Jalan Veteran No. 19 inipun diawali dengan gelaran apel bersama seluruh peserta lomba PBB.

P_20180811_071943

Dalam amanatnya selaku inspektur apel, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM berharap melalui kegiatan ini dapat meningkatkan nasionalisme, kedisiplinan, kerjasama, dan juga sebagai wadah apresiasi atas pembinaan ekstrakurikuler paskibra, polisi sekolah maupun ekstrakurikuler lainnya yang berhubungan dengan baris berbaris.

P_20180811_071933_1_1

” Berkompetisilah dengan menjujung tinggi sportivitas dan integritas. Setiap kompetisi atau lomba pasti ada yang menang dan ada yang kalah. Yang menang jangan jumawa atau tinggi hati, dan yang kalah jangan minder atau berkecil hati. Jadikan moment lomba ini menjadi ajang evaluasi diri dan menambah wawasan serta mempererat persaudaraan. Untuk dewan juri berilah penilaian seobjektif mungkin sesuai dengan ketentuan penilaian yang ditentukan agar lomba ini menjadi sebuah aktifitas positif pembelajaran Penguatan Pendidikan Karakter yang diharapkan oleh semua pihak ” ucap Dra. Zubaidah, MM dihadapan para peserta Lomba PBB.

Diknas Ratna 20180813_085929

Sementara itu, Koordinator lomba PBB sekaligus Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Malang Siti Ratnawati, SH, M.Pd menuturkan bahwasannya kegiatan yang dilaksanakan pada hari ini diikuti oleh 25 regu untuk kategori SD dan 27 regu kategori SMP. Masing masing regu beranggotakan 16 orang dan satu orang komandan regu.

P_20180811_081519

” Untuk masing – masing lima kecamatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) yang terdiri atas K3S Kecanatan Klojen, K3S Kecamatan Blimbibg, K3S Kecamatan Sukun, K3S Kecamatan Lowokwaru dan K3S Kecamatan Kedungkandang mengirimkan lima regu sebagai peserta lomba PBB jenjang SD. Sedangkan untuk jenjang SMP, satuan pendidikan Sekolah Menengah Pertama se Kota Malang yang berjumlah 27 lembaga turut serta memeriahkan gelaran lomba PPB ini. ” jelas Koordinator Teknis Lomba PBB yang juga merupakan Kepala SDN Karangbesuki 1 Malang Musleh, S.Pd.

P_20180811_124527

Setiap regu peserta lomba PBB yang tampil dinilai oleh enam orang dewan juri dengan memperhatikan aspek kejelasan komando yang diucapkan komandan regu, ketegasan saat memberikan aba – aba, ketepatan gerakan, ketepatan waktu dan kekompakan anggota regu dalam menjalankan aba – aba yang diperintahkan oleh Komandan Regu.

P_20180811_082531

Sebagai bentuk dukungan sekaligus memberikan semangat pada peserta didiknya yang menjadi peserta lomba PBB, nampak puluhan Kepala SD maupun Kepala SMP turut hadir menyaksikan langsung kebolehan peserta memperagakan beberapa gerakan dasar PBB di hadapan dewan juri. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *