Dinas Pendidikan Kota Malang

GSF Ciptakan Lingkungan Sekolah Yang Nyaman

P_20180815_091804

Malang – Rabu, 15 Agustua 2018 bertempat di Hall Mahameru Hotel Aria Gajayana, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM membuka gelaran Workshop Green School Festival (GSF) 2018 kerja bareng Harian Jawa Pos Radar Malang. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya oleh Dinas Pendidikan Kota Malang ini memasuki kali kelima pada tahun 2018 ini.

Kegiatan yang dihadiri oleh koordinator GSF 2018 dan satu siswa Duta GSF 2018 dari ratusan satuan lembaga pendidikan jenjang SMP Negeri maupun SMP Swasta inipun turut pula dihadiri oleh General Manager Harian Jawa Pos Radar Malang Don Virgo, Anggota Dewan Pendidikan Kota Malang (DPKM) Prof. Dr. Haris Anwar Syafrudie, M.Pd dan Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Malang Siti Ratnawati, SH, M.Pd.

P_20180815_084831

Dalam prakata sambutannya sesaat sebelum membuka secara resmi gelaran Workshop GSF Tahun 2018, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan bahwasannya pada gelaran GSF tahun ini ada dua tujuan pokok tambahan point penilaian dalam rangka usaha mewujudkan sekolah Adiwiyata serta menggiatkan Usaha Kesehatan Sekolah secara optimal.

” Dari tahun ke tahun penyelenggaraan GSF yang pada tahun 2018 ini memasuki tahun kelima, Dinas Pendidikan bekerjasama dengan Harian Jawa Pos Radar Malang, pakar lingkungan hidup, pakar pendidikan dan komponen yang terkait senantiasa melakukan peningkatan dengan mengevaluasi proses kegiatan GSF sehingga dari waktu ke waktu diharapkan dapat merumuskan formulasi yang tepat guna mewujudkan sekolah yang nyaman. ” terang Dra. Zubaidah, MM.

P_20180815_085849

Lebih lanjut, wanita berhijab yang pernah menduduki jabatan Kepala Perpustakaan dan Kepala Dinas Sosial itupun menambahkan, melalui kegiatan GSF ini karakter peduli lingkungan pada warga sekolah utamanya peserta didik sebagai generasi penerus bangsa tumbuh dan berkembang dengan baik, menjadi sebuah kebutuhan tidak hanya sekedar lomba semata dan menjelma menjadi sebuah budaya.

P_20180815_084937

Beberapa materi yang disampaikan kepada peserta Workshop GSF 2018 satuan pendidikan jenjang SMP Negeri maupun SMP Swasta diantaranya pembentukan tim sembilan isu GSF, tata cara pembuatan peta sekolah, langkah – langkah pengamatan lingkungan sekolah, dokumentasi dan publikasi kegiatan GSF yang dilakukan oleh warga sekolah, tehnik mencari potensi dan kelemahan yang dimiliki oleh sekolah, penyusunan peta kesimpulan, perumusan rencana aksi sekolah, implementasi atas rencana aksi sekolah yangvtelah dibuat, dan pembuatan peta kesimpulan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *