Dinas Pendidikan Kota Malang

Kenalkan Ibadah Haji Secara Nyata Gugus 5 Lowokwaru Laksanakan Manasik Bersama

P_20180816_083633

Malang – Jajaran Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S) Gugus 5 Lowokwaru yang terdiri atas Untung Supriyono, S.Pd., Plt. Kepala SDN Tulusrejo 1, Rodjikin, S.Pd Kepala SDN Tulusrejo 2, Suji Rahayu, S.Pd Kepala SDN Tulusrejo 3, Khusnul khotimah,S.Pd Kepala SDN Tulusrejo 4, Sri Mulyati, S.Pd Kepala SDN Jatimulyo 3, Dra. Kartini, MM Kepala SDN Jatimulyo 4 dan Suhardini Nurhayati, M.Pd Kepala SD Insan Amanah kenalkan rangkaian prosesi Ibadah Haji secara nyata pada ratusan peserta didiknya.

K3S Gugus 5 Lowokwaru yang kini diketuai oleh Rodjikin, S.Pd sekaligus kepala SDN Tulusrejo 2 terus berdaya upaya mewujudkan generasi yang tidak hanya handal dalam sisi akademis semata, namun juga menanamkan generasi yang berkarakter religius melalui berbagai program kerja yang dirancang serta dilaksanakan secara konsisten serta berkesinambungan berbalut dalam kebersamaan agar maju seiring seirama bersama.

P_20180816_083812

Seperti yang nampak pada Kamis, 16 Agustus 2018, ratusan peserta didik Gugus 5 Lowokwaru berbaur menjadi satu tanpa pembeda berkumpul di SD Insan Amanah kawasan jalan Soekarno Hatta Perumahan Griya Shanta Blok M mengenakan baju ihrom guna menjalani kegiatan manasik haji. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap tahunnya ini tidak lain untuk memperkenalkan secara langsung ibadah haji lengkap dengan tuntunan dan syariat yang ada.

Screenshot_20180816-093511_1

Kegiatan Manasik Ibadah Haji inisiatif K3S Gugus 5 Lowokwaru inipun dibuka secara langsung oleh Pengawas Pendidikan Agama Islam Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia Kota Malang Nurduhati, M.PdI. Dalam amanatnya, Nurduhati, M.PdI berharap semoga kelak peserta manasik ini nantinya kelak dikemudian hari dapat menunaikan Ibadah Haji sesungguhnya. Untuk itu, Nurduhati berpesan agar peserta didik di lingkup Gugus 5 Lowokwaru ini belajar dengan rajin, giat dan tekun agar dapat tercapai cita citanya.

Screenshot_20180816-180318_1

” Ibadah Haji merupakan Rukun Islam kelima yang wajib dijalankan oleh ummat yang mampu secara ekonomi dan mampu secara mental. Dengan kegiatan manasik haji ini kami berharap kelak jika dewasa anak didik kami memiliki motivasi untuk menunaikan Rukun Islam kelima. Untuk menunaikan Ibadah Haji memerlukan kematangan ekonomi dan kesiapan mental. Sehingga mulai dari sekarang mereka akan belajar dengan sungguh sungguh agar dikemudian hari menjadi insan yang sukses dan dapat menunaikan Ibdah Haji. Itulah efek domino yang kami harapkan melalui kegiatan ini ” terang ketua pelaksana manasik haji Gugus 5 Lowokwaru Suhardini Nurhayati, M.Pd yang juga sekaligus Kepala SD Insan Amanah.

Screenshot_20180816-180351_1

Prosesi Manasik Haji peserta didik Gugus 5 Lowokwaru inipun dimulai dengan ihram dilanjutkan dengan tawaf, sai, dan dipungkasi wukuf di Arafah secara runut sesuai dengan syariat dan aturan seperti pelaksanaan Ibadah Haji yang sesungguhnya lengkap dengan Ka’bah tiruan. (fandi harianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *